Minggu, 30 Desember 2012

Toyota Fortuner VNT vs Mitsubishi Pajero Sport Dakar

                          

Sejak 2009, Fortuner dan Pajero Sport bertarung ketat merebut singgasana Medium SUV Diesel. Mereka memang pemain utama di kelas tersebut. Memang ada Everest, Captiva VCDi dan Trailblazer, namun mereka tidak dimasukkan di pertarungan ini agar pertarungan dua mobil ini makin seru. Beberapa waktu lalu, Fortuner membekali dirinya dengan VNTurbo yang menaikkan tenaganya bertambah 42 dk menjadi 144 dk, menyalip Pajero Sport biasa (GLX dan Exceed), tetapi masih kalah dengan Pajero Sport Dakar. Dengan body kit dan suspensi dari TRD, ia melawan Pajero Sport yang dilabeli nama Dakar 4x2. Siapakah yang akan menjadi pemenangnya?

TOYOTA FORTUNER VNT TRD SPORTIVO A/T



Ini dia mobil Toyota yang meluncur 2005, facelift 2008 dan 2011. Varian dress-up seperti TRD Sportivo pada Fortuner tidak dimiliki Pajero Sport, namun sejak 2010 yang lalu Fortuner sudah memiliki varian yang lebih sporty tersebut. Fortuner yang satu ini lebih murah Rp 19,1 juta rupiah, desainnya juga mungkin lebih dinamis dari Dakar yang kaku, namun ia kalah performa dari Dakar.

Gagah dan keren.
Ia tak kalah gagah dengan Pajero Sport. Body kit racikan TRD menambah gagah penampilannya di depan dan belakang. Terlihat sesuai dan cocok dengannya, walaupun kadang terkesan ndeso.

                                     

Interior yang de javu dengan Hilux dan Kijang Innova. Sayang, ia belum dilengkapi jok kulit seperti halnya Dakar. Padahal hal itu krusial untuk menambah kemewahan kabin Fortuner. Desainnya juga sudah uzur. Head unit yang sudah bermonitor sudah biasa, bukan barang mahal apalagi di kelas Medium SUV.



Ini dia mesin 2.494 cc yang sudah disempurnakan pada September 2012. VNTurbo yang telah diaplikasikan ke Toyota Hilux menambah tenaga dan torsinya dari 102 dk dan 265 Nm menjadi 144 dk dan 350 Nm. Torsinya setara dengan Pajero Sport Dakar. Konsumsi BBM-nya lebih irit dibanding Dakar, dalam kondisi riil 10,52 km/l (kombinasi, manual), hasil pengukuran majalah mobilmotor pada ICOTY 2012.

TVC Toyota Fortuner VNT :

*bukan ngiklan

MITSUBISHI PAJERO SPORT DAKAR A/T 4x2


Pajero Sport Dakar memiliki tenaga 176 dk dan torsi 350 dk. Lebih besar dari Pajero Sport biasa yang hanya 136 dk dan 314 Nm. Ia juga dibekali pelek dan gril spesial yang menambah gagah Dakar. Konsekuensinya, harganya terdongkrak Rp 38 juta.

Sumber Foto Klik Disini
Lampu belakangnya cukup gagah, namun tidak semua menyukai modelnya. Karena itulah lampu belakang aftermarket Pajero Sport marak di pasaran. Lampu merah dengan sedikit aksen kuning untuk lampu sein. Lampu mundurnya ada dibawah, bersebelahan dengan reflektor.



Interiornya lebih mewah dari Fortie dengan dua warna, hitam dan krem. Jok kulit meningkatkan kemewahan dan kenyamanan, menghilangkan kesan murahan dari jok fabric si Fortuner.

                                     

Inilah mesin Hi-Power sang penantang. 2.477 cc 176 dk, 350 Nm. Tenaga lebih besar 32 dk dari Fortuner, tapi torsi sama, 350 Nm. Tetap saja Dakar unggul di performa. 0-100 km/jam dapat ditempuh 10,90 detik, lebih cepat dari Fortuner yang cuma 12,42 detik.

TVC Mitsubishi Pajero Sport Dakar :

*bukan ngiklan



Fortuner VNT TRD Sportivo A/T
Pajero Sport Dakar 4x2
Mesin
2.494 cc 144 dk
2.477 cc 176 dk
Torsi
350 Nm
350 Nm
0-100 km/jam
12,42 detik
10,90 detik
Kons. BBM dalam/luar kota
11,8 km/l / 14,6 km/l
9,8 km/l / 13,2 km/l
Transmisi/Penggerak
4-speed auto/rwd
5-speed auto/rwd
Panjang x Lebar (mm)
4705 x 1840
4695 x 1815
Tinggi x Ground Clearence (mm)
1850 x 220
1840 x 215
Wheelbase (mm)
2750
2800
Radius Putar
5,9 meter
5,6 meter
Harga (juta rupiah)
Rp 411,9 juta
Rp 441 juta



Fortuner VNT
Pajero Sport 
Harga
8
7
Performa
7
8
Pengendalian
8
7
Kenyamanan
7
7
Kepraktisan
8
7
Akomodasi
8
8
Desain Eksterior
8
8
Desain Interior
8
9
Fitur
8
9
Fun to Drive
8
7
Total
78
77




KESIMPULAN

Fortuner yang irit secara mengejutkan menang atas Dakar yang lebih bertenaga darinya. Padahal, di pertarungan lain Fortuner selalu kalah. Sekarang ia sudah berubah dengan VNT dan akhirnya menang di pertarungan epik ini. Ronde kedua : http://andra-febrian.blogspot.com/2013/09/fortuner-vnt-trd-vs-pajero-sport-limited.html


Comments
128 Comments

128 komentar:

saya lebih suka gaya mitsubishi kalau mengenai gaya body...lebih gagah karena mitsubishi dengan diesel seperti kopi dicampur gula....mantap

Fortuner VNT diadunya sama Pajero Sport Exceed dong, kalau di adu sama Dakar jelas tenaga menang Dakar, coz harganya aja lebih mahal, satu lagi bengkel resminya jelas menang Toyota ada dimana2.

Kalau pakai yang Exceed takutnya jomplang pada fitur dan harga. Lagipula toh diadu pakai Dakar saja sudah kalah dgn Fortuner.

Kalau mau cari suv, perfoma dan tenaga dong yang diutamakan. Dan jelas itu pajero sport..

Kadang-kadang konsumen juga mengutamakan efisiensi dan dalam hal ini Fortuner menang. Selain itu Fortuner memiliki torsi yang sama besar dengan Dakar.

Fortuner VNT TRD cukup nyaman dengan suspensi yang begitu lembut, di coba dengan Pajero exceed, pada porseneling 1 dan 2 sedikit ketinggalan tetapi di porseneling ke tiga dan seterusnya, semakin meninggalkan Pajero sport exceed, belum tau kalau dicoba dengan Pajero sport Dakkar..bravo Fortuner VNT Intercooler..

Fortuner VNT TRD interior sudah bagus, tapi sayang Joknya bukan kulit, butuh biaya tambahan untuk menggantinya dengan Jok kulit, konsumsi BBM (solar) 10.5/1L (pake AC), sudah dicoba dapat mencapai 185 km/jam seperti tidak begitu terasa di dalam mobil sudah sampai dengan kecepatan tsb(mungkin jika kondisi jalan Tolnya memungkinkan, dapat mencapai lebih dari itu...

saya lebih suka pajero sport dakar sih ... tapi kok disini dibilang konsumsi bbmnya 7.8 kml yah padahal punya saya itu bisa mencapai 11 kml lho di mid (jalan bo s/d 100 konstan) dan memang kerasa sih iritnya walaupun memang fortuner juga bisa mencapai 11 kml bahkan 12 kml

satu lagi fortuner itu torsinya 342 Nm bukan 350 Nm kayak pajero sport dakar

overall sih saya lebih suka pajero sport biar disisi lain saya nilai fortuner lebih mewah di eksterior dan interior.

dakar dong seharusnya yang nomor 1 secara nih mobil udah terbukti bandel di jalur lintas sumatera ... proven deh pokoknya

Konsumsi bbmnya dari data majalah mobilmotor, mungkin karena dikebut terus pajero-nya mungkin... Kalau masalah torsi, di Auto Bild tertulis 350 Nm

Katanya fortuner juga udah melakukan perjalanan Jakarta-Roma-Jakarta, katanya sih gak ada masalah

lebih objektif, kalau milih sesuai kebutuhan dan selera, ps dan fortie ada kelebihan dan kekurangan. tapi apa kelebihan itu jadi kebutuhan pemakai atau kelebihan itu hanya menjadi suka? soal mewah blabla, nyaris sama aja,kembali keselera, selera mewahnya seperti apa? soal power, spek power jelas ps dakar lebih unggul,org2 yg ngandelin power pasti pada milih ps semua dong, trus soal elegant, model kebo, dll, org yang seneng itu ya pasti milih fortie dong. overall, soal model, ane pilih fortie, tapi abang ane milih ps (exceed) lumayan, ntar mudik bisa bertarung di lintas sumatera, biar fair bawa mobil mesti gonta ganti.. heheh .

fortuner kalau berbelok ngebanting bagian belakagnya, lagi pula exterior fortuner terlalu lebay. berbeda dengan Pajero Sport Dakar dijalanan jelek kita tetap enak diatas, soal kecepatan Pajero sport tetap lebih unggul

Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

Wah bukan lawanlah kalau Fortuner VNT (F-VNT)ditandingkan dengan Pajero Sport Dakar (PSD).
Kebetulan cuti akhir tahun yang lalu, saya yg mengendarai PSD barengan dengan kawan satu Kantor yang menunggang F-VNT (dengan tahun yg sama 2012)berangkat dari Palembang menuju Jakarta.
Mulai dari Palembang menuju Lampung melewati lintas timur Sumatera Selatan, melalui Kayu Agung-Menggala hingga Bakauheni performane Engine PSD jauh lebih unggul dibanding F-VTN yang terlihat kedodoran, terutama saat berakselerasi dan jalanan yg menanjak.
Memasuki Tol Merak-Jakarta jangan ditanya lagi, PSD jauh melesat meninggalkan F-VTN.
So.. performace engine PSD jauh LEBIH UNGGUL dibandingkan dengan F-VTN.
Soal yang lainnya (kenyamanan, kepraktisan, akomodasi dll) itu masalah "selera" saja (rasanya kurang fair membandingkan soal selera, sama halnya ketika ditanya enakan mana Soto Betawi atau Soto Kudus hehehe...!!!)

Saya sependapat sekali dengan opini bung Anonim,soal PSD vs F-TN pasti jauhlah menang PSD dalam segi power dan comfortable saat berkendara.

saya sudah melakkan test drive kedua SUV ini di trek lurus, PSD saya reach sampe 190 km/h pake shift tronic manual dan F-VTN hanya 165 itupun lama sekali baru bisa dpt.
saya sudah jatuh cinta ama PSD dan tahun depan kalau umur panjang mau pake ke medan sana. bravo PSD>>love you...

Walau bagaimanapun PSD tetaplah unggul dibanding fortie f-tvn,menurut aku penggemar fortie hanya para ortu yang 45++ yang tidak suka power dan nyantai aja..peace ya bkn menjelekkan fortie loh..

bro anonim, bagaimana dgn konsumsi bbm nya? ada sempat compare tidak wkt itu? thanks

Fitur PS Dakar dan Forti VNT kok sama2 nilai 9, wah kalau nggak pernah pakai PS Dakar nggak ya tidak akan tau, PS Dakar ada Paddle Shift, Sunroof, Auto-leveling head lamp, jet washer, trip tronic, sound power 400watt, dll.

Saya ganti forti saya ke PS, jadi tau betul kelebihan dan kekurangan kedua-dua nya, karena saya pengguna.

over all PS Dakar jauh lebih baik dan memuaskan dibanding forti. ini penilaian dari saya pemakai forti dan PS

disitu Fortuner fiturnya nilainya 8 kok

bagi yg mengerti PS dibanding fortuner mungkin ketawa melihat komparasi diatas,
fun to drive itu erat kaitannya dg performance dan fitur

power lebih besar = lebih fun
ada sun roof = fun ketika petualangan
5 speed (gigi 1 ps rendah bgt) = jadi fun bgt ketika tanjakan dan medan berat
tritronik = fun dan lebih nyaman ketika jln menurun dan overtaking 2-3 mobil
disk brake depan belakang = fun dan lebih aman ketika ngerem
bantingan lebih enak tdk limbung (terbukti di medan paris dakar dan medan speed rally) = fun ketika manufer
paddle shift = fun ketika butuh respon power mesin yg cepat
auto leveling head lamp = fun bagi mobil yg berpapasan jadi tdk silau
sound power 400 wall = fun dengerin musik
lipatan kursi belakang yg rata dg lantai = fun untuk bawa barang si belakang
jet washer = fun ketika petualang ke medan lumpur

satu2nya fun buat fortuner adalah dealernya lebih banyak jadi kalau mau service deket.

mengenai design body:
Fortuner = koboi gendut yg brewokan
PS = cowok atletis yg six-pack

jadi sesuai selera saja ada yg suka jadi koboi gendut ada yg suka jadi cowok atletis, kedua2nya sama2 berbadan besar.

mbok ya kalao mau bikin komparasi ya di coba dulu to mas di macem2 medan jadi tau bedanya, wong pajero itu jauuhh lebih enak kok dibanding fortuner mau di jalan raya ataupun di medan offroad, aku biasa touring jadine ngerti mas

Pajero Sport = Harimau bertenaga Banteng
Fortuner = Kijang berbody Kebo

ulasan bung anonymous tentang fun-to-drive betul banget dan tdk terbantahkan karena yg disampaikan itu memang kenyataan.

tapi ada satu lagi kelebihan fortuner yaitu harganya lebih murah, sehingga bagi mereka yg tdk mampu beli pajero sport ya beli fortuner saja.

Buat macet2an fortie lebih enak krn respon gas spontan dan feedback steer lbh baik tapi utk di tol jelas fortie jauh ketinggalan (top speed fortie hanya 160 km/jam, pajero ada yang sampe tembus 200 km/jam)

Posisi mengemudi sbg sopir enak fortie terutama untuk cruising dalam kota.
Duduk di jok tengah naik fortie sama aja naik kapal, bikin mual dan muntah, banyak goyang.. hal sebaliknya dgn pajero, saya berani mengatakan untuk sasis ladder, pajero mempunyai kenyamanan terbaik, bahkan lebih baik dibanding land cruiser sekalipun, apalagi cuma fortie.

Kesimpulan :

Buat yang ingin jadi penumpang ditengah (pake supir), haram hukumnya beli fortie kecuali punya daya tahan mual seperti pilot pesawat tempur) belilah Pajero.

Bagi yang senang nyupir sendiri dan rute kebanyakan di dalam kota belilah fortuner.

untuk sebuah 'KIJANG GENDUT' harga fortuner sih kemahalan, bukannya murah.

untuk sebuah 'KIJANG GENDUT' harga fortuner sih kemahalan, bukannya murah.

Betul jangankan PS dakar, bahkan PS exceed saya mudah saja untuk digenjot hingga 200km/h

Mengenai Respon Gas PS yang ada 'Lag' (jeda) itu sengaja dibuat demikian, hal tsb pada setelan Thorttle Modul untuk mengurangi hentakan2 gas yang tidak diperlukan, apalagi dengan power besar yang dimiliki PS hentakan gas bisa sangat terasa kalau dibuat spontan, setting-an pada thorttle pada PS sengaja dibuat lag agar nyaman bagi penumpang (tidak mual), kalau mau dirubah setting thorttle modul supaya lebih spontan merespon injakan pedal gas itu suatu hal yang mudah kok.

Body rolling juga menyumbankan ketidaknyamanan pada penumpang (mual) ketika Fortuner bermanufer, lain halnya dengan Pajero Sport body rolling jauh lebih baik (tidak limbung) oleh karenanya tidak ada (atau sangat jarang) fortuner digunakan untuk speed rally, sendangkan Pajero Sport jagoan dalam hal ini.

Apa yg dismpkan diatas yg mengatakan bhw pajero lebih baik dr fortie, bnr bgt, sy juga bingung klu hslnya psd bs kalah, gmna sih yg nge test, sy juga termasuk yg mempunyai kedua mbl tsb, jd tahu persis gmna psd jauh lebih asyiik dr fortie, baik itu performa, pengendalian, kenyamanan, fun to drive smp kelengkapan, jujur utk pengendalian saya lebih berani bawa innova dibanding fortie, fortie gak bgt deh.......buat yg ngerti mbl pasti memilih psd........ini fakta loh......

Tampilan fortie lebih elegan sih ketimbang pajero..terbukti byk pejabat yg pakai, sementara pajero lebih cocok dipakai buat proyek. Jarang kan liat Pejabat yg minta jalan di tol pakai pajero? :)

Klu tampilan itu masalah selera, dipaksakan bagaimanapun gak bakalan ketemu, bicara byk pejabat yg pakai krg fair juga ya..... yg jls fortuner lahir duluan wajar klu lbh duluan org pakai jd seolah2 terkesan banyakan fortuner, pdhl klu kita perhatikan justru skrg pejabat sdh beralih ke psd, ini smp didaerah2......., gmna gak beralih wong fortuner bentuknya sdh basi..... makanya astra hrs secepatnya luncurkan fortuner all new model, supaya ledekan kijang gendut gak ada lagi.......hihihi.....piss men......

betul setuju dengan bung andra ,kalo exceed tandingannya yah sama fortuner yg bkn vnt dong

yap betul bgt..DAKKAR gitu loh

Menurut saya fortuner jauh lebih baik dimiliki dibanding pajero sport dengan pertimbangan yang rasional sbb :
1. Harga baru yg lebih murah dan harga bekas yg lebih tinggi jelas lebih menguntungkan memiliki fortuner.
2. Jaringan after sales dan service jelas Astra lebih unggul.
3. Posisi duduk sopir dan penumpang jelas lebih nyaman fortuner. Khusus untuk orang yg tinggi lebih dari 175 cm pada posisi sopir tidak nyaman pada pajero sport karena jarak kepala terlalu dekat dengan kacadepan sedangkan kalau dipaksakan jok disetel posisi lebih berbaring akan menyebabkan badan cepat lelah karena tumpuan berat badan di punggung dan pandangan kearah kaca spion samping dan brlakang berkurang.
4. Dari segi efisiensi bahan bakar jelas fortuner lebih efisien dibanding pajero sport. Ini konsekuensi Effek tenaga output yang diperbesar pada pajero sport meski dengan cc mesin yg mirip.
5. Konsekuensi mesin yg output tenaganya dipaksakan adalah keawetan mesinnya. Publik sudah faham bahwa rata2 produksi mitsubishi output tenaga mesinnya terlalu dipaksakan sehingga wajar jika kalau kita perhatikan hampir tidak ada produk mitsubishi yang awet bertahan sampai umur lama.
6. Power yg dihasilkan mesin fortuner adalah kisaran yg betul2 diperlukan di lapangan di Indonesia. Lalulintas yg sibuk dengan kemacetan yg parah jelas fortuner lebih usable dibanding pajero sport. Pertanyannya kalaupun pajero sport bisa memilki top speed yg lebih tinggi dari fortuner kapan topspeed itu akan berguna untuk kondisi lalulintas di Indonesia. Jalan tol saja kondisinya selalu macet akhir2 ini.
Jelas keunggulan topspeed ini dibayar sangat mahal dengan inefisiensi bbm.
7. Kedua mobil ini dibangun dengan basis kendaraan pickup. Fortuner basisnya adalah hi lux dengan penyempurnaan jarak as roda depan dan as roda belakang di perpendek untuk kesempurnaan dan kenyamanan pada saat mendahului kendaraan lain. Sedangkan pajero sport basisnya adalah strada triton murni yg dikaroseri menjadi kendaraan penumpang sehingga jelas kenyaman penumpang adalah bukan prioritas awal. Prioritas awal diproduksi strada triton adalah kendaraan niaga atau barang dengan torsi besar untuk medan offroad.
8. Sudah jamak diketahui fortuner adalah kendaran penumpang di belahan bumi lain disebut Toyota 4runner sedangkan mitsubishi pajero sport hanya ada di Indonesia karena murni disain untuk pasar lokal Indonesia yg dianggap masih kurang cerdas menilai produk otonotif.

Demikian semoga ulasan ini bisa lebih memberikan pencerahan dalam menganalisa. Bagaimanapun fortuner vs pajero sport yang sebetulnya menang adalah jepang dan daeler2 mobil di Indonesia yg bisa menukar produknya dengan devisa kita. Merogoh kocek kita semakin dalam. Wassalam.

Mitsubisi masuk urutan 1 dari 10 mobil paling awet link disini: http://oto.detik.com/read/2012/11/27/125905/2102590/1207/ini-dia-mobil-mobil-yang-awet-dan-tahan-lama


Oiiyy!! gw tinggi 185cm pakai Pajero Sport udah hampir 3 taon enak kok, siapa bilang yang tinggi lebih dari 175cm nggak enak pakai PS, terus yang punya badan tinggi kaya gw pakai apa?? sirion?? hahah... becanda tuh yang nulis diatas

buat om yang panjang lebar membela fortuner...

kutipan tulisan om "sedangkan mitsubishi pajero sport hanya ada di Indonesia karena murni disain untuk pasar lokal Indonesia yg dianggap masih kurang cerdas menilai produk otonotif."--> maaf siapa yang kurang cerdas ya??? bukannya PS ada di manca negara termasuk eropa? silahkan googling saja om...

tinggi diatas 175 tdk nyaman itu sangat tidak masuk akal, PS dibangun diatas basis Rally Paris Dakar yang notabene supirnya orang2 bule yang tinggi, bukan begitu om...

Purna Jual saya lihat bagus, logikanya karena PS banyak beredar di market jadi purna jual pasti bagus...

mesin PS dipaksakan tenaganya?? sepertinya pernyataan tsb tanpa dasar, hanya kira2 saja...

Menurut om mitsubishi tidak awet?? itu diatas ada yang share link tentang keawetan mistu http://oto.detik.com/read/2012/11/27/125905/2102590/1207/ini-dia-mobil-mobil-yang-awet-dan-tahan-lama

Ini saya share konsumsi BBM Garut - Jakarta PS saya beberapa waktu lalu ya --> average BBM 16,6 Km/Liter link disini-->

https://lh3.googleusercontent.com/-5-1tIYIAELU/UXfDgZyXRoI/AAAAAAAAA9I/OGcrLavC8gI/s480/Garut+jkt+padat+tersendat+1_16%2C6km_L.jpg

Bagi yang mengerti membaca grafik Garut - Jakarta diatas pasti tau arti grafik tersebut, setiap garis kecil menunjukan 1 jam perjalanan, jadi waktu tempuh dlm grafik tersebut adalah 4 jam, selain itu jam menunjukan angka 5:14pm artinya perjalanan siang yang padat bukan malam hari yang sepi--> kalau tau cara main pedal gas yang benar pasti bisa efisien kok meski naik monster seperti Pajero Sport...

Hahaha....... siapa ya yg hrs mencerahkan dirinya ya.......sy bicara psd lebih baik krn fakta krn memang punya kedua mbl tsb, jd bukan bicara teori, coba deh beli kedua mbl tsb dan pake setiap hr secara bergantian pasti akhirnya tau klu psd lebih ok dr fortie......sekali lagi fakta loh......logikanya kan gak mungkin sy beli mbl klu gak sy nilai baik, tp klu di hrs kan memilih diantara mbl tsb...... yaa psd dunks........

Oom Andra hati2 ahh.......klu bikin komparasi, klu memang msh blm cukup jam terbang jgn over confident deh....... liat tuh jd rame, apa yg mrk smpkan bnr semua tuh, justru terlihat mrk lbh faham........jd sebaiknya oom bikin aja hsl test dr masing2 mbl jd jgn di komperasi sehingga tdk menimbulkan polemik........sorry oom sekedar saran.....

Gila! pajero sport bisa 16,6km/liter, woooww GILA!! irit bbm banget walau DID hi-power

gimana caranya sih biar bisa irit?

top speed hanya vnt 160km/j sedangkan ps exceed 200km/j, jadi mana yang ketinggalan ya?????!

Pajero Sport itu diimpor dari Thailand, jadi jelas bukan hanya di Indonesia.

Yang lebih menggelikan lagi adalah tayangan iklan Fortie di TV. Mana ada Fortie bisa terbang dan nyelam di air (terlalu berlebihan dan norak banget)...???
Mungkin lebih elegan kalau iklannya mengambil spot dari kisah perjalanan ekspedisi lintas Asia-Eropa yg memang factual (meskipun kendaraannya telah dilakukan beberapa modifikasi & tidak standard), tapi tidak terlalu membohongi publik dengan menggambarkan seolah-olah Fortie sangat perkasa dan digdaya dng bisa "terbang" dan "menyelam" di air.
Tapi yah itulah barangkali cara Fortie untuk mendongkrak penjualannya, dengan membuat iklan yg sangat bombastis.....!!!

Iklan Fortuner VNT
http://www.youtube.com/watch?v=_H4-2e8mf24

Iklan Pajero Sport Dakar
http://www.youtube.com/watch?v=GiX89nAHq3A

Caranya gampang kok, jangan ngegas mendadak (smooth saja.. naik dikit2)juga jangan ngerem mendadak, hanya itu.

Awal saya naik PS memang boros karena enak banget kalau kick down pedal gas, kerasa hentakan tenaganya jadi maunya kiiickkk dooowwnn terus, tapi sekarang sudah mulai bisa lebih sabar.

Pada Grafik Garut - Jakarta tsb ada grafik yang turun banget pada jam ke-2 itu waktu posisi di Nagrek saya sempat kick down lagi untuk nyalip mobil2 didepan, jadi sebenarnya PS masih bisa lebih irit lagi kok dari 16,6 km/liter

yg sdh ngerti mbl akan pilih pajero sedangkan yg baru pertama beli suv dan belum ngerti biasanya beli fortuner

ban ukuran 285 pada pajero sport bisa pakai tanpa harus permak spakboard, jadi kelihatan gagah dan macho.

nggak tau deh kalau fortuner bisa apa nggak.

tetap pajero jga yg rajanya...juara dunia reli dakar siapa sih... ???? avanza ,,,,

Toyota itu merek SUV yang sudah melegenda lebih dari 50 tahun di dunia ini. Diawali oleh Toyota FJ40 kalsik yang pernah malang melintang di seluruh penjuru Nusantara dan hampir dipergunakan oleh hampir seluruh instansi dan lembaga negara selama 30 tahun lebih. Mitsubishi memang terdepan di sektor angkutan umum sampai hari ini. Jadi, ada segmen masing-masing.

Ni bkn pbrik yg perang mlah konsumenya

Kalau menurut saya pajero SPORT dakar jauh diatas, fortuner ketika menanjak tidak ada tenaga, dan bentuknya kurang laki, tapi semua itu masalah selera. kalau masalah kabin lebih lapang fortuner menurut saya. semua pasti ada kekurangan dan kelebihan. bravo PAJERO SPORT DAKAR. ga nyesel deh beli PAJERO.

Dan PAJERO DAKAR saya dengan bio solar saya sudah tembus 200km. dengan menggunakan paddle shift tentunya. dan benar sekali gigi 1 nya kagak ada nafasnya.

maksud gigi 1 kagak ada napasnya itu apa? apa saking kuat powernya jadi yang nyetir sampai tahan napas gitu?

ini sih jelas - jelas komparasi tanpa dasar dan menyudutkan pajero sport yg sayangnya justru berbalik menyudutkan Fortuner yg memang tidak ada apa-apanya dibanding pajero sport..

bang, ane punya 2 duanya bang. dan ane sering pake lintas jawa, jkt - sby. bener kata suhu 2 dsini, fortie kaga ada larinya. keberatan di badan plus limbung pula. mesin diesel fortie mati di rpm atas, sedangkan kalo psd enak buat digenjot. soal suspensi juga jauh lebih enak psd kebanding fortie. cmn ada satu kelemahan psd, yaitu di gigi 1. power emg besar diawal cmn saking cepetnya naik atau mungkin gear ratio yg sangat rendah, gigi satu cenderung kehabisan nafas di rpm atas. kalo fitur pun bagusan psd. banyak fitur2 yg membuat mobil fun to drive. performa jelas unggul. fitur di psd juga unggul, jelas fun to drive di psd lebih tinggi dibanding fortie. mengenai harga balik lagi kepada budget masing2. namanya jaman sekarang, ada uang ada barang! udh jarang tuh dapet barang yg dibeli harga 5 ribu tapi kualitas 10 rb. untuk para otolovers, tolong lebih banyak liat fakta, jangan kemakan omongan marketing. konsultasi dulu ke beberapa pemakai mobil. fortie jujur unggul brand image. karena brandnya adalah toyota. tapi doesnt mean brand besar bisa selalu memproduksi suatu produk yang unggul. thank u guys. sorry kalo ada yg salah ya om!

Diliat aja dari data penjualan: penjualan fortuner sangat jauh meninggalkan pjs. Artinya apa? Sebagian besar orang menilai fortuner lebih bagus, terbukti karena yg memilih jauh lebih banyak. Lebih bagus itu darimana itungnya? semua aspek, kelebihannya dikurangi kekurangannya. Kelebihan bukan hanya mesin doang, karena yang dijual adalah mobil bukan mesin. Kalau mesin doang itu namanya jualan genset. Bukan juga cuma fitur aja. Kenapa fitur dibikin banyak, itu untuk menarik pembeli ketika bersaing dengan merk lain yg lebih mapan.Contohnya mobil-mobil proton atau mobil bikinan korea, dibanyakin fitur untuk menarik minat pembeli dari merk mapan. Banyak hal lain, misalnya layanan after sales, ketersediaan bengkel resmi dimana-mana, resale value. Sama seperti orang beli rumah, bukan cuma beli bangunannya, tapitermasuk lingkungannya, akses ke jalan besar, dekat rumah sakit dan sekolah, nggak banjir, banyak angkutan umum.

keduanya sama-sama mobil bagus. Tapi fortuner lebih banyak peminatnya

Untuk merek yg baru muncul pajero bisa dibilang laku di pasaran, bahkan kalau dibanding rasio jumlah tenaga pemasaran (sales) berbanding hasil penjualan, maka rasio penjualan pajero jauh lebih tinggi dibanding fortuner.

Maaf bro, sy bukan orang sales dan tidak memihak salah satu brand, hanya mencoba ikut menganalisa.

menurut saya, kalo ttg fun to drive masih pilih ps dakar dari pada 4tuner. sejarah di indonesia antara merk toyota dan mitsu kalo ttg engine, toyota tidak pernah menang sama sekali (di kelas yg sama). corolla vs mitsu lancer dangan. corona vs eterna. 2008 saya ambil 4tuner, jual di 2010. 2010 ambil exceed dan jual di 2012. 2012 ambil dakar sampai sekarang masih saya pake. setelah memakai baru bisa saya ambil kesimpulan, toyota cuman menang di bengkel service yg banyak tempat dan lebih mewah di interior saja. kalo untuk fun to drive, saya pastikan ps, apalagi kalo dananya ada, ambil dakar ngak bakalan kecewa. tenega, torsi, 5 speed, paddle shift, disc brake depan belakang semuanya sangat berguna.

Kesimpulan :
Dua - duanya sama bagus , tapi klu saya disuruh milih tetap pajero, karena saya lagi pake.

yang paling bisa dipercaya adalah orang yang pernah pakai dua-duanya (bukan hanya sekedar coba-coba) tapi pakai untuk sehari-hari, pasti bisa memberikan perbandingan yg obyektif mana diantara dua kendaraan tersebut yang lebih baik, bukan hanya perbandingan yang bersifat kira-kira seperti mereka-mereka yang belum pernah pakai dua-duanya tapi sudah ikut berkomentar.

Saya vote dan ikut pendapat mereka yang pernah pakai dua-duanya, kesan dan pendapatnya lebih bisa dipercaya.

Sy ikutan nimbrung
Sy mau bandingkan beberapa hal yg belum dibandingkan komentator2 diatas:
1. Pajero tdk ada handle depan jd unt mobil setinggi itu buat org indonesia agak sulit naiknya, kl fortuner ada.
2. Kaca sebelah supir Pajero tdk auto up, walau menurut org mitsu itu krn alasan safety, fortuner ada.
3. Warna hitam pajero lebih bagus (FYI. fortuner dan pajero yg sy punya dua-duanya warna hitam) hitam pajero lebih deep dg mutiara metalik berwarna kehijauan ada di dalam permukaan cat, sdg fortuner mutiara metaliknya warna keabu-abuan berada di permukaan cat jadi warna hitam fortuner kurang deep, tapi kualitas varnish lebih baik fortuner, pajero sy unit thn 2010 banding vnt lebih bagus varnish vnt jd tdk cepat kusam, nggak tau ya kl pajero diatas thn 2010 bgmana kualitas varnishnya, tapi unt warna hitamnya sy lebih suka pajero krn deep bgt.
4. Jarak antara as roda depan dg roda belakang lebih panjang pajero +/- 30cm vs fortuner, menurut rifat sungkar (kebetulan sy pernah ada kesempatan diskusi dg beliau) itu adl salah satu hal yg membuat pajero lebih stabil melibas medan ekstrim.

Kalau perbandingan lainnya sdh dikupas oleh user lain diatas.

Kesimpulan sy pajero lebih unggul, lebih enak dipakai dan lebih bisa diandalkan, walau fortuner juga tetap oke kok makanya sy user unt kedua mobil tsb.

Untuk kelas big size suv pajero dan fortuner gengsinya blm bisa dilawan oleh kompetitor lain yg sekelas.

pajero saya exceed sport dibeli tahun 2012 gardannya mendengung pada kecepatan 80 kmpj dan 120 kmpj dan sudah saya laporkan ke bengkel resmi. pada saat test, saya diberi kesempatan untuk mencoba pajero yang laen, ternyata sama gardannya mendengung seperti mobil tua. akhirnya garden pajero saya, katanya diganti utuh dan baru, tetapi sampai sekarang masih tetap mendengung kalau lari 80 dan 120 kmpj, dan saya sudah cape dengan kondisi ini akhirnya saya jual aja.... bye-bye pajero mobil salah produksi....

Saya pakai Fortuner vnTurbo keluaran maret 2013 kmrn..kabinnya lapang & nyaman. Sangat enak dibawa santai & ngebut,,tenaganya ada terus baik diputaran atas & bawah, begitu gas diinjak mesin lsg respon terutama stlh rpm 1500. Body juga tdk terlalu limbung, menurut org toyota, fortuner vnturbo memang beda dgn versi sebelumnya krn ada perubahan horsepower drastis (42) & shockbreaker. Solarnya mayan irit 1:10 dalkot jakarta, rute nya mix jalan tol & jalan biasa.

kebetulan saya punya dakar 2012 dan VNT turbo 2013 ini. saya kebetulan suka mobil yang SUV. dan setelah saya membandingkan keduanya. ternyata VNT turbo sangat payah, saya kalau boleh jujur MENYESAL banget beli VNT turbo. dari awal saya memang tidak suka fortuner, tapi istri saya meminta terus. dan akhirnya saya beli, tenaga sangat payah,bentuk kurang macho.limbung. kalau saya bilang PAJERO SPORT jauh diatas fortuner. mungkin ga lama lagi bakal saya jual fortuner ini. sangat menyesal saya.

pajero sport lebih berat +/-250kg dibanding fortuner, body pajero lebih kokoh baja lebih tebal.

kalau toyota mau kalahkan ps, harus buat spesies baru jangan andalkan forti, karena forti itu basic nya kijang innova mau dikotak-katik bagaimanapun juga tidak akan bisa mengalahkan ps, walaupun sudah ditambah vnt tetap tidak bisa, ayo toyota buat spesies baru dong

teknologi vnt turbo fortuner di indonesia th 2012 sebenarnya munculnya terlambat, masih kalah launchingnya dengan negara lain, contohnya : india, sudah memulainya th 2010, biarpun 2012 mendongkrak penjualannya, tetapi dari segi pemasaran di bandingkan luar negeri masih jauh tertinggal pemasarannya. Pajero sport indonesia boleh berbangga hati karena bila dibandingkan dengan pemasaran negara lain model dan fiturnya di tahun yg sama hampir sama dengan negara lain dan angka penjualannya artinya meningkat pesat. kalau sudah melihat produk baru pajero sport 2013 launching bulan mei 2013... bikin woow.. bemper depan belakang persis fortuner TRD, 2 din monitor dan rear camera asli dari pabrik thailand bukan modifikasian.... dengan emblem baru LIMITED DAKKAR

memang benar mesinnya fortuner hampir sama dengan mesin innova.. dengan bobot berat fortuner jalannya juga ikut berat, kurang power meskipun sudah vnt... kalau pilih suv handal lebih memilih PSD, lebih garang , macho, banyak fitur kenyamanan, apalagi fiturnya skrg lebih disempurnakan untuk rakitan 2013.. bravo PSD 2013

INFO PSD 2013:

http://www.solopos.com/2013/05/24/mitsubishi-luncurkan-pajero-sport-limited-edition-409701

indianautosblog.com/2013/05/mitsubishi-pajero-sport-limited-edition-launched-in-indonesia-77917

Kalau saya xenia is the best karena punya itu doang he..he..

pajero sport tetap yg terbaik.. baik tenaga, performa, dan handal di jalan rusak.. fortuner dibuat cantik eksteriornya dan interiorx tapi gak nyaman dibawa jauh

Yang punya Pajero bilang Pajero lebih oke, yang punya Forti bilang Forti lebih ok, bahkan yang punya ke-2nya bilang pajero lebih oke. semua pemilik mobil gambang dihipnotis dengan sebuah berita komparasi. Seandainya semua pemilik avanza-xenia akhirnya bisa beli pajero/forti maka kedua mobil ini pasti akan dibilang mobil jelek. nikmati aja suv masing-masing karena jika pemilik avanza-xenia bisa beli mobil ini maka semua yang koment disini pasti akan beli mobil yang lainnya.

Bapak2 limbung atau kestabilan kendaraan memegang peranan penting, kaitannya dengan "weight management", atau pengaturan bobot kendaraan bagian atas, tengah dan bawah kendaraan juga pada bagian depan, tengah dan belakang kendaraan.

Untuk mendapatkan kestabilan dan keseimbangan terbaik disegala medan (baik medan jalan raya ketika manuver pada kecepatan tinggi dan juga pada medan offroad ketika melayang dan membanting)maka diperlukan pembagian bobot kendaraan yang penuh perhitungan.

Saya setuju dengan komentar Bapak anonimus diatas yang menyebutkan untuk melawan Pajero Sport maka Toyota harus membuat spesies baru.
karena bukan hanya mesin yang perlu di rombak tapi juga body Fortuner harus dirombak total untuk mendapatkan kestabilan yang lebih baik disegala medan (yang memang untuk itulah SUV dibuat) jadi perubahan yang bersifat partial seperti pemasangan VNT dan perubahan Shock Breaker tidak akan cukup. Dan dari pada dirombak total mesin dan body lebih baik buat spesies baru saja.

Dunia otomotif tentunya akan sangat diuntungkan dan sangat senang dengan suguhan spesies baru tersebut. Buat saja mesin dengan performa 220PS dan 450torque, dengan body yang punya kemampuan off-road yang tinggi namun tetap nyaman bermanufer dijalan raya.

Intinya kebutuhan orang kan beda2 jadi ga usah ribut ah sama sama mewah itu mobil, syukuri aja udah punya mobil mewah..

ada yg sudah mengalami bawa psd 4x2 limited kah, bagaimana performanya, mohon info dan share nya. dari sisi ekterior, interior dan fitur lainnya saya sudah fall in love, tapi pingin tau perpforma (top speed) di tol... dan juga untuk luar kota. suwun

Kalau Pajero Sport Limited performanya sama, karena mesin, suspensi dan ssejenisnya masih sama persis

Pajero Sport Limited itu bedanya sudah pakai Body Kit, ya kalau ibarat Fortuner itu versi yang pakai TRD Sportivo gitu.

Foto Pajero Sport saat "MELAYANG LONCAT" pada Kejurnas Speed Offroad di Subang 15-16Juni 2013. copy link ini untuk melihat foto: https://lh5.googleusercontent.com/-cRNZocYyTVI/UcJjiKiGSRI/AAAAAAAAA_Q/IqVAdkY4mBs/w766-h473-no/KEJURNAS+Speed+Offroad+di+Subang+2013.jpg

Pajero Sport juara 1 dari total 4 SS pada kejurnas tersebut, dengan Rifat Sungkar sebagai joki-nya. Pajero Sport memang tangguh!

syukuri aja semua yang udah dimiliki
tidak semua orang dapat memiliki mobil mewah...
yang jelas, semua produk sudah memiliki kelebihan dan kekurangannya masing2
toh, tidak ada yang sempurna di dunia ini..........

Review Pajero Sport Limited : http://andra-febrian.blogspot.com/2013/06/first-impression-mitsubishi-pajero.html

Kedua mobil ini tidak ada yg bagus. Yang terbaik adalah mobil eropa.

Harga jual seken Fortuner tetap di atas dibanding Pajero
karena di Indonesia Toyota nomer 1 paling banyak dimiliki pendudukNya
masalah tenaga kedua nya juga Hebat.
saya sudah memiliki FortunerVNT TRD, yaa ampun nikmat sekali dibawa, saya perna mencoba Pajero teman saya astaga macem bawa trek Mitshubishi Intercoler 125PS melayang sekali pada saat dibawa.

aku suka fortuner dari segi body, tapi untuk kekuatan dan drivingnya lbh suka pajero. namun harga secondnya tetap toyota lbih unggul. jadi keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing2 .

sekarang saya pake innova, mau ganti SUV. Udah test coba fortuner VNT sama PSD. Menurut sy pake fortuner serasa pake innova, apalagi interiornya kurang mewah untuk mobil dengan harga segitu. Untuk tenaga juga dirasa kurang, beda banget sama PSD yang tenaganya lebih beringas. dan banyak hal lain yg menurut sy dengan harga segitu kurang sebanding untuk sebuah fortuner, jadi pilihan jatuh ke PSD....

Mantaaaaap...gua sih yg mana mana aja deh kalo dikasi gua terima,apalagi kalo dapet dua duanya...xixixixixi....

Selama ini saya pake Toyota, dr kijang suprr sampai innova, baru sekarang pake mitsubishi. Urusan mesin dan performa pajero lebih unggul, hanya urusan material dasar, spt cable, plastik toyota lebih qualified, sama spt mobil truknya, mitsubishi PS lebih mantap, cuma cat lebih cepat lunturvdan kusam d banding toyota dyna

Saya pake pajero sport GLX..mantap tenaganya ganas bro.. Sebelumnya saya pakai fortuner,, tenaganya sama kayak mobil solar umumnya, kalo sdh nyoba pajero, bisa dipastikan tidak doyan lagi fortuner,kecuali jiwanya sdh mulai meNua..maaf mas bro,,

Mantaplahhh...belum punya pajero

pajero sport jelas lebih enakkk...

Karimun dan PSD saya masih memilih Karimun donk..!! murah dan kalau di jalan sama sama tidak kehujanan... jadi intinya semua mobil itu sama tergantung dari saku masih masing! mendingan beli avanza dan cash dari pada beli PSD dan Fortuner tapi kredit 3 thn.

Mitsubishi pake nama pajero karena brand image nya kuat di ajang rally dakar. Dan toyota fortuner keren karena mirip ama kakak nya land cruiser. Gw punya pajero dan baru beli 4tuner vnt karena exterior nya lebih berotot dan gahar di air scoop, interior lebih lapang dan mewah soalnya gw ga pake sopir. Kalo mau bicara mesin. Semua sama. G pasang monster max dan svc controller yg angkat tenaga jadi 325dk dibanding psd 178dk. Lo bayangin aja tarikan 4tunernya di 325dk. Bisa diatur mode driving nya. Mau irit ya ke eco mau nge drag race ya atur ke sport mode. So ???? Menurut gw 2 2 nya ok. Ga puas tinggal tuning aja dan tidak merusak mesin dam garansi mobil.

Tetep milih Fortuner VNT biar bagaimanapun, walaupun tenaga kurang dari Dakar..
Karena gw lebih mementingkan yang terkesan mewah daripada "Kecepatan"..

So.. Fortuner, Have a Good Time..

Walau vnt sudah dioprek mesinnya jadi 325dk tapi saya berani taruhan drag race dari pintu tol cibinong ke pintu tol sentul pakai PS Exeed mesin standar saja (nggak udah Dakar lah)dijamin vnt diasepin, secara top speed fortie vnt yg sdh dioprek sekalipun tetap dikisaran 160km/h, sedang ps exeed mesin standard gampang ditarik samapai 200km/h

Ini komparasi cuma nyomot data dari sana-sini, foto editan sotoshop, hebatnya bisa ngasih rating soal kenyamanan sama fun to drive #capekdeh

COBA dulu BOS baru REVIEW

Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

Fortuner = more beatifull, pajero = faster...

untuk menguji kehandalan Pajero atau Fortuner anda, silakan jajal jalur off-road yang reputasinya cukup familiar dengan pecinta 4x4, khususnya Jakarta dan Jawa Barat. Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak dan Kampung adat Ciptagelar sebagai tujuan utama. Jalur ini bisa ditempuh one day trip dari Jakarta. "dijalur ini hampir semua rombongan jip-jip yang lewat pasti bermasalah. Rata-rata napas mesinnya putus di tengah jalan. Tapi ini mobil tenaganya gak ada habisnya” kata pak Edih, sang pemandu jalan. Saya menunggangi Pajero Exceed 4x4 th. 2009 dan anak saya dengan Dakar 4x4 th. 2011

sehari hari saya adalah pemakai fortuner, untuk perjalanan luar kota yang jalannya berbelok-belok, kepala jadi pusing karena guncangannya besar, rasanya body mobil ini ketinggian namun kurang lebar, jadi menurut saya desain fortuner ini lebih nyaman hanya untuk jalan-jalan santai di dalam kota saja sambil mejeng, karena karena tampilannya yang besar & terkesan gagah.

sehari hari saya adalah pemakai fortuner, untuk perjalanan luar kota yang jalannya berbelok-belok, kepala jadi pusing karena guncangannya besar, rasanya body mobil ini ketinggian namun kurang lebar, jadi menurut saya desain fortuner ini lebih nyaman hanya untuk jalan-jalan santai di dalam kota saja sambil mejeng, karena karena tampilannya yang besar & terkesan gagah.

Orang kaya pada banyak bacot.smua tergantung kebutuhan dan budget.oon,mau pajero atau forti terserah yang beli.liat pembela pajero malu"in kayak oraang norak.gua pkai PS GLX 4x4 om gua pakai yangg dakar.tappi gkk adda sibuk ky gini.lebih bagus sama" share tukar pengalaman.bukan bangga"in mobil sndiri.noraaak malu"in.

klo jlan malam jauh pke fortie ngantuk,,klo pjero mungkin ngak,,krna pjero blum punya,,,,hahaha

Ini promosi psd...ya. Kok semua bilang psd bagus..setahu saya harga jual toyota dimana mana paling..tinggih..karena saya pernah jual mitsubishi harga ajur...pak dan pas jual toyota.malah untung pakai..viva toyota..

gan kalau harga second ane liat di tokobagus com sepertinya setanding deh

Pajero lebih unggul memang di 0-100
Tapi kan mobil segitu gede ga buat balep balepan
Jadi kalau 0-100km/h ga terlalu jadi point yg sangat penting

Saya fikir faktor kenyamanan dan keamanan berkendara yg lebih penting
Ga hanya 0-100 aja
Mulai dari kekedapan suara didalam mobil,posisi duduk, luas pandangan keluar,besarnya kabin mobil,suspensi , sistim pengereman, dan sistem keamanan seperti airbag

Mengenai konsumsi bahan bakar ya emang iritan frtuner
Tapi power ga bisa bohong

Interior saya rasa sama aja
Ga jauh beda
Tapi kayanya pjs kebanyakan monitornya ya?

Dua duanya bagus tapikan penjualan di pasar yg jadi jurinya
Lakuan mana hayoo?

Gw cmn bs nelan ludah.... Andai gw bs beli.... :'(

Apapun comentar semua orang. yang pasti fortuner VNT. gagah dan keren banget. insyaAllah gw beli

Pasport 2012 sudah naik tenaganya karena sudah upgrade

Pajero tetap lebih Unggul dari kijang gendut...saya bisa bersaksi kalo pernyataan saya benar...wong saya dulu pake Fortie terus saya ganti PS kerasa banget bedanya dari manufer sampai powernya di medan offroad....padahal yang saya pakai sekarang baru Exeed lho,apalagi kalo dakkar...hmmmmm

Pajero tetap lebih Unggul dari kijang gendut...saya bisa bersaksi kalo pernyataan saya benar...wong saya dulu pake Fortie terus saya ganti PS kerasa banget bedanya dari manufer sampai powernya di medan offroad....padahal yang saya pakai sekarang baru Exeed lho,apalagi kalo dakkar...hmmmmm

Pajero sport dakar itu lebih mempesona, kalau mau yang gak terlalu limbung beli hyundai santa fe aja tuh udh cukup... Daripada fortuner limbungnya berlebihan (non TRD)

Kalau mau balapan di sentul sana..lha wong di jalan raya kok ngajak balapan ga sopan, di lempar sendal ya iya wkwkwkwk. Menurut data utk mesin psd lbh unggul dan pasti lbh cepat itu benar, utk interior dan exterior mnrt saya, temen temen saya, sodara saya yg punya psd lebih keren forti, kalau utk purna jual, tmpt service tau sendiri toyota lebih bagus. Saya blm punya dua duanya cuman sodara punya psd dakar dan tetangga punya psd, pernah jadi sopir psd dan jadi penumpang psd, jd penumpang ga nyaman. tapi tettep saja saya beli forti vnt tgl 6 jan 2014 katanya udah sampai rumah unitnya, intinya mnrt saya psd menang di mesin sedang forti sangat elegan dan unggul di segala galanya, tapi ya apa di jalan itu semua orang mau di ajak balapan? Wkwkwkwkwk...

bung joh yang dibicarakan disini komparasi, maka bicara performance, fitur, bukan bicara selera atau lebih keren mana.

kalau selera suka bentuk fortie ya itu sih diluar konteks komparasi, karena sebagian orang lebih berselera ke psd karena lebih laki2 dan bentuk tidak lebaiy sperti firtie. tapi disini kan bicara komparasi bukan selera terhadap bentuk

Kalau psd maskulin kalau forti elegan, jika psd datang di kira pembalap jika forti datang di kira pejabat. Kalau psd mau balap malah ikut ngebut kalau forti lewat di kasih jalan. Kalau di jalan jakarta, jawa dan sumatra masih banyakan terlihat forti, berarti forti yg menang..

Fortuner lebih hebat karna terbukti lebih banyak penggunanya

fortuner 9 tahun lebih dulu diluncurkan di pasaran sebelum psd, tentu jumlahnya 4 kali lebih banyak dijalanan, ya itu sih wajar brow!

Mau review gan..forti vnturbo udah sampe rumah, sudah di cobain keliling komplek..enak banget banget polisi tidur segede kaki gajah kagak terasa, tapi masuk gigi 1 injak gas kurang nyalak, ga seperti toyota rush langsung njranthal..udah nyobain psd punya tetangga di polisi tidur yg sama masih terasa keras..posisi nyupir enak forti, wuih sudah kayak pejabat keknya. Berarti yg ngungguli psd lebih enak di bawa salah karna saya sudah ngerasain forti dan psd..tapi namanya kenyamanan dan kesukaan kan beda beda ya .. Jadi ya terserah pilih mana, kalau review saya cuman itu aja deh

http://www.youtube.com/watch?v=9X-jbK_of5A ( pengujan dragrace antara pajero sport vs fortuner )

pajero sport 2015 rencana dipasarkan new model konsep hibrid (tenaga BBM + listrik) teknologinya jauh meninggalkan toyota khususnya fortuner, untuk sekarang aja padle sift triptonik, tenaga maksimal hanya dipunyai mitsubishi, skrg sudah ada dan diciptakan konsep hibrid ditokyo, ini penggantinya pajero sport dihadirkannya grand cruiser (new model pajero) :
http://www.youtube.com/watch?v=l-BFkIxG5U4

Sama sama enak..sama sama mobil wahh...

Fortuner is the best SUV

Pajero Sport 220 ps/horse power is now available in Indonesia

And the comparison of fortuner 2.7 vs pajero 220 ps is coming soon

kalau comparison yang fair sih nggak apa2, tapi kalau asal2an tanpa dasar ya mending nggak usah ada comparasi

Poskan Komentar