Bayangkan jenis berbeda dari sports car, kecil, ringan, dengan mesin paling pelit minum bahan bakar. Tidak cepat, tapi XL1 diasah bukan untuk kecepatan tetapi untuk mencapai konsumsi BBM hingga 113 km/l. Volkswagen mengklaim inilah mobil teririt didunia! Mobil ini memperhatikan seluruh aspek untuk mengurangi XL1 meminum BBM.
Misalnya aerodinamika yang sangat baik dengan coefficient drag hingga 0,18. Sebagai perbandingan VW Golf terbaru hanya 0,27. Hal itu dapat dilakukan karena salah satunya roda belakang ditutup sehingga minim hambatan. Lalu bobot yang hanya 795 kg yang salah satu penyebabnya adalah XL1 menggunakan serat karbon diperkuat plastik untuk panel bodi dan alumunium buat rangka.
XL1 adalah hasil pengembangan dari dua model awal. Model pertama dibuat tahun 2002 disebut 1-Litre atau One Litre yang memakai mesin diesel berkapasitas 300 cc dengan tenaga 7,9 dk. Dimensinya lebih mungil, seperti panjangnya yang 3.470 mm lebih pendek 318 mm dari XL1.
Model kedua berlanjut pada 2009 dengan nama L1. Bentuk masih mirip, cuma lebih panjang menjadi 3.813 mm, tapi lebarnya yang 1.200 mm masih lebih kecil sama 1-Litre yang 1.250 mm. Teknologinya beda, yang satu ini mengusung Hybrid plug-in. Jadi, mesin diesel berkapasitas 800 cc 38,5 dk yang berkolaborasi dengan motor listrik 13,4 dk.
Dari depan ia memang terlihat keren, tapi tunggu dulu sampai anda melihat buritannya..
Entah apakah keren atau terlalu norak atau bagaimana, tapi semua itu untuk mengejar desain yang aerodinamis. Karena mesin ditempatkan di belakang, disediakan perangkap udara di kiri-kanan buritan untuk memasok udara untuk sebuah mesin konvensional diesel 800 cc dua silinder, 46,3 dk yang didukung pula oleh motor listrik 26,6 dk. Mengadopsi transmisi 7-speed kopling ganda. Oh ya, baterai listrik ditempatkan di balik kap mesin. Kemampuan baterai menjalankan mobil sampai 49,8 km.
XL1 dapat mengakomodasi dua orang saja, pastinya untuk menghemat solar. Setirnya 'gepeng' di bagian bawah, tujuannya biar handling lebih enak.
Menurut VW, XL1 cuma membutuhkan 7,9 dk untuk membuatnya melesat 100 km/jam dengan akselerasi 0-100 km/jam dalam 12,7 detik dan kecepatan maksimum 160 km/h. Tangki mobil ini dapat memuat 10 liter bahan bakar, sekali isi dapat menempuh jarak hingga 1.130 km. Wow.
Namun, sejumlah jurnalis diberi kesempatan menjajal kebolehan mobil ini di Jerman termasuk menghitung konsumsi BBM aslinya. Hasilnya, rata-rata konsumsi BBM XL1 hanya 68 km/l. Walau jauh dari klaim pabrikan, hampir hanya separuhnya, namun tetap dinilai bagus. Masalahnya tidak bisa disebut sebagai super-irit!
VW akan memproduksi XL1 hanya 1.000 unit pada tahun ini, 2013. Kenapa ya, padahal mobil seperti ini kalau berharga kompetitif bakal disukai banyak orang, karena dompet mereka tetap terjaga tebal. Selain itu desainnya cantik dan futuristik. XL1 sepertinya tidak bakal masuk Indonesia.
SPESIFIKASI
Mesin: 800 cc direct-injection 2-cylinder TDI turbodiesel
Motor listrik: 26,6 dk motor listrik
Tenaga Maksimum: 68 dk; 139,5 Nm
Baterai: 5,5 kW-H lithium-ion
Transmisi: 7-speed DSG auto-manual; RWD
Konsumsi BBM: lebih dari 111 km/l
Kapasitas tangki: 10 liter
Jangkauan baterai: kira-kira 50 km
Sekali isi solar dapat menempuh: Lebih dari 1.130 km
Berat kotor: 795 kg
Coefficient Drag (Cd): 0.189
Tenaga Maksimum: 68 dk; 139,5 Nm
Baterai: 5,5 kW-H lithium-ion
Transmisi: 7-speed DSG auto-manual; RWD
Konsumsi BBM: lebih dari 111 km/l
Kapasitas tangki: 10 liter
Jangkauan baterai: kira-kira 50 km
Sekali isi solar dapat menempuh: Lebih dari 1.130 km
Berat kotor: 795 kg
Coefficient Drag (Cd): 0.189
0-100 km/jam: 12,7 detik
Harga: Rp 500-590 juta (estimasi)
Tanggal Peluncuran: akhir 2013 (Jerman dan Austria)
Tanggal Peluncuran: akhir 2013 (Jerman dan Austria)