Sponsors

Jumat, 10 Mei 2013

Mobil Bekas 1.000 cc + Tips Membeli Mobil Bekas


Mesin 1.000 cc dianggap hemat BBM dan pas untuk mobil kecil. Nah, kini mobil baru dengan mesin 1.000 cc sangatlah sedikit, tiga mobil saja. Namun bila dialihkan ke mobil bekas maka pilihannya melimpah. Disini  ditetapkan mobil bekasnya paling tua tahun 2006. Apa saja? Ini dia.

1. CHEVROLET SPARK 1.0 2006 - RP 65-80 JUTA


Mobil ini punya desain membulat yang menarik dan lebih mewah daripada pendahulunya. Harganya cukup ekonomis, 65-80 jutaan. Sayangnya, populasi city car ini terbilang sedikit. Sehingga butuh usaha ekstra mencarinya di kota domisili.

2. DAIHATSU XENIA 1.0 LI 2011 - RP 110-120 JUTA


Mesin 989 cc memang terasa kecil buat Xenia, namun konsumsi BBM-nya cukup menguntungkan. Untuk meringankan kerja mesin, AC Double Blower ditiadakan, pelek pun dikecilkan menjadi 13 inci. Namun seringkali yang membeli Xenia adalah first time buyer atau baru pernah beli mobil, jadi waspadai unit yang penyok, atau ada part yang lepas seperti penutup di sebelah foglamp.

3. DAIHATSU XENIA 1.0 M 2012 - RP 115-135 JUTA


Generasi kedua Xenia ini masih punya mesin yang sama, EJ-VE 989 cc 63 dk. Konsumsi BBM-nya masih bisa dibilang irit, namun rasanya Xenia 1.0 sedikit underpower seperti pendahulunya. Unit bekasnya sudah ada banyak, tinggal dipilih. Unit bekasnya lebih murah Rp 15-20 jutaan dari unit baru sekarang.


4. HYUNDAI ATOZ 1.0 2006  - RP 65-85 JUTA


Mobil Korea ini sebelum facelift punya mesin 1.000 cc yang cukup hemat. Modelnya mungkin kurang menarik, namun untungnya sudah tersedia transmisi otomatis sehingga lebih nyaman mengarungi kemacetan.
Ia biasa dilego 65-85 jutaan. Cukup ekonomis.

5. PEUGEOT 107 2012 - RP 165 - 170 JUTA


Mobil yang baru seumur jagung ini telah muncul bekasnya. Mungkin karena pada kurang nyaman? Eksteriornya memang cantik. Namun, interior 107 sangatlah murahan untuk mobil semahal itu. Dan jangan lupa, 107 adalah model lama yang telah diluncurkan tahun 2005. Konsumsi BBM? Sangat irit. Bahkan ia hampir menjadi kampiun pada Liga Irit 2012 yang diadakan Auto Bild.

6. SMART FORTWO 2011 - RP 180-220 JUTA


Tampang imut, hanya muat dua orang. Itulah smart. Ia memberikan kebanggaan bagi pemiliknya. Banyak mata memperhatikan mobil ini saat melaju di jalan. Kabinnya cukup lega lho, bagasinya juga. Warna bodinya pun bisa diganti-ganti dengan cara mengganti panel bodi yang cuma memakan waktu 4 jam. Sayang, ia kurang enak dikemudikan.

7. SUZUKI KARIMUN 2006 - RP 80-95 JUTA


Keunggulan Karimun ini adalah kelegaan kabinnya. Bentuk bodi mengotak membuat penumpang bertubuh jangkung dapat masuk dengan nyaman. Konsumsi BBM-nya juga cukup irit. Karimun juga dapat dimodifikasi dengan aliran JDM dari Suzuki Wagon R lama.

8. SUZUKI KARIMUN ESTILO 2011 - RP 95-105 JUTA


Keunggulan Karimun yang satu ini juga konsumsi BBM. Bayangkan, 28,4 km/liter dan 19,9 km/liter untuk rute tol dan dalam kota. Mobil yang diimpor dari India ini juga punya harga bekas yang ekonomis. Jika harga baru tahun 2011 Rp 127,75 juta, maka kini tinggal 100 jutaan.


TIPS MEMBELI MOBIL BEKAS

Tidak seperti mobil baru, mobil bekas sering memiliki beberapa jenis masalah dan itu mungkin adalah penyebab kenapa pemilik sebelumnya ingin menjualnya. Jadi, untuk membuat anda lebih tenang anda bisa lihat pada tips di bawah ini:

1. Periksa garansi

Ketika anda membeli mobil bekas, sebagian besar penjual akan menyarankan Anda untuk membeli garansi hanya dalam kasus kebetulan ada masalah dengan kendaraan. Namun, ada saat-saat dimana biaya perpanjangan garansi tidak masuk akal dan karena itu anda harus berkeliling untuk memastikan  anda menerima yang terbaik.

2. Dapatkan dengan dokumen

Ketika anda membeli mobil bekas anda harus membuat sebuah poin untuk mendapatkan kesepakatan di atas kertas bersama dengan semua persyaratan dan kondisi yang diperlukan. Jika Anda gagal untuk menyelesaikannya, ada kemungkinan bahwa penjual akan mengubah ketentuan  sesuka hatinya. Hal ini tidak selalu terjadi, tapi lebih baik aman daripada menyesal.

3. Pilih mobil bagus

Ketika Anda beli mobil bekas anda mungkin sudah tahu apa yang Anda inginkan. Namun, bukan hanya model yang penting. Ada banyak mobil bekas dari model yang sama untuk penjualan dan karenanya sebelum Anda membeli Anda harus melihat beberapa dari mereka dan memilih yang terbaik.

Meskipun sebagian besar penjual ingin memberikan yang terbaik, ada beberapa yang akan mencoba dan menyingkirkan mobil terburuk pertama.


4. Cari tahu sejarah mobil 

Dalam rangka untuk memastikan bahwa mobil yang Anda cari di aman untuk dikendarai, Anda harus tahu apa sejarahnya. Meminta informasi dari penjual mengenai perbaikan, pemeliharaan, dan jasa. Jika penjual atau pemilik tidak memiliki sejarahnya ini, lupakan unit itu.

5. Cari tahu jarak tempuh. 


Sebelum membeli setiap mobil, anda mesti tahu jarak tempuh. Namun belum tentu baik untuk membeli mobil bekas dengan jarak tempuh sedikit. Jarak tempuh bisa dmundurkan. Jarak tempuh sangat sedikit juga bisa berarti teronggok di garasi tanpa terawat.


6. Test drive

Sebelum Anda membeli mobil bekas atau mobil lain dalam hal ini, akan lebih bijaksana test drive dulu. Hal ini akan memberi nuansa mobil dan Anda akan dapat memutuskan apakah Anda menyukainya atau tidak. Pengendalian dan kenyamanan adalah beberapa faktor yang paling penting untuk diingat sebelum Anda membeli mobil bekas.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar