Sponsors

Senin, 20 Mei 2013

MPV, Favorit Konsumen Indonesia


Mobil MPV sangat digemari konsumen Indonesia. Tak lain karena kabinnya yang luas dan muat banyak orang dan barang. Itu membuat banyak pabrikan memasukkan MPV mereka ke Indonesia dan membuat pilihan MPV melimpah. Disini telah disajikan seluruh MPV yang masih dijual di Indonesia, dari Daihatsu sampai Mercedes-Benz. Harga per 20 Mei 2013. Apa sajakah?

Keterangan:
     : Medium MPV
     : Budget MPV
     : Small MPV
     : Small Box MPV
     : High MPV
     : Compact MPV
     : Luxury Box MPV
     : Medium Box MPV
     : High Medium MPV



    CHERY EASTAR ES



Mesin : 1.971 cc 135 dk
Harga : Rp 209 juta
Kategori : Medium MPV
Rival : Toyota Kijang Innova

Fitur MPV ini cukup lengkap, mulai dari kamera parkir hingga sunroof. Mobil asal China ini ditenagai mesin 2.000 cc yang membuatnya dapat bersaing dengan Kijang Innova yang lebih mahal. Namun populasi mobil ini di Indonesia sangat sedikit, mencari Eastar di jalan raya lebih sulit dari mencari jarum di tumpukan jerami. Namun itu kabar baik bagi anda yang tidak suka mobil yang 'pasaran'.

    CHERY TRANSCAR



Mesin : 1.083 cc 74 dk
Harga : Rp 125 juta
Kategori : Budget MPV
Rival : Daihatsu Gran Max

Pesaing Gran Max yang punya versi pikap ini punya tampilan yang lebih mewah dari minibus Jepang tersebut. Bisa juga menjadi alternatif Daihatsu Luxio dan APV Arena yang lebih mahal. Masuk ke dalam, kabinnya lega dan mewah. Sayangnya, mesinnya cuma 1.100 cc yang dirasa kurang untuk minibus berbobot 1.160 kg ini.

    CHEVROLET SPIN


Mesin : 1.229 cc 86 dk
            1.248 cc 75 dk diesel
            1.485 cc 106 dk
Harga : Rp 139,7-189,7 juta
Kategori : Small MPV
Rival : Suzuki Ertiga

Baru diluncurkan, mobil Amerika ini langsung menggebrak pasar dengan harga kompetitif, pilihan mesin yang banyak, fitur yang melimpah serta tampilan yang tak lazim. Spin mempunyai handling yang terbaik di kelasnya. Ditambah pula performa yang memuaskan. Sayangnya kenyamanan kurang baik akibat kerasnya jok baris kedua. 

    CHEVROLET ORLANDO


Mesin : 1.796 cc 141 dk
Harga : Rp 330 juta
Kategori : Medium MPV
Rival : Toyota Kijang Innova

Jangan salah, Chevrolet yang ini bukan asli Amerika. Sejatinya Orlando dikemangkan oleh GM Korea, yang dulunya Daewoo. Makanya MPV ini didatangkan dari Korea Selatan. Handling mobil yang mirip SUV ini terbaik di kelasnya, namun harus mengorbankan bantingan yang jadi keras. Sayang mesin 1.800 cc-nya dirasa kurang untuk mobil yang berbobot 1,5 ton lebih ini. Harganya bila dilihat dari kapasitas mesinnya terlalu mahal.

    DAIHATSU GRAN MAX


Mesin : 1.298 cc 86 dk
            1.497 cc 97 dk
Harga : Rp 119,5-135 juta
Kategori : Budget MPV
Rival : Chery Transcar

Walaupun murah, ia tidak se-'murahan' dari yang dibayangkan kok. Ia sudah diekspor ke Jepang sejak Februari 2008, jadi soal kualitas tidak usah terlalu ragu. Harganya ekonomis, pas buat pelaku usaha yang menginginkan kendaraan praktis dan muat banyak barang maupun orang. Namun sayang, tampilannya kurang mewah bila dibandingkan Chery Transcar.

