Pemain Small MPV 1.301-1.600 cc kembali disegarkan dengan keberadaan All-New Grand Livina (GL) yang membawa perubahan cukup banyak. Sebelumnya, kehadiran Chevrolet Spin dan Suzuki Ertiga transmisi otomatis juga meramaikan segmen tersebut. Siapakah yang akan menang bila disandingkan? Apakah Suzuki, Nissan atau Chevrolet? Tanpa banyak bicara, mulai dari Spin..
Diantara para pesaingnya, ia memiliki pilihan mesin terbanyak, ada tiga. Mesin 1.2, 1.5 dan diesel 1.3. Yang satu ini memakai mesin 1.485 cc 104 dk. Dengan senjata-senjatanya itu, mampukah ia merebut pasar para rival?
NISSAN GRAND LIVINA 1.5 XV CVT
Baru disegarkan, Grand Livina semakin memikat dengan penyegaran besar alias major change. Moncong dan buritan berubah drastis, walau disisakan sedikit aroma Livina. Dengan harga 209 juta rupiah, varian yang satu ini hanya terkoreksi Rp 3 juta.
Bagian belakang ada rasa Eropa dari lampu memanjangnya. Namun tampilannya dirasa agak aneh bagi sebagian orang. Oh ya, font pada emblemnya berubah juga. Klaim Nissan Grand Livina baru lebih irit 13 persen dibanding pendahulunya, dan tenaga meningkat 5 dk. Itu artinya bila sebelumnya GL 'ditarik' 109 kuda, kini menjadi 114 kuda.
Bila GL 2007-2011 berwarna beige semua dan 2011-2013 hitam seluruhnya, kini warna interior All-New GL beige dan hitam. Setirnya berubah seperti milik All-New Serena, lebih membulat dan modern. Panel instrumen--speedometer--juga berubah.
Sistem AC masih sama, tidak ada lubang AC di atap seperti halnya Ertiga double blower. Sistem AC dibelakang mengandalkan lubang AC yang ada di konsol tengah. Namun embusan yang cukup kencang membuat dingin merata di setiap baris. Itu juga didukung bentuk atap yang melengkung.
Mesin HR15DE baru dengan penambahan dual injector menambah tenaga, mengurangi konsumsi BBM. Seperti tadi disebut, konsumsi BBM menurun 13 persen dan tenaga naik 6 persen.
SUZUKI ERTIGA 1.4 GX A/T
Suzuki baru saja mempersenjatai Ertiga dengan transmisi otomatis yang disambut baik oleh konsumen. Seperti Avanza-Xenia, ia masih mengusung transmisi 4-speed konvensional. Konfigurasi giginya adalah P, R, N, D, 3, 2 dan L. Ertiga matik juga sudah dilengkapi tombol overdrive dan free lock. Sayang respon transmisi mobil seharga Rp 185,8 juta ini cukup lambat.
Tidak ada emblem atau stiker yang menunjukkan kalau inilah Ertiga tanpa kopling. Tampilannya sama persis 100 persen dengan Ertiga GX manual. Toh dua foto diatas juga pakai Ertiga manual.
Selain tuas transmisinya, tidak ada yang berubah dari Ertiga. Tetap berwarna beige dan abu-abu, dengan jok fabric. Pada Ertiga GX ada tombol multifungsi di setir yang tidak ada pada Spin dan Grand Livina.
Mesin K14B 1.373 cc 95 dk juga digunakan pada All New Swift. Terlemah disini, namun itu diganjar dengan efisiensi yang lebih baik. Versi manual dapat mencetak 18 km/l di jalan tol. Namun itu versi MID dan konsumsi BBM yang ditampilkan pada MID lebih irit 26 persen menurut penelitian Auto Bild.
|
Suzuki
Ertiga GX
A/T
|
Chevrolet
Spin 1.5 LTZ A/T
|
Nissan
Grand Livina 1.5 XV CVT
|
Harga
|
Rp 185,8 juta
|
Rp 178,7 juta
|
Rp 209 juta
|
Mesin/kapasitas
|
4 inline/1.373 cc
|
4 inline/1.485 cc
|
4 inline/1.498 cc
|
Tenaga maksimum
|
95 dk/6.000 rpm
|
104 dk/6.000 rpm
|
114 dk/6.000 rpm
|
Torsi maksimum
|
130 Nm/4.000 rpm
|
141 Nm/4.000 rpm
|
143 Nm/4.400 rpm
|
Transmisi 5-speed
|
4-speed matik/fwd
|
6-speed matik/fwd
|
4-speed CVT/fwd
|
Panjang/wheelbase
|
4.265 mm/2.740 mm
|
4.260 mm/2.620 mm
|
4.485 mm/2.600 mm
|
Lebar/tinggi
|
1.695 mm/1.685 mm
|
1.735 mm/1.664
mm
|
1.700 mm/1.595 mm
|
Kapasitas
tangki/ban serep
|
45 liter/full size
|
53 liter/full size
|
52 liter/full size
|
Ground clearance
|
185 mm
|
157 mm
|
175 mm
|
Ukuran ban
|
185/55 R15
|
195/65 R15
|
185/65
R15
|
Bobot
|
1.200 kg
|
1.200 kg
|
1.250 kg
|
0-100 km/jam
|
N/A
|
13,9 detik
|
13,59 detik
|
Konsumsi BBM (tol)
|
N/A
|
15,7 km/l
|
18,2 km/l
|
|
Spin
|
Grand Livina
|
Ertiga
|
Harga
|
88
|
70
|
80
|
Performa
|
90
|
90
|
80
|
Pengendalian
|
90
|
90
|
85
|
Kenyamanan
|
70
|
80
|
80
|
Konsumsi BBM
|
85
|
90
|
88
|
Akomodasi
|
80
|
75
|
80
|
Desain Eksterior
|
83
|
82
|
80
|
Desain Interior
|
85
|
80
|
83
|
Fitur
|
90
|
80
|
85
|
Fun to Drive
|
85
|
85
|
80
|
Total
|
846
|
822
|
821
|
BACK SEAT DRIVER
Siapa yang menanti varian baru?
Grand Livina akan ditambah varian dress-up, pilihannya yakni Nismo dan Autech. Sementara Spin menunggu varian diesel matik yang rencananya akan diluncurkan 2014.
Berapa pilihan warna yang disediakan?
Ertiga menjadi juaranya dengan delapan warna, dengan hero color Pearl White. Sementara GL dan Spin hanya menyediakan 6 warna.
1. CHEVROLET SPIN
+ Harga, fitur, matik 6-speed
- Citra merek, jok keras
2. NISSAN GRAND LIVINA
+ Performa, konsumsi BBM, transmisi CVT
- Harga, akomodasi
3. SUZUKI ERTIGA
+ Akomodasi, kenyamanan, tombol audio setir
- Performa, transmisi konvensional
KESIMPULAN
Spin yang notabene adalah pendatang baru berhasil menjadi pemenangnya. Fitur melimpah dan terobosan pada speedometer, transmisi maupun desain menjadi penyebab utamanya. Sayang jok baris keduanya dinilai keras untuk sebuah MPV. Lalu yang paling berpengalaman, Grand Livina yang baru disegarkan merebut posisi kedua. Sayang Suzuki dengan Ertiga hanya menuai posisi ketiga. Performanya paling rendah disini.