Sponsors

Sabtu, 11 Mei 2013

Compact Hatchback Yang Hemat


Kita tahu kalau umumnya compact hatchback seperti Jazz, Yaris dan Swift punya konsumsi BBM yang cukup hemat. Ditambah juga performa yang rata-rata memuaskan. Kabinnya pun biasanya lebih luas dibanding city car. Makanya mobil-mobil tersebut digemari anak muda sampai pensiunan. Karena itu di Indonesia cukup banyak pemain di kelas ini. Nah, disini dikumpulkan tipe tertinggi dari semua compact hatchback 1.400-1.600 cc baru yang beredar di pasaran. Rentang harganya mulai dari Rp 142 juta hingga Rp 258 juta. Cukup bicaranya, dimulai dari Chery...



Hatchback yang kurang terangkat namanya ini memang bisa dibilang cukup murah. Tapi bukan berarti mobil China ini tidak berkualitas, karena hatchback yang ini adalah salah satu mobil China paling berkualitas di Indonesia. 4 airbag tertanam di kabinnya yang agak konvensional. Mesin 1.500 cc terpampang di dalam kap mesin. Namun sayangnya hanya dipasangkan dengan transmisi manual.

2. CHEVROLET AVEO LT A/T - RP 193,8 JUTA


Mobil asal Negeri Paman Sam yang didatangkan dari Negeri Gajah Putih tersebut memang berdesain unik dan funky. Lihat saja exposed headlamp yang dihiasi aksen merah itu. Terobosan yang cerdik. Lampu belakangnya juga seirama dengan lampu depannya. Seperti Chevrolet Spin dan Spark, ia dilengkapi pula speedometer digital yang keren.

3. FORD FIESTA 1.6 SPORT+ A/T - RP 237,6 JUTA


Fiesta dikenal sebagai mobil yang asyik dikemudikan. Jika ditanya apa kelebihan hatchback Ford itu, maka jawabannya adalah kelincahan berkendara, tampilan menarik dan fitur berlimpah. Memang cukup mahal. Tapi dengan duit segitu anda sudah dapat voice command, mesin 1.600 cc yang powerful serta body kit yang sporty. 

4. GEELY MKII HATCHBACK 1.5 GT M/T - RP 142 JUTA


Jangan lupakan Geely. Hatchback ini jauh lebih murah dari Honda Jazz, Suzuki Swift, Toyota Yaris, dan lain-lain. Jangan salah, fiturnya cukup lengkap. Sunroof, dua airbag, ABS, foglamp, sensor parkir dan head unit USB. Ditambah pula pelek yang diwarnai hitam yang menambah penampilan. Sayang, mobil ini tidak enak dikemudikan sama sekali.

5. HONDA JAZZ RS A/T - RP 231 JUTA


Hatchback yang telah melalu-lalang di Tanah Air selama 10 tahun ini memang mematok harganya tinggi-tinggi. Namun, Jazz tetaplah menjadi favorit. Kabin lega, fitur cukup lengkap, mesin bertenaga dan irit bensin serta tampilan sporty menjadi penyebabnya. Kalau merasa tipe RS terlalu mahal bisa pilih tipe A dan S seharga 191-215,5 juta rupiah.

6. HYUNDAI GRAND AVEGA A/T - RP 181 JUTA


Penerus Hyundai Avega tersebut memang punya tampang keren namun dibungkus dengan harga yang kompetitif. Grand Avega telah mengadopsi bahasa desain Hyundai yang baru. Sayang, peleknya terlalu kecil hanya berukuran 14 inci sehingga kurang proporsional. Ditenagai mesin 1.396 cc 108 dk, Grand Avega punya dua varian, manual dan otomatis. 

7. KIA RIO A/T - RP 183,5 JUTA


Sebasis dengan Grand Avega, Rio punya desain yang tak kalah keren oleh Peter Schreyer. Lihat saja gril korporat Tiger Nose yang gagah itu. Atau garis di pintu yang unik. Tak cuma tampilan eksterior saja, interiornya juga tak kalah menarik. Panel instrumen yang informatif menampilkan mode Eco yang dapat membantu pengemudi untuk berkendara dengan efisien.

8. MAZDA 2 HATCHBACK RZ A/T - RP 229 JUTA


Mazda 2 memang salah satu yang termungil di kelasnya. Panjangnya cuma 3.913 mm. Namun varian RZ mempunyai fitur yang terlengkap di kelasnya. Tengok saja koneksi internet, lampu proyektor, jok kulit, smart key dan lain-lain. Namun ada catatan lain pada bantingannya yang keras akibat pemakaian ban tipis. Kalau kemahalan, bisa pilih varian dibawahnya.

10. SUZUKI SWIFT GX A/T - RP 181,5 JUTA


What's gut telling you? Swift Your Mind. Itulah penggalan slogan dari All-New Swift ini. Modelnya masih mirip dengan pendahulunya. Mesin 1.373 cc 95 dk seperti yang terpasang pada Ertiga sangat irit bahan bakar, dengan kecepatan rata-rata 24 km/jam ia dapat mencetak 16,2 km/l. Interiornya mirip dengan Ertiga, simpel. Sejak dulu keunggulan utamanya adalah ia punya harga yang kompetitif diantara pesaing-pesaingnya.

11. TOYOTA YARIS 1.5 S TRD SPORTIVO A/T - RP 234,8 JUTA


Yaris TRD Sportivo tampil lebih sporti dibandingkan varian dibawahnya. Tipe tertinggi dari hatchback yang berslogan 'Fungressive' ini dilengkapi body kit, stiker, emblem, suspensi, spoiler, dan interior bercorak merah. Suspensi TRD membuat varian ini punya handling yang lebih baik dari model standar. Bantingan suspensinya sedikit lebih keras namun tetap dalam batas toleransi. Sayang harganya cukup tinggi.

12. VOLKSWAGEN POLO 1.4 A/T - RP 258 JUTA


Memang harganya sudah on-the road. Tetap saja mobil ini masih terlalu mahal. Fiturnya bisa dibilang minim, walaupun fitur keselamatan lebih lengkap dari rata-rata rivalnya. Unit 1.390 cc menyalurkan tenaga 85 dk. Kecil untuk mobil di kelasnya. Padahal biasanya mesin 1.4 dapat menghasilkan 90-100 dk. Kalau itu dilupakan, Polo bisa jadi pilihan bagi yang bosan dengan mobil Jepang. 

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar