Senin, 17 Juni 2013

Captiva vs CR-V vs Sorento vs Grand Vitara


SUV adalah salah satu favorit konsumen Indonesia. Makanya tak heran 25 pabrikan di Indonesia menjual spesies jenis SUV. Bahkan ada yang hanya menjual SUV, yaitu Jeep. Nah, kelas Medium SUV 2.3-2.5 liter diramaikan oleh Sorento yang hadir April lalu. Sebelum itu, Grand Vitara pada Desember disegarkan dengan beberapa perubahan. September 2012 generasi terbaru CR-V digelontorkan. Satu lagi Captiva yang disegarkan tahun 2011. Siapakah yang akan menang diantara mereka? Kita lihat mulai dari Captiva..

CHEVROLET CAPTIVA SS 2.4L A/T



Captiva adalah tulang punggung Chevrolet Indonesia sebelum Spin dihadrirkan di Tanah Air. Makanya, Chevrolet membekali Captiva dengan beragam keunggulan yang memikat hati konsumen. Seperti tampilan sporti, mesin bertenaga, muat tujuh penumpang, kursi baris kedua dan ketiga bisa dilipat rata, kaca belakang yang bisa dibuka terpisah dari pintu, dan pengait ISOFIX bagi Anda yang bepergian bersama balita. Kepraktisan Captiva memang tak usah diragukan lagi, sudah setara dengan MPV.

Warna Pearl White lebih mahal Rp 6 juta

Di belakang sejak 2007 belum banyak perubahan. Oh ya, yang ingin meminang Captiva berkelir Pearl White harus menambah ekstra Rp 6 juta. Di belahan dunia lain, Captiva telah mengalami facelift lagi, salah satunya pada penyematan lampu belakang LED. Belum ada kabar kapan Captiva Facelift akan hadir di Indonesia.


Di dalam, tersaji dasbor futuristik yang penuh dengan aksen silver dan tombol-tombol. Sedangkan untuk fitur, disediakan rem parkir elektrik. Cukup tarik tuas kecil di konsol tengah, maka rem akan berfungsi tanpa menyita banyak tenaga Anda. Fitur lainnya seperti sensor parkir, airbag, atau on-board computer siap menemani anda.


Mesin berkapasitas 2.384 cc dapat menghasilkan tenaga hingga 171 dk dan torsi 225 Nm dan dapat melesatkan Captiva yang berbobot 1,77 ton dari 0-100 km/jam dalam 10,9 detik. Performa itu cukup impresif.

HONDA CR-V 2.4 A/T


Diabnding generasi sebelumnya, CR-V lebih dinamis dan futuristis. Namun dimensinya menciut sekitar beberapa sentimeter. Sejak generasi ketiga, desain CR-V selalu mendatangkan kontroversi. Saat itu karena letak airdam yang persis dibawah gril yang tidak lazim. Kini desain buritan yang mengundang perdebatan karena lengkungan anehnya. Namun desainer Honda berhasil mempertahankan ciri khas mobil ini.

Desainnya kontroversial

Seperti tadi disebutkan tadi, desain belakang CR-V cukup aneh karena lengkungan yang tidak lazimya. Ada sumber dari Honda yang mengatakan desain buritan Brio MPV akan mirip seperti ini. Apa akan menyebabkan pro-kontra lagi? Namun terlepas dari itu semua buritan CR-V terlihat lebih segar dari sebelumnya. Namun sayang sensor parkir dan kamera mundur absen di CR-V 2.4 standar dan hanya hadir di varian Prestige yang lebih mahal Rp 19 juta.


CR-V generasi ketiga kerap dikeluhkan pemiliknya akibat bisingnya suara dari ban. Kini di All New CR-V kebisingan dieliminasi. Audionya kini terintegrasi dan mobil ini sudah dilengkapi sistem MID mirip Civic terbaru. Sehingga desain dasbor CR-V kini lebih terlihat sporti dan modern. Sayang beberapa panel plastik di pintu terlihat kurang berkualitas. 

Untuk menyalakan mesin cukup pencet tombol merah di sebelah kiri setir, dan mesin 2.354 cc CR-V akan meraung. CR-V memang hanya dapat menampung 5 penumpang, namun disediakan opsi kursi baris ketiga seperti Rush.



Mesin 2.354 cc tenaganya meningkat menjadi 190 dk, dan memiliki torsi 222 Nm. Laju 0-100 km/jam tuntas dalam 10,4 detik, dan pada akselerasi pertengahan sama sekali tak terasa kesan mesin bekerja keras. Semuanya berlangsung halus. Bila ingin lebih agresif, Anda bisa menggunakan fitur baru paddle shift di kolom setir.

KIA SORENTO 2.4 A/T


Harusnya melihat dari dimensi, Sorento sekelas dengan Fortuner, Pajero Sport dkk. Namun mesin bensin mebuatnya dapat ikut ke kelas ini. Seperti Captiva, Sorento dapat memuat 7 penumpang sekaligus. 

Keunggulan satu-satunya kontestan asal Korea ini adalah fitur yang melimpah. Tengok saja panoramic roof. Anda bisa memilih sekadar melihat pemandangan lebih luas atau menikmati desiran angin dengan menekan tombol panoramic roof. Atau auto AC dual zone.

Unik dan eye-catching
Memang tampilannya tidak secantik Sportage. Namun bila disandingan dengan mobil Eropa macam BMW X3, Sorento kelihatan mirip dengan mobil yang harganya nyaris tiga kali lipat Sorento itu. Lampu belakangnya berdesain unik, dipadu pula dengan reflektor persegi panjang di bumper khas Kia.


Di kabin, tidak perlu khawatir soal kenyamanan. Sorento hadir dengan auto AC alias climate control dual zone. Fitur ini memungkinkan Anda dan penumpang mengatur temperatur yang berbeda sesuai yang diinginkan. Belum lagi hiburan sistem audio dan koneksi internet yang memungkinkan aktivitas Anda di kabin tetap terjaga. Ada juga seperti yang disebut tadi, panoramic roof yang membuat anda dapat menikmati sinar mentari dari dalam mobil.


Untuk performa, Kia mempercayai mesin 2.349 cc DOHC Dual VVT yang mampu menghasilkan 174 dk. Akselerasi 0–100 km/jam mampu ditempuh dalam tempo 11,56 detik. Kia juga membekali All New Sorento dengan fitur Eco Drive. Cukup tekan tombol Eco Drive dekat konsol tengah dan pastikan lampu hijau pada panel monitor. Kehematan 12,7 km/l dapat diraih Sorento lewat jalan bebas hambatan.

SUZUKI GRAND VITARA 2.4 A/T


Generasi Grand Vitara telah hadir sejak 2006 dan akhir tahun lalu Grand Vitara melakukan facelift kecil untuk yang kedua kalinya. Sedikit memberi perlawanan, namun belum cukup hingga Suzuki meluncurkan generasi barunya. 

Ubahan yang dilakukan tergolong kecil. Hanya menyegarkan desain gril, lampu depan, bumper depan, pelek, tambahan tulisan ‘Suzuki’ cover ban serep dan detail kecil. Interior juga tidak banyak berubah.

Tidak banyak ubahan
Di Jepang Grand Vitara telah menanggalkan ban serep di pintu bagasi. Namun tidak untuk pasar Indonesia. Malah seperti disebut tadi, cover ban serep ditambah tulisan 'Suzuki' yang menambah kesan gagah. Ground clearance ting­gi dan bantingan suspen­si empuk membuat Grand Vitara enak untuk diajak jalan jauh. Sayang itu membuat Grand Vitara limbung.


Interior juga tidak banyak berubah. Perbedaan cuma di head unit. Grand Vitara sekarang memakai head unit 2-DIN monitor touch-screen. Head unit ini bisa memutar cakram DVD, VCD, menangkap siaran televisi dan memutar file musik berformat MP3. Selain itu, Grand Vitara tetap 5-seater dengan corak kabin hitam.


Mesin berkapasitas 2.393 cc dapat memuntahkan (hoekk..) 166 dk pada 6.000 rpm dan 225 Nm pada 5.000 rpm. Dapat melesatkan Grand Vitara dari 0-100 km/jam dalam 11,2 detik, sekaligus memiliki tenaga yang terlemah di sini. Untuk konsumsi BBM di rute dalam kota pencapai­an terbaiknya hanya 7,9 km/l dengan kecepatan rata-rata 23 km/jam. Sementara saat melaju tol Grand Vitara cuma bisa dapat 11,6 km/l.

CHEVROLET CAPTIVA
HONDA CR-V
KIA SORENTO
SUZUKI GRAND VITARA
Harga on-the-road
Rp 346 juta
Rp 352 juta (Pearl White)
Rp 404 juta
Rp 378 juta
Rp 337,5 juta

Panjang/wheelbase
4.673 mm/2.707 mm
4.545 mm/2.620 mm
4.685 mm/2.700 mm
4.500 mm/2.640 mm

Lebar/tinggi
1.849 mm/1.756 mm
1.820 mm/1.685 mm
1.885 mm/1.700 mm
1.810/1.683 mm

Ground clearance
197 mm
170 mm
185 mm
193 mm

Mesin/kapasitas
4 inline/2.384 cc
4 inline/2.354 cc
4 inline/2.349 cc
4 inline/2.393 cc

Tenaga maksimum
171 dk/6.400 rpm
190 dk/7.000 rpm
174 dk/6.000 rpm
166 dk/6.000 rpm

Torsi maksimum
225 Nm/4.800 rpm
222 Nm/4.400 rpm
225 Nm/3.750 rpm
225 Nm/4.000 Nm

Transmisi
6-speed auto/fwd
5-speed auto/fwd
6-speed auto/fwd
4-speed auto/rwd

Kapasitas tangki/ban serep
65 liter/full size
58 liter/full size
66 liter/full size
66 liter/full size

Bobot
1.770 kg
1.530 kg
1.587 kg
1.587 kg

0-100 km/jam
10,93 detik
10,40 detik
11,56 detik
11,20 detik

Kapasitas penumpang
7 penumpang
5 penumpang (standar)
7 penumpang (opsi)
7 penumpang
5 penumpang


Pengereman 100-0 km/jam
44,1 meter
42,1 meter
51,02 meter
47,03 meter

Konsumsi bbm kota/tol
8,1/10,6 km/l
8,0/12,4 km/l
8,2/12,7 km/l
7,9/11,6 km/l



Captiva
CR-V
Sorento
G Vitara
Harga
85
70
80
90
Performa
85
90
85
80
Pengendalian
80
85
75
75
Kenyamanan
85
85
85
80
Konsumsi BBM
72
73
75
70
Kepraktisan
90
85
85
75
Akomodasi
85
85
85
80
Desain Eksterior
85
85
85
80
Desain Interior
90
90
85
80
Fitur
90
90
95
85
Fun to Drive
85
90
80
80
Total
932
928
915
875

1. CHEVROLET CAPTIVA










+ Kepraktisan, fitur, desain interior
- Konsumsi BBM, generasi usang

2. HONDA CR-V

+ Performa, pengereman, fun to drive
- Harga, tidak ada bantuan parkir

3. KIA SORENTO


+ Fitur, panoramic roof, koneksi internet
- Pengereman, akselerasi

4. SUZUKI GRAND VITARA








+ Harga, bantingan empuk
- Generasi usang, tidak ada opsi 7-seater

KESIMPULAN


Tanpa sengaja sama sekali susunan peringkat sama dengan judul dan gambar teratas. Tanpa disengaja sama sekali. Jadi, Chevrolet Captiva dengan poin rata-rata 84,72 unggul beberapa diantaranya karena kepraktisannya. 

Bila tidak ada poin kepraktisan, CR-V yang memiliki nilai rata-rata 84,36 yang akan menang. Desain memukau, kecuali buritannya, fitur cukup lengkap, kecuali bantuan parkir, dan fun to drive yang tinggi membantunya meraih posisi kedua. 

Sorento dengan nilai rata-rata 83,18 merangsek ke posisi ketiga. Fitur premium belum bisa membantunya menjadi juara.

Suzuki dengan Grand Vitara-nya harus puas berada di posisi keempat dengan poin rata-rata 79,54.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar