Sponsors

Rabu, 05 Juni 2013

Menang Mana, Ertiga-VX-1 atau New Avanza-Xenia?


MAZDA VX-1, kembarannya Ertiga telah membuat kelas Small MPV semakin panas. Di saat yang hampir bersamaan Ertiga hadir dengan transmisi matik yang memudahkan di kemacetan. Di kubu lain, Avanza-Xenia baru saja menambahkan dua airbag dan penyegaran lainnya.

Dua kembaran itu akan dipertemukan disini. Mazda VX-1 R - Suzuki Ertiga GX M/T versus Daihatsu Xenia R Sporty M/T - Toyota Avanza 1.3 G M/T. Manakah yang unggul? Lihat saja.

MAZDA VX-1 R M/T



Ini dia small MPV pertama dari Mazda sepanjang masa. Tujuan utama VX-1 dibuat sebenarnya lebih untuk menambah variasi produk Mazda, bukan menambah volume penjualan. Makanya harganya cukup tinggi.

Perbedaannya pada Ertiga hanya pada tampilan, misalnya spoiler depan-samping-belakang, gril, foglamp, handle pintu krom, side moulding dan lain-lain. Didalam ada wooden panel dan jok kulit yang menambah kemewahan VX-1.


Di belakang berbeda berbeda emblem dan penempatannya, emblem Ertiga dibawah sementara Mazda memilih menempel emblem-nya di samping lampu mundur. Selain itu ada muffler cutter di knalpot.



Sayang, di VX-1 hanya ada varian transmisi manual. Padahal dengan semua kemewahannya ini ia lebih pantas mengadopsi transmisi otomatis saja. Seperti yang sudah disebutkan tadi, jok kulit telah menjadi standar. Begitu pula wooden panel yang elegan.

Dengan segala kemewahannya, apakah VX-1 akan unggul, atau kalah dengan harga tingginya?

SUZUKI ERTIGA GX DOUBLE BLOWER M/T



Suzuki baru saja mempersenjatai Ertiga dengan transmisi otomatis yang disambut baik oleh konsumen. Tapi biar adil dengan VX-1 yang tidak punya varian matik, disini dipakai transmisi manual. Ertiga terlihat lebih polos dari VX-1 yang ditempeli sejumlah aksesori.


Desain buritan elegan nan mewah. Oh ya, Ertiga lebih panjang dari Avanza-Xenia.



Selain Ac double blowernya, tidak ada yang berubah dari Ertiga DB. Tetap berwarna beige dan abu-abu, dengan jok fabric. Seperti VX-1 R, pada Ertiga GX ada tpmbol multifungsi di setir yang tidak ada pada Xenia dan Avanza non-Veloz.

Unggul manakah, VX-1 yang mewah atau Ertiga?

DAIHATSU XENIA 1.3 R SPORTY M/T


Xenia X-tra aman dan X-tra nyaman. Itulah slogan terbaru dari Xenia yang baru menambah keamanan dan keamanannya untuk tetap eksis dihadapan pesaingnya yang terus bermunculan. Ditambah pula beberapa perubahan kosmetik di interior.


Tampilannya tetap sporti seperti namanya. Front dan rear bumper guard yang berdesain keren itu tidak berubah dan tetap menempel pada bumper Xenia.


Didalam, desain setir berubah. Bila dipikir-pikir, mirip desain setir Daihatsu Ayla yang memang sudah dilengkapi airbag. Sayang belum ada tombol audio di setir seperti saingannya dari Mazda dan Suzuki. 

Ada juga penambahan warna silver pada dasbor bagian tengah. Kini Xenia telah dilengkapi MID. Xenia juga menebalkan busa jok, menambah headrest di baris ketiga serta memberi seatbelt di semua bangku.

Dengan ubahannya, apakah Xenia bisa menang?

TOYOTA AVANZA 1.3 G A/T


Seperti Xenia, Avanza juga ikutan menambah dual airbag di kabinnya dan menebalkan busa jok. Namun ubahannya memang tidak sebanyak Xenia. Diluar tidak ada ubahan, tetap dinamis walau sudah membosankan.


Aslinya Avanza G berpenmpilan seperti ni. Namun di beberapa dealer mereka menambahkan rear bumper guard dan aksen krom diatas plat nomor.

Ups, gambar transmisinya salah

Seperti disebutkan tadi, di interior semua varian New Avanza telah dilengkapi fitur keselamatan yaitu dual airbagfront seatbelt pretensioner/force limiterdriver seatbelt warningsliding brake pedal dan knee bolster bagi pengemudi. Bagi penumpang belakang Avanza baru kini dilengkapi headrest jok dengan saddle type.



Mazda VX-1 R M/T
Suzuki Ertiga GX M/T
Daihatsu Xenia R  M/T Sporty
Toyota Avanza 1.3 G M/T
Harga
Rp 191 juta
Rp 174,8 juta
Rp 163,8 juta
Rp 170,5 juta
Mesin
1.373 cc  95dk 130Nm
1.373 cc  95dk 130Nm
1.298 cc 92dk 122 Nm
1.298 cc 92dk 122 Nm
Transmisi
Manual 5-speed-FWD
Manual 5-speed-FWD
Manual 5-speed-RWD
Manual 5-speed-RWD
Dimensi PxLxT
4265x1695x1685 mm
4265x1695x1685 mm
4140x1660x1695 mm
4140x1660x1695 mm
Wheelbase
2740 mm
2740 mm
2655 mm
2655 mm
Ground Clearence
185 mm
185 mm
200 mm
200 mm
Ukuran ban
185/65 R15
185/65 R15
185/70 R14
185/70 R14
0-100 km/jam
10,62 detik
10,62 detik
12,65 detik
12,65 detik
Kons.BBM kota/tol
14,5/18 km/l
14,5/18 km/l
12,1/16,6 km/l
12,1/16,6 km/l



VX-1
Ertiga
Xenia
Avanza
Harga
70
80
90
85
Performa
90
90
80
80
Pengendalian
80
80
70
70
Kenyamanan
85
85
85
85
Kepraktisan
78
78
81
81
Desain Eksterior
80
76
76
74
Desain Interior
84
82
84
81
Fitur
89
87
91
85
Akomodasi
82
82
85
85
Konsumsi BBM
90
90
85
85
Fun to Drive
82
82
70
70
Total
910
   912
897
881

1 SUZUKI ERTIGA GX DB A/T



+ Fun to drive, kenyamanan, pengendalian
- Kepraktisan, pilihan mesin
2 MAZDA VX-1 R M/T




+ Aksesori, fun to drive, performa
- Harga, tidak ada matik, pilihan mesin

3 DAIHATSU XENIA 1.3 R SPORTY M/T




+ Fitur, harga, kepraktisan
- Fun to drive, pengendalian
4 TOYOTA AVANZA 1.3 G A/T


+ Kepraktisan, akomodasi
- Desain, performa, fun to drive

KESIMPULAN

Ertiga unggul dua poin dari VX-1. Ertiga bisa menang karena performa dan konsumsi bahan bakarnya yang unggul dari Avanza-Xenia. Selain itu harganya lebih ekonomis dari VX-1. Di kubu lain, Xenia menang dari Avanza akibat fitur, performa dan desain lebih manis akibat beberapa aksesori tambahan seperti VX-1. Selain itu performa dan efisiensinya juga lebih baik mengingat disini Xenia mengadopsi transmisi manual.

Comments
6 Comments

6 komentar:

kriteria fun to drive itu apa saja ya? thks

Kriteria fun to drive itu handling bagus, mesin bertenaga, posisi duduk baik dan mudah diatur dan sebagainya

Ertiga itu cuma cocok di kota2,kalau di indonesia timur,mati aja pakai mobil mirip sedan kyk ertiga,groundnya rendah,fwd yg gak kuat nanjak,gak lama paling gardan depannya ambrul,jauh dah dari xenia yg harganya murah tapi nyaman dipakai,kalo mau fun to drive ya beli crv,atau xtrail,kasian jg si suzuki bikin produk gak ada yg laku,cuman mengharap dr ertiga aja

Posting Komentar