Mudik Idul Fitri saat artikel ini ditulis sudah dekat, sekitar 1,5 bulan lagi. Nah, bagi yang ingin mencari mobil untuk mudik, sebaiknya jauh-jauh hari agar tidak kehabisan dan untuk mobil bekas harganya bakal melonjak.
Nah disini akan membahas mobil yang pas buat mudik ke kampung halaman. Biasanya sih muat banyak orang atau barang dan irit bahan bakar. Apa saja pilihannya? Disini akan disajikan mobil baru maupun mobil bekas yang diminati untuk mudik.
TOYOTA AVANZA
Tahun : 2004-baru
Harga bekas : Rp 90-170 juta
Harga baru : Rp 155,55-190 juta
Sampai saat ini belum ada mobil yang mampu yang mengalahkan ‘duet maut’ Toyota Avanza-Daihatsu Xenia dalam hal penjualan. Sejak pertama kali diperkenalkan pada Desember 2003, duet ini langsung disambut antusias oleh konsumen. Hal itu berlanjut pada animo Avanza seken. Bahkan pernah harga Avanza seken lebih mahal sekitar 2-3 persen dibanding saat baru. Nah, saat-saat sebelum mudik ini juga bisa membat harga Avanza naik.
Mengenai harga, Avanza dimulai dari harga Rp 90 jutaan (1.3 E M/T 2004) hingga Rp 190 juta (Veloz A/T baru). Tinggal disesuaikan sesuai budget yang tersedia. Kalau anda beruntung, ada juga yang melego Avanza 2004 tipe E dibawah Rp 90 juta.
DAIHATSU XENIA
DAIHATSU XENIA
Tahun : 2004-baru
Harga bekas : Rp 70-165 juta
Harga baru : Rp 133,1-185,8 juta
Xenia kini memiliki varian yang lebih melimpah dari Avanza. Paket hemat hingga paket sporti, ada semua. Mesin juga bisa pilih pahe 989 cc atau 1.298 cc. Di varian tertentu, fitur Xenia juga lebih lengkap.
Namun itu sekarang. Saat pertama diluncurkan, Xenia kurang menarik dan penjualannya kalah jauh dengan kembarannya. Masalah harga, ada yang melego Xenia Rp 60 juta hingga Rp 185 juta untuk unit baru. Sekali lagi, tinggal disesuaikan dengan isi tabungan.
Xenia kini memiliki varian yang lebih melimpah dari Avanza. Paket hemat hingga paket sporti, ada semua. Mesin juga bisa pilih pahe 989 cc atau 1.298 cc. Di varian tertentu, fitur Xenia juga lebih lengkap.
Namun itu sekarang. Saat pertama diluncurkan, Xenia kurang menarik dan penjualannya kalah jauh dengan kembarannya. Masalah harga, ada yang melego Xenia Rp 60 juta hingga Rp 185 juta untuk unit baru. Sekali lagi, tinggal disesuaikan dengan isi tabungan.
Tahun : 2004-baru
Harga bekas : Rp 110-270 juta
Harga baru : Rp 201,75-312,75 juta
Seperti Avanza, Kijang Innova juga merupakan pilihan yang diminati konsumen Indonesia. Kijang Innova lebih lega dari Avanza. Cuma konsekuensinya Kijang Innova lebih haus BBM dari Avanza. Selain itu Kijang Innova juga lebih mahal. Namun itu bukan masalah bagi yang memiliki budget cukup.
Rentang harganya sangat lebar, mulai dari varian E 2004 seharga Rp 110 jutaan, hingga Grand New Kijang Innova 2.5 V matik baru yang dibanderol Rp 312,75 juta on-the road Jakarta. Lagi-lagi, tinggal disesuaikan dengan kantong Anda.
SUZUKI APV
Tahun : 2004-baru
Harga bekas : Rp 70-140 juta
Harga baru : Rp 135,5-192,5 juta
APV juga diminati karena meski dimensinya khususnya panjangnya tidak terlalu besar, namun di dalam kabinnya sangat luas. Bahkan bisa diisi 11 orang untuk tipe face-to-face. Kalau butuh bagasi besar, tinggal lipat bangkunya. Nah karena itu, APV sangat cocok buat pulang kampung.
Resale value APV tidak sebaik Avanza, namun tidak bisa dibilang buruk. Contohnya APV Luxury 2011 baru berkisar Rp 180 jutaan, kini harga sekennya sekitar Rp 140 jutaan.
NISSAN GRAND LIVINA
NISSAN GRAND LIVINA
Tahun : 2007-baru
Harga bekas : Rp 120-170 juta
Harga baru : Rp 179-260,5 juta
Sejak 2007, Grand Livina dikenal sebagai mobil keluarga yang praktis. Bahkan sekitar 7 bulan setelah peluncurannya, Grand Livina langsung merebut gelar Car of The Year 2007 versi Auto Bild Indonesia. Keunggulan yang jarang dipunyai rivalnya adalah jok baris 2 dan 3 dapat dilipat rata. Selain itu bodi landai membuat mobil 7 penumpang trsebut bisa bermanuver dengan mudah dan stabil di jalan tol.
Buat mudik, Grand Livina cocok. Oh ya, perlu diketahui, resale value Grand Livina berbeda-beda antar tipe. Misalnya tipe 1.5 SV 2007 saat baru diluncurkan dibanderol Rp 138,5 juta, kini berada di kisaran 120-130 juta rupiah. Namun karena kurang diminati, tipe 1.8 HWS 2011 pada saat baru sekitar Rp 240 jutaan, kini harga sekennya tinggal Rp 165 jutaan.
SUZUKI ERTIGA
Tahun : 2012-baru
Harga bekas : Rp 135-155 juta
Harga baru : Rp 146-185,8 juta
Ertiga masih tergolong mobil baru. Namun unit bekasnya sudah cukup banyak mengingat banyaknya pengguna Ertiga. Dua kelemahannya saat itu, yaitu tanpa AC double blower dan transmisi matik. Kini kelemahan itu telah diperbaiki Suzuki dengan meluncurkan Ertiga double blower dan Ertiga matik.
Namun untuk Ertiga double blower saat artikel ini ditulis lebih sulit ditemui daripada Ertiga single blower. Apalagi Ertiga matik. Kalau mau Ertiga matik sebaiknya beli yang baru.
HONDA FREED
Tahun : 2009-baru
Harga bekas : Rp 180-240 juta
Harga baru : Rp 213,5-265 juta
Baru saja ditambah double blower beberapa waktu lalu, satu-satunya Honda berpintu geser di Indonesia ini memang berharga lebih mahal dari pesaingnya. Namun, pintu geser elektrik di tipe S dan E tiada duanya di kelasnya. Tenaga yang dihasilkan juga terbesar diantara MPV 1.500 cc lain.
Seperti Ertiga, versi double blower Freed juga sulit ditemui di pasar mobil bekas. Namun kabar baik, harga Freed anjlok dalam waktu singkat. Itu membuat anda bisa lebih mudah menimangnya.
NISSAN SERENA
Tahun : 2004-baru
Harga bekas : Rp 120-300 juta
Harga baru : Rp 348-398 juta
Saat Serena C24 diluncurkan pada 2004, ia langsung menjadi bintang. Tengok saja fitur-fitur yang mirip Alphard, namun dibanderol hanya sepertiganya. Namun sayangnya itu dinodai dengan kualitas interior yang murahan.
Lima tahun kemudian, ia diproduksi di Cikampek, Jawa Barat. Nah, akhirnya 9 tahun setelah Serena C24 dirilis, Serena C26 pun hadir di Indonesia. Ia pun dapat menumbangkan kedua kompetitornya (NAV1 dan Biante) dalam hal penjualan.
Rentang harganya sangatlah lebar, dari Rp 120 jutaan hingga nyaris Rp 400 juta untuk tipe tertinggi Serena baru. Tinggal disesuaikan dengan tebalnya kantong Anda.
HYUNDAI TRAJET
Tahun : 2000-2009
Harga bekas : Rp 65-150 juta
Harga baru : -
Sebenarnya Trajet telah dihentikan produksinya sejak 2008. Namun masih ada stok jadi ada yang 2009. Trajet memiliki dua pilihan mesin yaitu 2.000 cc dan 2.700 cc. Ia bersaing dengan Kijang pada 2000-2004 dan Kijang Innova, namun penjualannya jelas kalah jauh. Namun saat itu Trajet masih lebih canggih dari Kijang Kapsul sehingga Trajet masih bisa bertahan lama.
Trajet kurang baik dalam hal depresiasi. Namun itu membuat harganya rendah sehingga lebih murah untuk dibeli.