SUV adalah salah satu favorit konsumen Indonesia. Makanya tak heran 25 pabrikan di Indonesia menjual spesies jenis SUV. Bahkan ada yang hanya menjual SUV, yaitu Jeep. Nah, kelas Medium SUV 2.3-2.5 liter diramaikan oleh Sorento yang hadir April lalu. Sebelum itu, Grand Vitara pada Desember disegarkan dengan beberapa perubahan. September 2012 generasi terbaru CR-V digelontorkan. Satu lagi Captiva yang disegarkan tahun 2011. Siapakah yang akan menang diantara mereka? Kita lihat mulai dari Captiva..
CHEVROLET CAPTIVA SS 2.4L A/T
Captiva adalah tulang punggung Chevrolet Indonesia sebelum Spin dihadrirkan di Tanah Air. Makanya, Chevrolet membekali Captiva dengan beragam keunggulan yang memikat hati konsumen. Seperti tampilan sporti, mesin bertenaga, muat tujuh penumpang, kursi baris kedua dan ketiga bisa dilipat rata, kaca belakang yang bisa dibuka terpisah dari pintu, dan pengait ISOFIX bagi Anda yang bepergian bersama balita. Kepraktisan Captiva memang tak usah diragukan lagi, sudah setara dengan MPV.
Warna Pearl White lebih mahal Rp 6 juta |
Di belakang sejak 2007 belum banyak perubahan. Oh ya, yang ingin meminang Captiva berkelir Pearl White harus menambah ekstra Rp 6 juta. Di belahan dunia lain, Captiva telah mengalami facelift lagi, salah satunya pada penyematan lampu belakang LED. Belum ada kabar kapan Captiva Facelift akan hadir di Indonesia.
Di dalam, tersaji dasbor futuristik yang penuh dengan aksen silver dan tombol-tombol. Sedangkan untuk fitur, disediakan rem parkir elektrik. Cukup tarik tuas kecil di konsol tengah, maka rem akan berfungsi tanpa menyita banyak tenaga Anda. Fitur lainnya seperti sensor parkir, airbag, atau on-board computer siap menemani anda.
Mesin berkapasitas 2.384 cc dapat menghasilkan tenaga hingga 171 dk dan torsi 225 Nm dan dapat melesatkan Captiva yang berbobot 1,77 ton dari 0-100 km/jam dalam 10,9 detik. Performa itu cukup impresif.
HONDA CR-V 2.4 A/T
Desainnya kontroversial |
Seperti tadi disebutkan tadi, desain belakang CR-V cukup aneh karena lengkungan yang tidak lazimya. Ada sumber dari Honda yang mengatakan desain buritan Brio MPV akan mirip seperti ini. Apa akan menyebabkan pro-kontra lagi? Namun terlepas dari itu semua buritan CR-V terlihat lebih segar dari sebelumnya. Namun sayang sensor parkir dan kamera mundur absen di CR-V 2.4 standar dan hanya hadir di varian Prestige yang lebih mahal Rp 19 juta.
CR-V generasi ketiga kerap dikeluhkan pemiliknya akibat bisingnya suara dari ban. Kini di All New CR-V kebisingan dieliminasi. Audionya kini terintegrasi dan mobil ini sudah dilengkapi sistem MID mirip Civic terbaru. Sehingga desain dasbor CR-V kini lebih terlihat sporti dan modern. Sayang beberapa panel plastik di pintu terlihat kurang berkualitas.
Untuk menyalakan mesin cukup pencet tombol merah di sebelah kiri setir, dan mesin 2.354 cc CR-V akan meraung. CR-V memang hanya dapat menampung 5 penumpang, namun disediakan opsi kursi baris ketiga seperti Rush.
Mesin 2.354 cc tenaganya meningkat menjadi 190 dk, dan memiliki torsi 222 Nm. Laju 0-100 km/jam tuntas dalam 10,4 detik, dan pada akselerasi pertengahan sama sekali tak terasa kesan mesin bekerja keras. Semuanya berlangsung halus. Bila ingin lebih agresif, Anda bisa menggunakan fitur baru paddle shift di kolom setir.
KIA SORENTO 2.4 A/T
Harusnya melihat dari dimensi, Sorento sekelas dengan Fortuner, Pajero Sport dkk. Namun mesin bensin mebuatnya dapat ikut ke kelas ini. Seperti Captiva, Sorento dapat memuat 7 penumpang sekaligus.
Keunggulan satu-satunya kontestan asal Korea ini adalah fitur yang melimpah. Tengok saja panoramic roof. Anda bisa memilih sekadar melihat pemandangan lebih luas atau menikmati desiran angin dengan menekan tombol panoramic roof. Atau auto AC dual zone.
Unik dan eye-catching |
Memang tampilannya tidak secantik Sportage. Namun bila disandingan dengan mobil Eropa macam BMW X3, Sorento kelihatan mirip dengan mobil yang harganya nyaris tiga kali lipat Sorento itu. Lampu belakangnya berdesain unik, dipadu pula dengan reflektor persegi panjang di bumper khas Kia.
Di kabin, tidak perlu khawatir soal kenyamanan. Sorento hadir dengan auto AC alias climate control dual zone. Fitur ini memungkinkan Anda dan penumpang mengatur temperatur yang berbeda sesuai yang diinginkan. Belum lagi hiburan sistem audio dan koneksi internet yang memungkinkan aktivitas Anda di kabin tetap terjaga. Ada juga seperti yang disebut tadi, panoramic roof yang membuat anda dapat menikmati sinar mentari dari dalam mobil.
SUZUKI GRAND VITARA 2.4 A/T
Generasi Grand Vitara telah hadir sejak 2006 dan akhir tahun lalu Grand Vitara melakukan facelift kecil untuk yang kedua kalinya. Sedikit memberi perlawanan, namun belum cukup hingga Suzuki meluncurkan generasi barunya.
Ubahan yang dilakukan tergolong kecil. Hanya menyegarkan desain gril, lampu depan, bumper depan, pelek, tambahan tulisan ‘Suzuki’ cover ban serep dan detail kecil. Interior juga tidak banyak berubah.
Tidak banyak ubahan |
Di Jepang Grand Vitara telah menanggalkan ban serep di pintu bagasi. Namun tidak untuk pasar Indonesia. Malah seperti disebut tadi, cover ban serep ditambah tulisan 'Suzuki' yang menambah kesan gagah. Ground clearance tinggi dan bantingan suspensi empuk membuat Grand Vitara enak untuk diajak jalan jauh. Sayang itu membuat Grand Vitara limbung.
Interior juga tidak banyak berubah. Perbedaan cuma di head unit. Grand Vitara sekarang memakai head unit 2-DIN monitor touch-screen. Head unit ini bisa memutar cakram DVD, VCD, menangkap siaran televisi dan memutar file musik berformat MP3. Selain itu, Grand Vitara tetap 5-seater dengan corak kabin hitam.
Mesin berkapasitas 2.393 cc dapat memuntahkan (hoekk..) 166 dk pada 6.000 rpm dan 225 Nm pada 5.000 rpm. Dapat melesatkan Grand Vitara dari 0-100 km/jam dalam 11,2 detik, sekaligus memiliki tenaga yang terlemah di sini. Untuk konsumsi BBM di rute dalam kota pencapaian terbaiknya hanya 7,9 km/l dengan kecepatan rata-rata 23 km/jam. Sementara saat melaju tol Grand Vitara cuma bisa dapat 11,6 km/l.
CHEVROLET
CAPTIVA
|
HONDA
CR-V
|
KIA
SORENTO
|
SUZUKI
GRAND VITARA
|
||
Harga on-the-road
|
Rp 346 juta
Rp 352 juta (Pearl White)
|
Rp 404 juta
|
Rp 378 juta
|
Rp 337,5 juta
|
|
Panjang/wheelbase
|
4.673
mm/2.707 mm
|
4.545
mm/2.620 mm
|
4.685
mm/2.700 mm
|
4.500
mm/2.640 mm
|
|
Lebar/tinggi
|
1.849 mm/1.756 mm
|
1.820 mm/1.685 mm
|
1.885 mm/1.700 mm
|
1.810/1.683 mm
|
|
Ground clearance
|
197
mm
|
170
mm
|
185
mm
|
193
mm
|
|
Mesin/kapasitas
|
4 inline/2.384 cc
|
4 inline/2.354 cc
|
4 inline/2.349 cc
|
4 inline/2.393 cc
|
|
Tenaga maksimum
|
171
dk/6.400 rpm
|
190
dk/7.000 rpm
|
174
dk/6.000 rpm
|
166
dk/6.000 rpm
|
|
Torsi maksimum
|
225 Nm/4.800 rpm
|
222 Nm/4.400 rpm
|
225 Nm/3.750 rpm
|
225 Nm/4.000 Nm
|
|
Transmisi
|
6-speed
auto/fwd
|
5-speed
auto/fwd
|
6-speed
auto/fwd
|
4-speed
auto/rwd
|
|
Kapasitas tangki/ban serep
|
65 liter/full size
|
58 liter/full size
|
66 liter/full size
|
66 liter/full size
|
|
Bobot
|
1.770
kg
|
1.530
kg
|
1.587
kg
|
1.587
kg
|
|
0-100 km/jam
|
10,93 detik
|
10,40 detik
|
11,56 detik
|
11,20 detik
|
|
Kapasitas penumpang
|
7
penumpang
|
5
penumpang (standar)
7
penumpang (opsi)
|
7
penumpang
|
5
penumpang
|
|
Pengereman 100-0 km/jam
|
44,1 meter
|
42,1 meter
|
51,02 meter
|
47,03 meter
|
|
Konsumsi bbm kota/tol
|
8,1/10,6
km/l
|
8,0/12,4
km/l
|
8,2/12,7
km/l
|
7,9/11,6
km/l
|
|
Captiva
|
CR-V
|
Sorento
|
G Vitara
|
Harga
|
85
|
70
|
80
|
90
|
Performa
|
85
|
90
|
85
|
80
|
Pengendalian
|
80
|
85
|
75
|
75
|
Kenyamanan
|
85
|
85
|
85
|
80
|
Konsumsi BBM
|
72
|
73
|
75
|
70
|
Kepraktisan
|
90
|
85
|
85
|
75
|
Akomodasi
|
85
|
85
|
85
|
80
|
Desain Eksterior
|
85
|
85
|
85
|
80
|
Desain Interior
|
90
|
90
|
85
|
80
|
Fitur
|
90
|
90
|
95
|
85
|
Fun to Drive
|
85
|
90
|
80
|
80
|
Total
|
932
|
928
|
915
|
875
|
1. CHEVROLET CAPTIVA
+ Kepraktisan, fitur, desain interior
- Konsumsi BBM, generasi usang
2. HONDA CR-V
+ Performa, pengereman, fun to drive
- Harga, tidak ada bantuan parkir
3. KIA SORENTO
+ Fitur, panoramic roof, koneksi internet
- Pengereman, akselerasi
4. SUZUKI GRAND VITARA
+ Harga, bantingan empuk
- Generasi usang, tidak ada opsi 7-seater
KESIMPULAN
Tanpa sengaja sama sekali susunan peringkat sama dengan judul dan gambar teratas. Tanpa disengaja sama sekali. Jadi, Chevrolet Captiva dengan poin rata-rata 84,72 unggul beberapa diantaranya karena kepraktisannya.
Bila tidak ada poin kepraktisan, CR-V yang memiliki nilai rata-rata 84,36 yang akan menang. Desain memukau, kecuali buritannya, fitur cukup lengkap, kecuali bantuan parkir, dan fun to drive yang tinggi membantunya meraih posisi kedua.
Sorento dengan nilai rata-rata 83,18 merangsek ke posisi ketiga. Fitur premium belum bisa membantunya menjadi juara.
Suzuki dengan Grand Vitara-nya harus puas berada di posisi keempat dengan poin rata-rata 79,54.