Sponsors

Sabtu, 16 Agustus 2014

Kehebatan Koenigsegg Agera R


Koenigsegg adalah perusahaan mobil ternama yang didirikan oleh Christian Von Koenigsegg di Swedia pada 1993. Mungkin anda tak terbiasa mendengar dan menyebut namanya. Kira-kira penyebutannya adalah kounigzég. Perusahaan ini berkonsentrasi pada pembuatan sportscar. Produk-produk yang telah diluncurkan Koenigsegg sebelumnya adalah CC, CCX, CCR, CC8S, dan baru-baru ini Agera. Yang istimewa dari Koenigsegg Agera adalah mobil ini dinobatkan sebagai mobil tercepat di dunia. Mengalahkan Bugatti Veyron Super Sport.

Koenigsegg Agera menggunakan serat karbon sebagai bahan utama badannya. Alasannya agar mobil tersebut berbobot ringan, tetapi tetap kuat. Rangka Agera juga menggunakan serat karbon, tetapi sedikit aluminium juga ditambahkan. Agera termasuk sportscar dengan penempatan mesin mid-engined, atau berada di antara poros depan dan poros belakang. Desain tersebut dimaksudkan agar bobot mesin tersebar rata.

Dapur pacu dari Koenigsegg Agera terbilang luar biasa. Mesin dari 'hypercar' ini adalah mesin 5.0 L dengan 8-silinder dan dilengkapi dengan twin-turbocharger. Tenaganya dapat mencapai 1.100 hp pada 6900 rpm. Sedangkan torsinya dapat mencapai 1.100 Nm pada 4000 rpm. Singkatnya, mesin Agera merupakan sebuah mahakarya yang menakjubkan.

Mesin Agera R
Untuk urusan suspensi, tim desain Agera merancang suspensi belakang yang dianggap merupakan ciri khas Agera yang paling utama, yakni Triplex Rear Suspension. Dalam sistem Triplex Rear Suspension, ditambahkan sebuah sokbreker yang menghubungkan roda sebelah kiri dan roda sebelah kanan. Walaupun begitu, kedua roda belakang tetap memiliki sokbreker yang masing-masing ditanam di casis mobil. Hasilnya, kestabilan, pengendalian, dan kenyaman Agera bertambah secara cukup signifikan.

Triplex Rear Suspension
Selain semua spesifikasi diatas, Agera juga memiliki fitur-fitur kenyaman dan keamanan yang lengkap. Contohnya dual airbag, ABS braking system, power steering, kamera parkir, koneksi USB, dan masih banyak lagi. Dengan spesifikasi mentereng serta fitur-fitur tambahan yang lengkap, wajar saja jika harga yang dipatok oleh Koenigsegg sangat tinggi. Untuk memiliki satu unit Agera R, anda harus merogoh kocek sebesar US$1,52 juta atau sekitar Rp18,06 miliar. Tak heran mobil ini masuk dalam daftar mobil-mobil termahal di dunia.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar