Sponsors

Kamis, 27 Juni 2013

Samsung Juga Bisa Bikin Mobil


Samsung di dunia teknologi membuat banyak hal. Gadget seperti handphone, kamera, komputer, ada juga televisi, mesin cuci dan lain-lain. Bahkan Samsung telah membuat mobil sejak lama, melalui perusahaan patungan Renault Samsung Motors atau RSM. Mereka telah jualan mobil sejak 1998 dengan Renault Samsung SM5 dan SQ5. Beginilah sejarahnya diambil dari Wikipedia dengan pengubahan :

Pada awal 1990 Chairman Samsung Kun Hee Lee mengakui industri otomotif sebagai puncak dari beberapa industri lainnya. Dia awalnya mencoba untuk mengambil kendali Kia, tapi persaingan dari penawar lain dan pembatasan hukum membuat ide itu gagal. Produsen mobil itu akhirnya dibeli oleh Hyundai.

RSM QM5 2011
Lee memutuskan untuk membuat sebuah produsen mobil baru, Samsung Motors (juga dikenal sebagai SMI) dan produsen truk, Samsung Commercial Vehicles Co, Ltd atau Samseong Sangyongcha Jusikoesa, yang terakhir Samsung Heavy Industries dengan dukungan Nissan Diesel. SMI didirikan pada tahun 1994 berbasis Samsung Commercial Vehicles di tahun 1996. Sayangnya untuk tak lama setelah SMI mulai beroperasi krisis keuangan menimpa Asia. Akhirnya ia mengajukan kebangkrutan pada akhir tahun 2000.

Ditambah dengan kasih sayang pribadinya untuk mobil, mimpi Lee membangun SMI sebagai kekuatan global mulai diwujudkan dengan bantuan teknis dari Nissan. Sejak tahun 1998 Renault Samsung Motors telah menjual mobil di Chile ketika perusahaan memperkenalkan SQ5 (kini SM5). Pada 2013, Chile adalah satu-satunya negara yang menjual RSM selain Korea sendiri.

Logo Renault Samsung.


RSM SM5 generasi pertama 1998-2005

Kebanyakan mobil RSM adalah hasil re-badge dari Nissan atau Renault. Seperti SM3 baru yang berbasis Renault Fluence. Oh ya, penjualannya juga tidak buruk. Pada tahun 2012 65.691 unit RSM berhasil terjual.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar