Sponsors

Sabtu, 07 September 2013

Fortuner VNT TRD Sportivo Ver.3 vs Pajero Sport Dakar Limited 4x2


Ini adalah komparasi kedua Fortuner dan Pajero Sport di blog ini. Komparasi sebelumnya bisa dilihat disini : andra-febrian.blogspot.com/2012/12/toyota-fortuner-vnt-vs-mitsubishi.html. Beberapa waktu yang lalu Pajero Sport telah ditambah tipe Limited dengan beberapa tambahan aksesoris pemanis seperti body kit dan head unit baru. Tak mau kalah, Fortuner pun turut merilis tipe TRD Sportivo Ver. 3 yang makin garang dengan gril baru dan DRL (Daytime Running Light) LED. Penasaran dengan ubahan itu siapa yang akan menang? Simak terus komparasi ronde kedua ini.

TOYOTA FORTUNER 2.5 VNT TRD SPORTIVO VER. 3



Pada 4 September, muncullah Toyota New Fortuner khususnya tipe TRD Sportivo yang disebut toyota dengan Version 3 atau Ver. 3. Dinamakan begitu karena ini adalah tipe Fortuner TRD ketiga yang pernah beredar di Tanah Air. Pada bagian wajah kesan garang didapat dari gril baru yang dipasangi emblem 'TRD' berwarna merah. Selain itu front guard diwarnai hitam untuk memberi kesan lebih sangar. Plus, lampu DRL LED yang memberi kesan bling-bling.


Di belakang, rear guard yang tadinya berwarna silver juga diubah menjadi warna hitam. Oh ya, pada iklannya dikatakan kalau pelek TRD berwarna hitam itu hanya tersedia pada tipe 2.7 G Lux TRD Sportivo.


Pada interior, Fortuner berbahan bakar bensin mendapat warna interior baru yakni hitam. Di tipe diesel, interiornya kurang lebih sama. Hanya ditambahkan monitor di plafon yang dapat memutar DVD.


Mesinnya masih sama yaitu berteknologi VNTurbo yang menambah tenaga dan torsinya dari 102 dk dan 265 Nm menjadi 144 dk dan 350 Nm. Torsinya setara dengan Pajero Sport Dakar. Konsumsi BBM mesin ini lebih irit dibanding Pajero Sport Dakar bahkan dengan Fortuner diesel non-VNT.

MITSUBISHI PAJERO SPORT DAKAR 4X2 LIMITED



Pada 24 Mei lalu, Pajero Sport edisi spesial ini diluncurkan. Masalah tampilan, pada bagian depan lampu LED yang ditempel di lubang udara bawah memberi kesan mewah. Body kit-nya yang mirip Fortuner TRD juga membuatnya semakin elegan sekaligus sporti. Selain itu, didepan tidak ada lagi ubahan. Padahal kalau mau lebih garang, lampu depan bisa di-smoke.


Nah, dibelakang saat Pajero Sport Limited baru diluncurkan penulis mengharapkan lampu belakangnya diganti dengan yang LED atau crystal dan semacamnya. Ternyata lampu belakangnya masih serupa. Nah, body kit di bagian buritan inilah yang sangat mirip dengan Fortuner TRD.  Selain body kit, perbedaan lain di belakang cuma emblem Limited diatas tulisan Dakar.


Di dalam, head unit ditukar dengan yang berukuran 2-DIN, bermonitor dan dapat menampilkan GPS Navi dan Rear Camera alias kamera mundur. Selain itu semua, tidak ada perbedaan lainnya pada Pajero Sport edisi spesial ini.


Mesin juga masih sama persis. 2.477 cc diesel yang dapat menghasilkan 178 dk untuk tipe Dakar. Tenaga lebih besar 32 dk dari Fortuner, tapi torsi sama, 350 Nm. Tetap saja Dakar unggul di performa. 0-100 km/jam dapat ditempuh 10,90 detik, lebih cepat dari Fortuner VNT matik yang cuma 12,42 detik.


Fortuner VNT TRD Sportivo Ver.3 A/T
Pajero Sport Dakar 4x2
Mesin
2.494 cc 144 dk
2.477 cc 176 dk
Torsi
350 Nm
350 Nm
0-100 km/jam
12,42 detik
10,90 detik
Kons. BBM dalam/luar kota
11,8 km/l / 14,6 km/l
9,8 km/l / 13,2 km/l
Transmisi/Penggerak
4-speed auto/rwd
5-speed auto/rwd
Panjang x Lebar (mm)
4.705 x 1.840
4.695 x 1.815
Tinggi x Ground Clearence (mm)
1.850 x 220
1.840 x 215
Wheelbase (mm)
2.750
2.800
Radius Putar
5,9 meter
5,6 meter
Harga (juta rupiah)
Rp 432,45 juta
Rp 444 juta
























CRASH TEST

Mitsubishi Pajero Sport : ASEAN NCAP 4 / 5 stars
Toyota Fortuner : N/A


Fortuner
Pajero Sport
Harga
80
70
Performa
80
90
Pengendalian
80
75
Kenyamanan
75
75
Kepraktisan
85
75
Akomodasi
80
80
Desain Eksterior
90
85
Desain Interior
82
90
Fitur
80
90
Fun to Drive
75
75
Total
814
805

















KESIMPULAN

Fortuner kembali memenangkan komparasi ini. Harus diakui, Pajero Sport memang kuat dalam performa. Namun, Fortuner unggul di beberapa poin lainnya seperti desain eksterior yang lebih manis, lebih praktis dan lebih mudah dikendalikan.

Comments
11 Comments

11 komentar:

Sekedar share: saya beli pasport GLS 2012 akhir, kemaren ganti filter solar ternyata untuk produk semua pasport 2012 sampai sekarang, filter solarnya sama" pakai filter solar punya DAKAR"
Saya confirm ke beres ternyata untuk mengantisipasi kasus nozzle buntu filter solar semua pasport pake type pasport dakar, dan INI YANG MENGAGETKAN: "tekanan pompa common rail dinaikan menjadi 130bar, tenaga yang dulu hanya 136ps, naik menjadi 156PS (silakan di test dengan dyno keluar HP berapa)untuk semua type pajero produk 2012 yang telah menggunakan filter solar dakar
Saya dari baru sampai sekarang 10.000km menggunakan biosolar plus redline 85+ pembakaran tetap bersih,kadang juga italian purging terakhir aku genjot 180km/h belum full udah kehabisan jalan

tambahan untuk konsumsi solar jalan tol sering dikisaran 16km:1 ( bahkar pernah 17:1), klo campur tol dan kota sering dapat 12:1 kadang 13:1

Wah mantap artikelnya, ijin rewrite buat fortunernya, thk sob

Sebenarnya Pajero Sport emang tenaganya garang. tapi kok kesannya pajero ama triton sama aja..jadi kalo habis pulang kerja pake triton trus pindah ke mobil keluarga pake psd malahan serasa ngga ada yang spesial serasa masih pake triton. Kalo saya sih tetep suka frtuner untuk mobil keluarga karena tampilannya lebih ganteng dan stylish. Kalo mo buat beroffroad ria, kayaknya kok sayang bgt mobil buat keluarga juga dipake offroad, lebih baik klo mo pake offroad ya pake triton saja.
Pokoknya Allnew Grand Fortuner TRD 2013 keren dech. ngga nyesel syaa belinya.

kalau saya kerja pakai triton sebaik nya mobil keluarga saya pakai mobil MPV, kalau pakaTRD sama seperti pakai triton. ke 2 nya berbasis engine solar rasanya kurang lebih sama untuk fitur nya, so untuk keluarga saya pilih mpv

Emang sih kedua mobil ini kurang nyaman kalo buat dalam kota. Masih lebih nyaman pakai Nissan Xtrail. Tapi kalo soal tampang...masih jauh gagah TRD Ver.3 pajero kalo dari depan ngga jauh beda ama triton. Interiornya apalagi. Itu yang bikin saya males ambil pajero. Serasa ngga pindah mobil dr Triton ke pajero

Pajero Sport = Strada Triton
Fortuner = Hilux
Ford Everest = Ford Ranger

Hampir semua mid size SUV punya versi proyek, jadi naik fortuner berasa naik hilux, ps berasa strada, everest berasa ranger.

Itu sih semua orang sudah tau bro..

Sebagai SUV Pajero Sport lebih unggul ketimbang saingannya seperti fortuner atau everest, baik dari aspek stabilitas kendaraan ataupun power mesin.

Oleh karenanya hampir TIDAK ADA kalangan profesional menggunakan fortuner pada kejuaraan dibelahan dunia manapun juga (kecuali pada kejuaraan amatiran saja), sedangkan Pajero banyak digunakan profesional bidang otomotif baik di dalam dan diluar negeri.

jadi maaf saya tidak percaya sdr Andra yang katanya sih belum bisa nyetir mobil sendiri. piss andra

menurut saya psd itu enakkan nyetir sendiri, sedangkan fortuner itu enakkan pakai supir. kenapa psd lebih enak nyetir sendiri? karena di psd sudah ada paddle shift yang bisa memanjakkan pengemudi. tapi kekurangan dari psd adalah baris ketiga bukan seperti sedang duduk tapi seperti sedang jongkok dan itu agak kurang nyaman.. jadi menurut saya artikel ini harus ditambahkan menjadi psd vs gnf vnt vs hyundai santa fe... seperti yang auto bild indonesia lakukkan

Kalau saya milih Lexus aja deh

Posting Komentar