Minggu, 12 Mei 2013

Etios Valco vs Brio vs Picanto vs Sirion vs Splash


Belakangan ini Small Hatchback mulai diminati karena harganya yang terjangkau, dimensi ringkas dan konsumsi BBM irit. Segmen tersebut pun penuh oleh kontestan. Ada Toyota Etios Valco, Honda Brio, Mitsubishi Mirage, Kia Picanto, Nissan March, Chevrolet Spark, Suzuki Splash, Daihatsu Sirion, Geely Panda dan Chery Campus.

Maaf penulis tidak bisa mengkomparasikan semua pemain di kelas ini yang berjumlah hingga 10 mobil karena beberapa keterbatasan. Jadi dipilih beberapa yang difavoritkan konsemen. Agar pertarungan berlangsung seimbang dan seru, dipilih flagship dari masing-masing produk. Namun sayangnya Etios Valco tidak memiliki varian matik sehingga agar imbang dalam performa dan konsumsi BBM dipilih transmisi manual.

Mirage Exceed pun harus lengser di pertarungan ketat ini karena tipe tertingginya tidak punya varian manual. Tak masalah, lima kontestan sudah siap untuk bertarung di sini.

Semuanya memiliki kelebihan masing-masing. Etios Valco dengan citra merek Toyota-nya, sedangkan Brio mengandalkan tenaga mesin besar yang efisien. Picanto datang dengan membawa harga murah, juga tampilan keren dan gahar. Sirion juga memiliki senjata, yaitu kabin dan bagasi yang lega. Lalu Splash dengan bantingan suspensi yang empuk.



Manakah yang akan menjadi yang terbaik? Ikuti terus pertandingan ketat ini.

TOYOTA ETIOS VALCO 1.2 G M/T


Toyota Etios Valco adalah hasil penyesuaian untuk konsumen Indonesia dari Etios Liva. Beberapa detail diubah agar cocok dengan selera orang Indonesia. Misalnya lampu belakang yang berubah. Atau penambahan aero kit yang bergaris tajam di tipe G. Dimensinya cukup besar, malah lebih panjang dari kakaknya, Yaris. 


Sekilas, buritannya mirip Nissan March. Ada sirip kecil di lampu belakang. Katanya keberadaan sirip itu untuk menambah aerodinamika. Sayang, ia belum dilengkapi spoiler atap yang katanya juga dapat menambah aerodinamika.


Dasbornya didominasi plastik, namun PT. Toyota Astra Motor menyamarkannya dengan memberi warna hitam. Head unit 2-DIN dapat memainkan musik melalui USB. Untungnya tombol audio malfungsi multifungsi memudahkan pengendara untuk mengontrol audio. 

Di atas kertas, mesin 1.2 liter-nya memang mempunyai output yang lemah dibanding Picanto. Namun prakteknya? Ia belum dites penuh oleh Auto Bild, sehingga data akselerasi dan konsumsi BBM belum didapat.

HONDA BRIO 1.3 E M/T


Honda termurah di Indonesia ini memang punya harga cukup tinggi dari pesaingnya. Namun itu tidak berpengaruh pada penjalannya, karena Brio mampu memimpin market share di kelasnya. Mesin bertenaga namun irit, 1.339 cc 100 dk menjadi keunggulannya saat ini. Tampilan tak lazim yang sporti juga menjadi kelebihan lainnya.


Well, desain buritan memang bukan selera semua orang, walaupun Honda Indonesia telah memberi sedikit sentuhan pada Brio tipe E, yaitu lis krom yang tidak ada di Brio versi Thailand. Tapi ada juga yang bilang kalau desain seperti ini funky dan unik. Menurut anda?


Tuas transmisi manualnya unik. Warna beige mendominasi interior Brio. Walau kecil, tapi posisi mengemudinya ergonomis. Dibantu bobot kotor 940 kg, transmisi manual bisa membuat Brio melesat dari 0 sampai 100 km/jam hanya dalam 9,9 detik! 


Mesin 1.339 cc ini dipakai pula di Jazz 1.3 yang tidak beredar disini dan Civic Hybrid. Tenaganya setara dengan mesin Suzuki Swift lama yang mengadopsi mesin 1.498 cc, 100 dk.

Brio adalah kuda hitam di segmen small hatchback. Dengan begitu, apakah ia mampu menang melawan rival-rivalnya atau malah tersungkur di hadapan pesaingnya?

KIA PICANTO 1.2 SE M/T


Dengan harga kompetitif, Picanto sangat menggoda. Apalagi dengan tampilan keren khas Eropa. Baru saja dilengkapi spion yang bisa dilipat elektrik, Picanto dengan mesin 1.248 cc-nya cukup irit bahan bakar. Bisa dapat 15-18 km/l di tol. Namun kelemahannya fitur yang minim. Semoga Kia akan meluncurkan Picanto Platinum full-spec yang dilengkapi sunroof, head unit terintegrasi, dan fitur lainnya.


Di belakang lampu yang berbentuk unik menyapa. Lampu mundur ditempatkan di bumper, diatas reflektor. Bentuk buritan ini cukup unik dan mencolok di jalan. 


Di interior kesan unik pun muncul. Desain asimetris membuat konversi ke setir kiri cukup sulit. Namun handling setir dinilai kurang natural. Head unit juga hanya 1-DIN dan punya kemampuan terbatas. Di belakang agak sempit untuk duduk disana, akibat kecilnya dimensi. 


Mesin 1.248 cc ini dapat menyemburkan 87 dk dan 120 Nm. Di varian bertransmisi manual, koplingnya saat diinjak setengah ringan, namun saat diinjak lebih dalam akan lebih berat. Ini akan membuat kaki lebih cepat pegal.

DAIHATSU SIRION 1.3 DELUXE M/T


Hatchback yang didatangkan dari Malaysia ini memang punya fitur yang cukup lengkap. Sebut saja Bluetooth head unit, parking sensor, lampu depan projector, lampu belakang LED dan pelek 16 inci. Desainnya bisa dibilang konservatif, bisa juga dibilang keren dengan pelek besar.


Penampilan belakangnya sporti dengan lampu LED yang berbentuk keren, reflektor yang unik, juga spoiler atap dan lis krom. 


Lumayan futuristik dengan tombol head unit yang cantik. Warnanya didominasi putih gading dan hitam. Nah, keunggulan Sirion adalah akomodasinya. Bagasi dan bangku belakang, adalah yang terlega di kelasnya berkat bentuk bodi yang boxy. 



Mesin yang diadopsi Sirion sangat responsif akibat penggunaan mesin yang sama dengan Xenia 1.3 yang berpenggerak roda belakang. 92 daya kuda masih cukup untuk menghela bobot yang tidak sampai 1 ton.

SUZUKI SPLASH GL M/T


Sambil facelift, Splash menggebrak pasar dengan menambah varian matik dan memangkas harga. Namun ingat, yang dibahas disini adalah transmisi manual karena Etios Valco yang tidak memiliki varian matik. Beberapa diantara penyegarannya ada pada bumper, penambahan foglamp belakang, lampu depan yang ubahannya sulit terdeteksi dan head unit terintegrasi. 


Desain buritan tidak ada duanya dengan lampu bumerang, tampang jangkung dan kaca tegak. Disini penyegaran ada pada foglamp belakang yang telah terpasang. Walaupun di luar negeri bumper baru telah diadopsi mobil 1.200 cc ini.



Tuas transmisi yang mirip Brio menghiasi kabin. Soal kepraktisan, Suzuki menyediakan 2 laci, 5 saku penyimpanan dan 2 cup holder untuk Splash. Jok belakang bisa dilipat dengan satu tarikan saja. Bangku baris kedua tergolong luas, baik headroom maupun legroom.



Mesin berdaya 86 dk ini mampu memberikan performa yang cukup baik, buktinya Splash hanya butuh waktu 12,01 detik untuk figur 0-100 km/jam. Dan memberi kehematan yang bagus, 17 km/l di jalan tol.


Honda Brio E M/T
Daihatsu Sirion Deluxe M/T
Toyota Etios Valco G M/T
KIA Picanto SE M/T
Suzuki Splash GL M/T
Harga
Rp 165,5 juta
Rp 150,5 juta
Rp 161,6 juta
Rp 131,5 juta
Rp 140 juta
Mesin
1.339 cc 4 inline
1.298 cc 4 inline
1.197 cc 4 inline
1.248 cc 4 inline
1.197 cc 4 inline
Tenaga / Torsi
100 dk / 127 Nm
92 dk / 120 Nm
79 dk / 104 Nm
87 dk / 120 Nm
85 dk / 102 Nm
Transmisi
5-speed manual FWD
5-speed manual FWD
5-speed manual FWD
5-speed manual FWD
5-speed manual FWD
Dimensi P x L x T
(mm)
3610 x 1680 x 1495
3690 x 1665 x 1545
3775 x 1695 x 1510
3595 x 1595 x 1480
3715 x 1680 x 1618
Wheelbase (mm)
2345
2440
2460
2385
2360
Kapasitas tangki / Ban serep
35 l / space saver
40 l / space saver
45 l / N/A
35 l/ full size
43 l/ space saver
Ground clearance
165 mm
160 mm
170 mm
150 mm
185 mm
Ukuran ban
175/65 R14
195/50 R16
185/60 R15
165/60 R14
185/60 R15
Bobot
920 kg
940 kg
N/A
1.010 kg
1.015
0-100 km/jam
9,9 detik
10,4 detik
14,7 detik
11,2 detik
12,01 detik
Kons. BBM kota
14,4 km/l
11,2 km/l
14,2 km/l
13,3 km/l
N/A
Kons. BBM tol
18,9 km/l
17,7 km/l
16,8 km/l
18,5 km/l
17 km/l



Brio
Sirion
Etios
Picanto
Splash
Harga*
7
8
7
9
9
Kenyamanan
7
8
9
7
8
Handling
8
8
7
8
7
Performa*
9
8
6
8
8
Kepraktisan
7
7
7
7
7
Fitur*
8
8
8
6
7
Akomodasi
8
9
8
7
8
Desain Eksterior*
8
7
7
9
8
Desain Interior
8
8
8
7
7
Fun to Drive*
9
7
7
8
8
Total
79
78
74
75
77
*poin yang dianggap signifikan


1. HONDA BRIO
+ Performa, desain, pengendalian
- Bagasi, kepraktisan, harga

2. DAIHATSU SIRION
+ Legroom, akomodasi, kepraktisan
- Kenyamanan, desain eksterior, fun to drive

3. SUZUKI SPLASH
+ Akomodasi, performa, bantingan empuk
- Tidak ada wiper belakang, visibilitas belakang

4. KIA PICANTO
+ Harga, desain menawan, handling
- Akomodasi, fitur, kenyamanan

5. TOYOTA ETIOS VALCO
+ Kepraktisan, fitur, jaringan servis
- Desain eksterior, performa, harga

KESIMPULAN

Si pendatang baru, Etios Valco berusaha memberi yang terbaik. Sayangnya harganya cukup tinggi dan mesin kurang tenaga membuat ia harus puas di posisi keempat. 

Picanto memikat konsumen dengan harga yang rendah. Namun, harga yang murah dibalas dengan fitur yang minim dan sempitnya kabin. Ia menang dari Etios dengan selisih dua poin saja.

Splash meraih posisi tengah-tengah dengan mengandalkan akomodasi yang cukup memuaskan. Namun ia tidak memiliki kelebihan yang menonjol dibandingkan lawannya.

Sirion Deluxe meroket ke posisi kedua karena leganya kabin dan performa  yang diatas Etios dan Picanto. Tapi desainnya kurang menggoda. Selain itu tambahan Rp 10 juta dari Sirion standar dirasa kurang sebanding dengan value-nya.

Honda Brio adalah pemenangnya. Performa yang terbaik, dan konsumsi BBM yang terbaik pula. Selain itu tampangnya juga menarik. Kabin juga masih bisa dibilang lega.



Comments
55 Comments

55 komentar:

Makasi buat artikelnya...
Sangat bermanfaat sebagai komparasi untuk memilih small hatchback yang diinginkan.

Boleh tanya ya, Sirion kan belum ABS sdgkan Splash sudah, menurut anda itu signifikan atau tidak? Masih galau antara Sirion atau splash soal safetynya ini.. Terima kasih banyak..

ABS itu kan bekerja untuk mengoptimalkan rem saat jalanan licin, kalau jarang lewat jalan licin ABS tidak terlalu signifikan.

saya mau tukar dari sidekick ke splash, apa keuntungan dan kelebihannyag. Walau beda kelas, saya minta pendapatnya. Tks

Masalah perawatan dan konsumsi BBM Splash lebih hemat. Namun kalau mau Splash pastinya harus menambah uang lagi.Selain itu teknlogi Splash pastinya lebih advanced.

splash kalau di tanjakan bgmn? CC mesin splash kan 1200, kalau pakai AC tdk akan ngilitik?

Biasanya Karimun Estilo lama yang kurang kuat nanjak, Splash aman-aman aja

kalau ekterior mmg ok ANP dibanding N. Splash, tp performanya kl srg dibw ke luar kota mending mana ya diantara ke 2 nya? Dengan bodi paling tinggi di kelasnya N.Splash limbung ga sih dibawa ngacir

Di atas kertas, Picanto lebih baik performanya bila dibawa keluar kota dibanding Splash. Splash walaupun tinggi, tapi cukup stabil dan tidak terlalu limbung.

Kalo dilihat dari segi:
- keawetan mesinnya?
- biaya perawatan?
- harga jualnya lagi?
Picanto vs brio vs sirion bagaimana?

Keawetan mesin Sirion paling terbukti karena sama dengan mesin Xenia 1.3 yang hadir sejak 2004. Biaya perawatan Sirion unggul dan harga jual lagi Brio lebih baik.

Sorry, kalo dibandingkan dengan etios untuk ketiga aspek di atas? Saya lagi bimbang antara etios, sirion, dan picanto.

Kalau begitu karena kapasitas mesinnya lebih kecil Etios Valco lebih murah dalam biaya perawatan. Begitu pula harga jual kembalinya yang diperkirakan akan baik karena citra merek Toyota.

kalau yg saya liat fitur didalam ALL NEW PICANTO sudah cukup baik, apalagi desain yg ditawarkan sudah GLOBAL ( seluruh dunia terutama europa )dan perfoma mesin yg sangat baik karna menggunakan teknologi terkini, untuk kabin hanya terlihat sempit tpi pada kenyataannya biasa saja karna memaksimalkan bagasi belakg jga, dan untuk suspensinya bisa dibilang terbaik juga ko..., tpi thank's yah artikelnya sangat bermanfaat

kalau yg saya liat fitur didalam ALL NEW PICANTO sudah cukup baik, apalagi desain yg ditawarkan sudah GLOBAL ( seluruh dunia terutama europa )dan perfoma mesin yg sangat baik karna menggunakan teknologi terkini, untuk kabin hanya terlihat sempit tpi pada kenyataannya biasa saja karna memaksimalkan bagasi belakg jga, dan untuk suspensinya bisa dibilang terbaik juga ko..., tpi thank's yah artikelnya sangat bermanfaat

Terima kasih juga telah berkunjung ke blog saya..

keren dech si Etios... (nagustina@tugu.com)

mas, etios kalau di tanjakan bgmn? kalau pakai AC apa tdk akan ngilitik?

Di tanjakan masih oke, yg gak kuat biasanya yang bermesin dibawah 1.000 cc

Saya baru aja beli Etios Valco. Kalo saya beli karena servis after salesnya bagus banget di Toyota, dan menjangkau ke kota kecil. Soal performa sich bagi saya standar saja karena saya juga gak ngebut kalo naikin tuch mobil trus jarang banget di tanjakan yang amat curam. Bagi yg suka di tanjakan, saya sarankan beli Land Cruiser ajah.. anyway tulisan di blog ini bermanfaat..

beli new xenia, gran max, sirion, terios, luxio. hub shovy (sales executive daihatsu) 085 640 727 119 untuk wilayah semarang dan sekitarnya.

Menurut mas Andra sendiri lebih minat ke mana untuk kelas city car.. Kalo dari saya pribadi sih ke Brio karena sudah mengadopsi mesin 1300cc dengan 4 silinder.. Lincah dan responsif.. Untuk safety dan kenyamanan sih Honda udah juara lah bagi saya.. Memang ada harga ada rupa.. Masih worth it lah dgn harga segitu.. Karena barang juga value for money.. :)

Mari yang mau order Brio dan kawan"nya (Jazz,Freed,City,Civic,Accord,CRV,CRZ,Odissey)..

Info & Promo
CP : 081 802 49 59 69 / 23A38D28 (Sales Representative Honda)

Area jawa tengah. cashback jozz siap lebaran!

Sepertinya review lebih banyak pada performa mesin ya. Saya sudah beli etios type G dan fitur-fiturnya baik seperti adanya SRS airbag di dua penumpang depan, ABS/EBD, dan sensor parking yang cukup membantu kalau parkir. kelemahannya memang bahan interior yang dari plastik sehingga kurang mewah kelihatannya. Setuju dengan aftersales yang baik dari toyota serta jaminan servis yang mumpuni.

Help me... lagi bimbang ni, etios ato splash ya... lebih roomly yg mana ya? Emang etios blm EPS ya? Benar gak sih mas?

Etios lebih lega, kalo etios yang belum EPS hanya tipe J

etios katanya mau keluar yg tipe trd ya keunggulan yg trd apa ya....?
terus kalau etios bisa di modif jdm ga ya...?

Yang trd biasanya cuma tambah bodykit saja, jadi ubahannya tidak terlalu banyak. Karena etios tidak dijual di jepang mungkin bikin jdm-nya tidak semudah Yaris.

Klo saya pilih SPLASH dari harga(meriah blom klo discount)/safety(ABS-EBD)/engine(4C-DOHC)/interior/ergonomi rata rata diatas standart.....kekurangan hanya di accecories belakang doank(tinggal beli).

etios mirip starlet
etios bakal keluar yg turbo loock juga ga ya seperti starlet GT
bagus simpel buat anak yg pencinta modif jadi lebih banyak inspirasi dari etios kalau mobil lain mah kebanyakan sudah perfect makannya sudah ga bisa di apa"in lagi
kalu etios mah di jamin puas bagi para modifikator
dari segi body tinggi panjang luas kayaknya setabil
kalu di cat warna kuning pink hijau marun keren
di pasang vleg jdm juga keren
kalu belum ada di jepang bikin orang jepang kepingi memiliki etios
jadi PR buat modifikator indonesia
sukses deh buat etios, bikin community etios indonesia (CEI) biyarrame ada yg mau ikut....?

Etios gak ada di jepang jadi kalo mau dimodif JDM tak semudah Yaris dan Jazz..

Etios memang di maksudkan untuk negara berkembang, seperti India, Brazil, atau Indonesia... Jadi memang tidak bisa di bandingkan dengan Yaris ataupun jazz,,

tapi fosturnya etios cocok kalu di bikin jdm ya
keliatan keren gua sependapat ama rizky yolanda

Mas Andra, secara pribadi dengan keberadaan desain, harga, spek, kelebihan dan kekurangan, harga beli, harga jual, keawetan mesin, dan kehandalannya maka Anda memilih mana antara Brio, Etios dan Sirion... tq

Mas Andra, secara pribadi dengan keberadaan desain, harga, spek, kelebihan dan kekurangan, harga beli, harga jual, keawetan mesin, dan kehandalannya maka Anda memilih mana antara Brio, Etios dan Sirion... tq

Saya sih lebih pilih Brio, apalagi sekarang Brio disediakan tipe 1.2 dengan harga hanya 131-136 juta rupiah.

Menurut bos splash sm sirion dari segi tarikannya sm bantinganya enak mana

Sirion tarikannya paling mantap.. sooalnya pakai mesin xenia yang rwd padahal sirion fwd. Bantingan splash lebih empuk.

Bro,
kalau sirion gimana ya, terutama harga jual kembalinya..
saya masih ragu, antara sirion dengan nisan march

Mas Adrian,
Kalau untuk city car automatic, lebih bagus mana ya, sirion atau march atau splash ?

Harga jual kembali lebih baik nissan march, kalau masalah bagus mana di komparasi diatas sirion adalah yang palin bagus diantara ketiga mobil yang anda sebutkan. Transmisi tak berpengaruh banyak dalam komparasi.

Mas Andra, untuk perkiraan kedepan, mungkinkah sirion akan mampu bertahan atau malah sebaliknya akan jatuh dan efeknya tentu harga jual rendah, maaf menurut mas Andra gimana..?

Harga sirion berpotensi jatuh akibat sirion tidak terlalu diminati banyak orang dibandingkan brio.

Mas andra kalo splash aftersales nya gmana? Dibandingkan dengan picanto? Thq

After sales lebih bagus suzuki karena suzuki sudah punya ratusan dealer yang melayani servis.

review yang sangat bagus dan lengkap untuk saya yang mmg lagi bimbang pilih brio vs etios

Apa benar banyak yg mengeluhkan etios G agak sulit untuk menanjak? Tanpa melihat matic ataw manual, sebaiknya pilih etios type G atau mirage exceed?

kalo saya lebih pilih etios, kebetulan ambil etios tipe G. kenapa ? toyota cendrung harga jual lebih bagus, part lebih gampang dan murah, fitur nya gak kalah ada abs, air bag, ebd, stabilizer depan belkang, lebih lega dari kakak nya yaris. part modifikasi ada TRD ato bisa custom pake punya yaris, karna dimensi sasis nya yg hampir sama. selain entu mesin 1200 cc vvti 16 valve udah cukuplah buat dikota, mau lari kemana sih..judul nya aja city car, buat nanjak gak masalah tuh... trus lincah terbukti di kejuaran slalom kemaren team toyota indonesia dengan etios dapet podium juara 1 dan 3. selanjut nya balik ke selera masing masing deh. cmiiw

picanto 4 silinder mas broo bukan 3

picanto 4 silinder mas broo bukan 3

Oh ya makasih atas ralatnya..

Saya pakai Sirion, memang kelemahannya tenaga berada di putaran mesin bawah jalannya sering tersendat-sendat. Solusinya saya ganti filter mesin dan injektor 10 lubang. Hasilnya berubah 180 derajat, jauh lebih bertenaga.

Untuk saya yg mempunyai tinggi badan 183 cm .. sirion paling pas karena ruangannya .... lueeeggaaa .... banget buat supir maupun penumpang.

Selain itu pelayanan after sales nya juga ga kalah bagus, sparepart subtitusi juga banyak. Sirion merupakan mobil terlaris di malaysia dng nama Myty (Produa). Di pasaran dunia selain Sirion dikenal juga dng nama Toyota Passo atau Daihatsu Boon (Jepang). Bahkan pernah di keluarkan oleh Subaru dengan nama Justy,

Poskan Komentar