    DAIHATSU LUXIO


Mesin : 1.497 cc 97 dk
Harga : Rp 144,7-180,9 juta
Kategori : Small Box MPV
Rival : Suzuki APV Arena

Daihatsu mencari perhatian dengan meluncurkan Luxio pada tahun 2009. Versi mewah Gran Max ini dipermak di setiap sisi. Seperti interiornya yang mewah, keberadaan lampu depan-belakang mirip Alphard serta pelek 15 inci. Per keong juga dipasang demi kenyamanan penumpang. Sayang, performa tidak ada bedanya dibanding Gran Max. Begitu pula rasa pengendaraannya.

    DAIHATSU XENIA


Mesin : 989 cc 63 dk
           1.298 cc 92 dk
Harga : Rp 137-189 juta
Kategori : Small MPV
Rival : Chevrolet Spin

Baru melakukan sedikit penyegaran dan penambahan airbag, Xenia memiliki 14 varian, terbanyak di kelasnya. Xenia juga punya mesin terkecil di kelasnya, 989 cc saja. Di beberapa varian, fitur Xenia cukup lengkap seperti kamera parkir, head unit 2-DIN monitor, GPS, dan lain-lain. Ia juga dilengkapi paket Deluxe, Family, Sporty hingga Attivo.

    DODGE JOURNEY



Mesin : 2.400 cc 173 dk
Harga : Rp 488-565 juta (off-the road)
Kategori : High MPV
Rival : Honda Odyssey

Kelihatannya ia adalah sebuah SUV dengan tampilan gagah dan nama yang berarti 'petualangan', namun menurut Auto Bild sejatinya ia adalah MPV yang bersaing dengan Odyssey dan Mazda8. Satu-satunya produk Dodge baru di Indonesia ini brfitur cukup lengkap, ada sunroof sampai monitor headrest. Harganya juga masih dapat bersaing dengan rivalnya.

    HONDA FREED


Mesin : 1.497 cc 118 dk
Harga : Rp 213,5-265 juta
Kategori : Compact MPV
Rival : Nissan Grand Livina

Baru saja ditambah double blower beberapa waktu lalu, satu-satunya Honda berpintu geser di Indonesia ini memang berharga lebih mahal dari pesaingnya. Namun, pintu geser elektrik di tipe S dan E tiada duanya di kelasnya. Juga fitur lain seperti captain seat yang menjadikan Freed alternatif dari Serena, Biante dan Nav1. Tenaga yang dihasilkan juga terbesar di kelasnya.

    HONDA ODYSSEY


Mesin : 2.354 cc 170 dk
Harga : Rp 529,9 juta
Kategori : High MPV
Rival : Mazda 8

MPV Honda ini beraliran sporty. Lihat saja moncong futuristik yang mirip Honda FCX Clarity. Atau body kit yang menempel. Ia telah dilengkapi head unit monitor yang dapat menampilkan tampilan kamera mundur serta dapat dikoneksikan ke gadget lewat Bluetooth. Ada juga jok belakang yang dilipat elektrik. Ia juga dipersenjatai mode ECON yang dapat menghemat BBM. 


    HYUNDAI H-1

Mesin :  2.359 cc 175 dk
            2.497 cc 170 dk
Harga : Rp 325-496,4 juta
Kategori : Luxury Box MPV
Rival : VW Caravelle

Muat sembilan hingga dua belas orang, H-1 pilihan tepat bagi keluarga besar yang punya banyak anggota. Banderolnya cukup ekonomis, hanya setengah dari harga Alphard maupun Elgrand. Namun fiturnya tidak bisa dibilang minim. Captain seat dan pintu geser elektrik hadir disini. Setelah membeli, siapkan seorang supir kalau anda ogah menyetir mobil yang panjangnya lebih dari 5 meter ini.

    ISUZU PANTHER


Mesin : 2.499 cc 80 dk diesel
Harga : Rp 216-269,5 juta
Kategori : Medium MPV
Rival : Toyota Kijang Innova Diesel

Mencoba tampilan gagah nan sporti dengan overfender dan ban serep di pintu bagasi, Panther generasi 3 yang hadir 12 tahun yang lalu ini mengandalkan senjata mesin yang tangguh. Mesin 4JAI-L ini memiliki konsumsi BBM yang cukup irit, sayangnya tenaganya terlalu lemah. Mobil tahan banjir ini sayangnya terlalu mahal, paling murah Rp 216 juta.

        KIA CARENS


Mesin : 1.999 cc 152 dk
Harga : Rp 249,5-262,5 juta (estimasi)
Kategori : Medium MPV
Rival : Toyota Kijang Innova

Kia Mobil Indonesia memasarkan Carens dengan tema 'Breaktrough' atau terobosan. Jadi kira-kira Carens adalah terobosan baru bagi keluarga Indonesia yang bosan dengan Kijang Innova, Avanza, Grand Livina, dkk. Betul itu. Carens menawarkan desain khas Eropa, fitur lengkap, praktis, kabin lega, dan yang pasti 7-seater.

    MAZDA 8


Mesin :  2.260 cc 170 dk
Harga : Rp 499,2 juta
Kategori : High MPV
Rival : Honda Odyssey

Berbeda dengan Odyssey, Mazda8 ini telah dilengkapi pintu geser elektrik. Mekanisme pintu geser ini bisa dioperasikan melalui remote control berbentuk kartu kredit. Fitur lain adalah bangku baris kedua yang bisa dirapatkan ke tengah atau dipisahkan untuk akses ke baris paling belakang seperti pada Biante. Performa mesin 2.3 liter-nya cukup memadai untuk Mazda8. Harganya pun cukup kompetitif.

    MAZDA BIANTE


Mesin :  1.998 cc 150 dk
Harga : Rp 380 juta
Kategori : Medium Box MPV
Rival : Nissan Serena

MPV Mazda yang hanya hadir dengan satu varian ini memang menggoda. Terutama desain. Lampu depan yang langsung menyambung ke kaca adalah gagasan yang unik dan satu-satunya di Indonesia. Mobil yang hadir hanya di Jepang dan Indonesia ini sayangnya memiliki konsumsi BBM yang katanya cukup boros. Selain desain, tidak banyak yang keren dengan mobil yang satu ini.

    MAZDA VX-1


Mesin : 1.373 cc 95 dk
Harga : Rp 178-191 juta
Kategori : Small MPV
Rival : Toyota Avanza Veloz

Mazda yang baru diluncurkan ini dapat dianggap versi 'dress-up' Suzuki Ertiga. Karena perbedaan VX-1 dari kembarannya hanya tampilan kosmetik belaka seperti half bodykit, gril yang lebih sporti, side moulding, hendel pintu krom aksen krom di foglamp dan lain-lain.  Selain itu, mesin tetap serupa. Sayangnya, VX-1 belum dilengkapi transmisi matik. 

MERCEDES-BENZ R-CLASS


Mesin : 2.996 cc 231 dk
Harga : Rp 1,099-1,249 milyar
Kategori : N/A
Rival : -

Mercedes-Benz masuk ke segmen MPV lewat R-Class. Tanpa punya pesaing dekat, mobil mahal ini dapat menjadi pilihan bila anda mengincar MPV mewah. Memiliki konsep yang berbeda dengan Toyota Alphard, R-Class punya desain yang sporti dan enak dikemudikan. Layaknya Mercedes-Benz lain, mobil ini memiliki fitur yang melimpah plus fitur keselamatan.

    NISSAN ELGRAND


Mesin :  2.488 cc 180 dk
             3.498 cc 280 dk
Harga : Rp 795-920 juta
Kategori : Luxury Box MPV
Rival : Toyota Alphard

Memang ia tidak setenar Alphard, tapi MPV Nissan ini lebih menarik dibandingkan Alphard. Elgrand ini memiliki pengendaraan yang menyenangkan. Meski MPV besar namun saat dikendarai, anda akan terasa berada di sedan. Dua jok captain seat kulit begitu nyaman. Soal performa, Nissan membekali mesin 2.488 cc seperti pada X-Trail dan 3.498 cc V6 CVTC.

    NISSAN EVALIA


Mesin :  1.498 cc 114 dk
Harga : Rp 155-192 juta
Kategori : Small Box MPV
Rival : Daihatsu Luxio


Nissan yang baru hadir tahun lalu ini hadir dengan paras cantik yang dibungkus dengan tampilan yang boxy.  Ditambah lagi pintu geser dan kabin luas plus harga yang cukup murah. Sayangnya kabinnya murahan, seperti mobil komersial. Begitu pula posisi mengemudinya dengan setir yang landai. Untungnya konsumsi bensinnya memuaskan. Rival terdekatnya adalah Daihatsu Luxio yang ternyata menurut Auto Bild lebih baik dari Evalia.

    NISSAN GRAND LIVINA


Mesin : 1.498 cc 109 dk
            1.798 cc 126 dk
Harga : Rp 165-248,4 juta
Kategori : Compact MPV
Rival : Honda Freed

Pernah menjadi Car of The Year 2007 versi Auto Bild Indonesia, Grand Livina memang memikat banyak konsumen bahkan sebelum diluncurkan. Keunggulan yang jarang dipunyai rivalnya adalah jok baris 2 dan 3 dapat dilipat rata. Selain itu bodi landai membuat mobil 7 penumpang trsebut bisa bermanuver dengan mudah dan stabil di jalan tol. Juga jangan lupakan konsumsi BBM mesin 1.500 cc yang cukup irit.

    NISSAN SERENA


Mesin :  1.997 cc 145 dk
Harga : Rp 348-398 juta
Kategori : Medium Box MPV
Rival : Toyota NAV1

Ia hadir dengan generasi baru dengan kode bodi C26. Mesin MR20DD dengan teknologi Dual CVTC yang dipasangkan dengan transmisi CVT cukup hemat bensin. Fitur yang diberikan Serena cukup lengkap. Harga tipe X yang hanya 348 juta rupiah termurah di kelasnya. Tipe tertinggi, Panoramic yang dilengkapi atap kaca dibanderol 50 juta lebih mahal dari tipe X.

    PEUGEOT 5008


Mesin :  1.598 cc 156 dk
Harga : Rp 432,5-547 juta (off-the road)
Kategori : High Medium MPV
Rival : VW Touran

5008 memang memiliki mesin terkecil di kelasnya, hanya 1.600 cc. Namun berkat turbocharger ia dapat menghasilkan 156 dk, namun konsumsi BBM-nya bisa dibilang sangat irit. Ini lebih efisien dibandingkan memakai mesin 2.000 cc tanpa turbo. MPV ini terlihat memiliki kabin yang cukup lega. Di sisi safety 5008 memiliki 6 airbag dan memperoleh 5 bintang Euro NCAP.

        PROTON EXORA


Mesin :  1.597 cc 125 dk
             1.561 cc 138 dk
Harga : Rp 158-258 juta
Kategori : Compact MPV, Medium MPV
Rival : Nissan Grand Livina, Toyota Kijang Innova

Mobil asal Malaysia yang hadir empat tahun lalu ini memiliki value for money yang baik. Exora Star 1.6 M/T dapat ditebus hanya 158 juta rupiah. Exora dapat masuk dalam dua kategori. Exora Star bersaing dengan Grand Livina, sementara Exora Bold dan Prime bisa bertarung dengan Toyota Kijang Innova. Rentang harga Exora mencapai Rp 100 juta.

        SUZUKI APV


Mesin :  1.493 cc 89 dk
             1.493 cc 105 dk
Harga : Rp 135,5-192 juta
Kategori : Budget MPV, Small Box MPV
Rival : Daihatsu Gran Max, Daihatsu Luxio

Mobil yang hadir sejak 2004 ini memang punya kabin yang luas. Hadir dengan banyak pilihan varian, dari pick-up hingga Alphard wanna-be, APV menjangkau banyak segmen. Dari pengantar paket hingga bisnis antar-jemput. Dari pengangkut bahan bangunan hingga keluarga muda. Sesuai slogannya, 'Semua Bisa, Bisa Semua'. Makanya ia bisa masuk dua kategori MPV, Budget MPV dan Small Box MPV.

    SUZUKI ERTIGA



Mesin : 1.373 cc 95 dk
Harga : Rp 146-184,8 juta
Kategori : Small MPV
Rival : Daihatsu Xenia


Hadir 6 bulan setelah All New Avanza diperkenalkan, saat pertama diluncurkan peminat Ertiga langsung mengular. Tak heran, pabrik Suzuki di Tambun pun kewalahan memenuhi permintaan. Dua kelemahannya saat itu, yaitu tanpa AC double blower dan transmisi matik. Kini kelemahan itu telah diperbaiki Suzuki dengan meluncurkan Ertiga double blower dan Ertiga matik.

    TOYOTA ALPHARD


Mesin :  2.362 cc 168 dk
             3.495 cc 273 dk
Harga : Rp 693,95-1.051 juta
Kategori : Luxury Box MPV
Rival : Nissan Elgrand

Alphard memang memiliki ikon kemewahan. Postur tubuhnya besar namun tetap proporsional. Pintu geser besar elektrik pun terbuka dengan sentuhan di remote. Di dalam, kabin mewah menyapa. Bangku Power Ottoman di belakang memberi kemewahan dan kenyamanan. Harga termurahnya nyaris Rp 700 juta. Kalau mau lebih keren, belilah Vellfire di importir umum.

    TOYOTA AVANZA



Mesin : 1.298 cc 92 dk
            1.498 cc 104 dk
Harga : Rp 150,85-190 juta
Kategori : Small MPV
Rival : Chevrolet Spin

Mobil yang penjualannya mencapai 17,21 persen dari total penjualan 2012 ini memang terkenal memiliki penjualan yang fantastis karena MPV ini dinilai cocok untuk keluarga Indonesia. Selain itu, nama Toyota yang ada di depan namanya juga menjadi penyebab. Namun sayangnya ia dihargai sedikit lebih mahal dari pesaingnya seperti Ertiga, Spin bahkan kembarannya, Xenia.

    TOYOTA KIJANG INNOVA

Mesin : 1.998 cc 136 dk
            2.494 cc 102 dk
Harga : Rp 201,75-312,75 juta
Kategori : Medium MPV
Rival : Proton Exora Bold/Prime

Sejak muncul pada September 2004, Kijang Innova sudah menjadi mesin uang bagi Toyota. Kabin lega, desain menarik dan muat 8 orang menjadi musababnya. Kini ia hadir dengan total varian mencapai 16 varian, bensin dan diesel, manual dan matik. Medium MPV ini memiliki harga yang kompetitif. Karena salah satu rivalnya, Chevrolet Orlando telah merangkak ke harga 330 juta rupiah.

   
TOYOTA NAV1


Mesin :  1.987 cc 155 dk
Harga : Rp 381,5-401,5 juta
Kategori : Medium Box MPV
Rival : Nissan Serena

Nav1 dimasukkan Toyota untuk melawan Serena dan Biante. Mesin 3ZR-FAE 1.987 cc 4 silinder yang menghasilkan 155 dk irit BBM berkat teknologi VALVEMATIC yang mengatur panjang langkah buka-tutup katup masuk-buang. Bicara suspensi, ia terasa pas di jalan rusak. Atau dalam kata lain empuk yang mengorbankan pengendalian. Transmisinya menggunakan teknologi CVT 7-percepatan. Sayang harganya termahal di kelasnya.

    VOLKSWAGEN CARAVELLE


Mesin :  2.469 cc 172 dk diesel
Harga : Rp 998-1.098 juta
Kategori : Luxury Box MPV
Rival : Hyundai H-1

MPV andalan Volkswagen ini berhasil menggebrak pasar dengan kabin lega, desain keren dan kepraktisan yang luar biasa. Misalnya interiornya bisa disulap menjadi meja rapat maupun tempat tidur. Mesin diesel bertenaga-nya dapat menghasilkan 172 dk dan mencetak konsumsi BBM hingga 14 km/l. Mobil yang berbobot lebih dari 2 ton ini diproduksi SKD (Semi-Knock Down).

    VOLKSWAGEN TOURAN


Mesin :  1.390 cc 140 dk
Harga : Rp 420 juta
Kategori : High Medium MPV
Rival : Peugeot 5008

Harga 420 juta rupiah memang cukup mahal untuk MPV ini. Apalagi mesinnya hanya 1.400 cc! Namun, mesinnya bukan mesin biasa. Akselerasi 0–100 km/jam MPV berbobot 1,5 ton ini hanya 9,70 detik! Yang menarik adalah metode lipat bangku Touran. Bangku baris kedua bisa dilepas jika ingin lantai yang benar-benar rata. Atau mau bergaya captain seat, bangku baris kedua yang tengah tinggal dicopot.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar