Sponsors

Rabu, 15 Mei 2013

Mobil Berpintu Geser + Tips Merawat Pintu Geser


Mobil berpintu geser memang praktis. Cara operasionalnya memang simpel. Tarik hendel, pintu pun terbuka lebar secara horizontal. Salah satu alasan memilih pintu geser di mobil berkenaan dengan kemudahan akses kabin.

Praktis aktivitas buka dan tutup, tidak membutuhkan ruang yang banyak. Sehingga memudahkan akses ketika parkir di ruang terbatas. Karena beberapa keunggulan itu, sliding door pun banyak diaplikasikan di sejumlah mobil seperti Daihatsu Luxio, Honda Freed, Nissan Serena, Nissan Evalia To­yota Alphard, dan lainnya.
Pintu Geser Hyundai H-1.
Sementara mekanisme­nya, ada yang manual dan elektrik. Model pertama, untuk aktivitas buka-tutup memanfaat tenaga manusia. Yang kedua cukup lewat remote, pintu pun terbuka dengan cara yang mewah.

Disini ada sejumlah mobil yang telah mengaplikasikan pintu belakang yang dibuka dengan digeser. Harganya pun bervariasi, dari seratus juta sampai seribu juta (satu milyar) rupiah. Bonus, tips merawat pintu geser dibawah. Cukup bicaranya, mulai dari Chery yang mengandalkan Transcar..

CHERY TRANSCAR 1.1


Mesin : 1.083 cc 74 hp
Pintu Geser : Manual
Harga : Rp 125 juta

Pesaing Gran Max yang punya versi pikap ini punya tampilan yang lebih mewah dari minibus Jepang tersebut. Bisa juga menjadi alternatif Daihatsu Luxio dan APV Arena yang lebih mahal. Masuk ke dalam, kabinnya lega dan mewah. Sayangnya, mesinnya cuma 1.100 cc yang dirasa kurang untuk minibus berbobot 1.160 kg ini.

DAIHATSU GRAN MAX MB


Mesin : 1.298 cc 86 dk
            1.497 cc 97 dk
Pintu Geser : Manual
Harga : Rp 119,5-135 juta


Walaupun murah, ia tidak se-'murahan' dari yang dibayangkan kok. Ia sudah diekspor ke Jepang sejak Februari 2008, jadi soal kualitas tidak usah terlalu ragu. Harganya ekonomis, pas buat pelaku usaha yang menginginkan kendaraan praktis dan muat banyak barang maupun orang.


DAIHATSU LUXIO


Mesin : 1.497 cc 97 dk
Pintu Geser : Manual
Harga : Rp 144,7-180,9 juta

Daihatsu mencari perhatian dengan meluncurkan Luxio tahun 2009. Versi mewah Gran Max ini dipermak di setiap sisi. Seperti interiornya yang mewah, keberadaan lampu depan-belakang Alphard wanna be serta pelek 15 inci. Per keong juga dipasang demi kenyamanan. Sayang, performa tidak ada bedanya dibanding Gran Max. Begitu pula rasa pengendaraaannya.

HONDA FREED


Mesin : 1.497 cc 118 dk
Pintu Geser : Manual dan Elektrik
Harga : Rp 213,5-265 juta


Baru saja ditambah double blower beberapa waktu lalu, satu-satunya Honda berpintu geser di Indonesia ini memang berharga lebih mahal dari pesaingnya. Namun, pintu geser elektrik di tipe S dan E tiada duanya di kelasnya. Juga fitur lain seperti captain seat yang menjadikan Freed alternatif dari Serena, Biante dan Nav1. Tenaga yang dihasilkan juga terbesar di kelasnya.

HYUNDAI H-1

Mesin :  2.359 cc 175 dk
2.497 cc 170 dk
Pintu Geser : Manual dan Elektrik
Harga : Rp 325-496,4 juta


Muat sembilan hingga selusin orang, H-1 pilihan tepat bagi keluarga yang punya banyak anggota. Banderolnya ekonomis, hanya setengah dari harga Alphard maupun Elgrand. Namun fiturnya tidak bisa dibilang minim. Captain seat dan pintu geser elektrik hadir disini. Sebelum membeli, siapkan seorang supir kalau anda emoh menyetir mobil yang panjangnya lebih dari 5 meter ini.

MAZDA BIANTE


Mesin :  1.998 cc 150 dk
Pintu Geser : Elektrik
Harga : Rp 380 juta


MPV Mazda yang hanya hadir dengan satu varian ini memang menggoda. Terutama desain. Lampu depan yang langsung menyambung ke kaca adalah gagasan yang unik dan satu-satunya di Indonesia. Mobil yang hadir hanya di Jepang dan Indonesia ini sayangnya memiliki konsumsi BBM yang katanya cukup boros. Selain desain, tidak banyak yang keren dengan mobil yang satu ini.


NISSAN ELGRAND


Mesin :  2.488 cc 180 dk
             3.498 cc 280 dk
Pintu Geser : Elektrik
Harga : Rp 795-920 juta


Memang ia tidak setenar Alphard, tapi MPV Nissan ini lebih menarik dibandingkan Alphard. Elgrand ini memiliki pengendaraan yang menyenangkan. Meski MPV besar namun saat dikendarai, anda akan terasa berada di sedan. Dua jok captain seat kulit begitu nyaman. Soal performa, Nissan membekali mesin 2.488 cc seperti pada X-Trail dan 3.498 cc V6 CVTC.

NISSAN EVALIA


Mesin :  1.498 cc 114 dk
Pintu Geser : Manual
Harga : Rp 155-192 juta



Evalia hadir dengan paras cantik yang menarik. Ditambah lagi pintu geser dan kabin luas plus harga yang cukup murah. Sayangnya kabinnya seperti mobil komersial. Begitu pula posisi mengemudinya dengan setir yang landai. Untungnya konsumsi bensinnya memuaskan.

NISSAN SERENA


Mesin :  1.997 cc 147 dk
Pintu Geser : Manual-Elektrik (tipe X) Elektrik (HWS dan Panoramic)
Harga : Rp 348-398 juta

Ia hadir dengan generasi baru dengan kode bodi C26. Pelek alloy 16 inci dan Smart Multi Center juga hadir. Mesin MR20DD dengan teknologi Dual CVTC yang dipasangkan dengan transmisi CVT cukup hemat bensin. Harga tipe X yang hanya 348 juta rupiah termurah di kelasnya. Tipe tertinggi, Panoramic yang dilengkapi atap kaca dibanderol 398 juta rupiah.

TOYOTA ALPHARD


Mesin :  2.362 cc 168 dk
             3.495 cc 273 dk
Pintu Geser : Elektrik
Harga : Rp 693,95-1.051 juta


Alphard memang memiliki ikon kemewahan. Postur tubuhnya besar namun tetap proporsional. Pintu geser besar elektrik pun terbuka dengan sentuhan di remote. Di dalam, kabin mewah menyapa. Bangku Power Ottoman di belakang memberi kemewahan dan kenyamanan. Mesin berperforma pun berputar saat dijalankan. Harga termurahnya nyaris Rp 700 juta. Kalau mau lebih eksklusif, belilah Vellfire di importir umum favorit.

TOYOTA NAV1


Mesin :  1.987 cc 155 dk
Pintu Geser : Manual dan Elektrik
Harga : Rp 381,5-401,5 juta



Nav1 dimasukkan Toyota untuk melawan Serena dan Biante. Mesin 3ZR-FAE 1.987 cc 4 silinder yang menghasilkan 155 dk irit BBM berkat teknologi VALVEMATIC yang mengatur panjang langkah buka-tutup katup masuk-buang. Bicara suspensi, ia terasa pas di jalan rusak. Atau dalam kata lain empuk yang mengorbankan pengendalian. Transmisinya menggunakan teknologi CVT 7-percepatan. Sayang harganya termahal di kelasnya.

TOYOTA PREVIA


Mesin :  2.362 cc 156 dk
Pintu Geser : Elektrik
Harga : Rp 1.017,5 juta

Walaupun tanpa publikasi, PT. Toyota Astra Motor masih menjual mobil yang bernama Estima di Jepang ini. Memiliki desain bodi yang unik, Previa dilengkapi pintu geser yang digerakkan elektrik dan captain seat. Namun, mesin 2.362 cc-nya underpower. Harganya juga sangat mahal.

VOLKSWAGEN CARAVELLE T5


Mesin :  2.469 cc 172 dk diesel
Pintu Geser : Elektrik
Harga : Rp 998-1.098 juta


MPV andalan Volkswagen ini berhasil menggebrak pasar dengan kabin lega, desain keren dan kepraktisan yang luar biasa. Misalnya interiornya bisa disulap menjadi meja rapat maupun tempat tidur. Mesin diesel bertenaga-nya dapat menghasilkan 172 dk dan mencetak konsumsi BBM hingga 14 km/l. Mobil yang berbobot lebih dari 2 ton ini diproduksi SKD (Semi-Knock Down).

TIPS MERAWAT PINTU GESER


MPV dengan pintu geser semakin banyak! Mulai dari tingkat bawah sampai premium. Untuk membukanya, ada yang masih manual, ada pula hanya tinggal pencet tombol alias "power door".

Nah, agar tetap lancar dibuka-tutup, perawatan juga harus diberikan. Berikut  arahan teknisi dari produsen mobil yang menggunakan pintu geser. Antara lain lain Banu Mustakim (Senior Manager Aftersales Technical Support Nissan Motor Indonesia), Ridwan Pujanto (Service General Manager Honda Prospect Motor) dan Iwan Abdurahman (Technical Service Division, Technical Support Department Toyota Astra Motor).
Pelumasan
Tujuannya, menjaga gerakan pintu lancar! Panduan berlaku untuk otomatis maupun manual. Bersihkan rel dari debu dan kotoran yang bisa menghambat pergerakan pintu, seret atau bahkan macet.
Caranya, bersihkan rel dengan kuas kering yang bersih. Pertama, lakukan pada rel di bodi mobil dengan pintu ditutup. Semprotkan degreaser semisal WD40 untuk melarutkan kotoran dan sisa gemuk  yang sudah kotor.
Setelah itu, usap bagian yang telah disemprot dengan lap bersih. Lumuri kembali rel dengan gemuk. Jangan terlalu banyak, tipis saja. Kalau terlalu banyak atau tebal, kotoran dan debu mudah terperangkap. Cara  yang sama juga dilakukan untuk melumasi rel di bagian bawah (dekat pijakan kaki) dan dilakukan saat pintu dibuka habis.
Perhastikan pelumasan pada bearing. Untuk ini sebaiknya serahkan ke bengkel. Minta kepada mekanik untuk memeriksa pelumasan komponen tersebut agar tetap lancar.
Beberapa hal yang harus diperhatikan agar tetap awet adalah:
Pertama, perhatikan kondisi rel pintu geser. Gunakan lap bersih yang telah disemprot cairan pembersih (pelumas semprot) untuk menghilangkan kotoran dan sisa pelumas. Bersihkan juga kalau ada daun atau benda lain yang tersangkut di rel.
Kedua, setelah rel dibersihkan, olesi rel dengan gemuk (pelumas pasta) yang mengandung paraffin. hindari gemuk yang mengandung oli-karena justru akan memudahkan debu menempel).
Ketiga, maju-mundurkan pintu beberapa kali. Bila pintu terdengar gaduh, maka bearing kurang pelumasan. Lumasilah dengan hati-hati, dan bersihkan jika menetes atau meleleh ke body.
Keempat, bersihkan pula bearing yang kontak dengan rel.
Kelima, mekanisme pintu geser dirancang agar mudah tertutup sesaat setelah handle dioperasikan. Jadi, tak perlu banyak tenaga untuk menggerakkannya. Sebaiknya, jangan terlalu sering dibanting, agar mekanisme pengait bisa berumur panjang.
Keenam, Untuk pintu otomatis, dibuka dengan menekan tombol atau menarik pegangan. Namun saat menarik, jangan diikuti dengan memaksa ke arah belakang. Juga jangan memaksa atau mempercepat laju pintu geser saat sedang aktif.
Ketujuh, Untuk manual, pintu dibuka dan ditutup tanpa hentakan. Benturan keras bisa menyebabkan pengait pintu rusak.
Kedelapan, Untuk pintu elektrik, jangan terlalu sering membuka dengan mode otomatis saat mesin mati biar aki tidak tekor.



Comments
8 Comments