Kelas crossover atau small SUV terbagi menjadi dua, yang 5-seater dan yang 7-seater. Kini yang 5-seater akan dikomparasikan. Pesertanya ialah Nissan Juke, peraih Car of The Year 2011 versi Auto Bild dan mobilmotor, Suzuki SX4 atau dikenal pula dengan nama X-Over yang memenangkan Car of The Year 2008 juga versi Auto Bild, dan Toyota Rush, kembaran Daihatsu Terios. Konsep ketiga mobil ini cukup berbeda. Cukup bicaranya, simak saja siapa yang akan menang.
NISSAN JUKE RX CVT
Berawal dari mobil konsep Nissan Qazana, ternyata versi produksinya, Juke tidak banyak berubah dari konsepnya. Jadilah ia mobil yang nyeleneh. Lihat saja gril besar yang dipadu dengan lampu besar bulat yang unik. Sedangkan lampu kecil dan sein dipasang di samping kap mesin. Lalu foglamp yang berposisi tersembunyi dibawah bumper. Ada juga spakbor gembung yang menambah gagah penampilan Juke. Hal itu menjadikannya mobil kontroversial. Ada yang bilang aneh, ada juga yang berpendapat Juke keren dan unik. Menurut Anda?
Berlanjut ke belakang yang menyajikan desain landai dan lampu yang bergaya 370Z. Sayang belum dilengkapi spoiler seperti milik Juke Red Edition. Oh ya, hendel pintu belakang yang ditempatkan persis di sebelah jendela bisa membuat kagok orang yang belum pernah naik Juke.
Kesan unik juga terjadi di kabin dengan konsol tengah yang mengkilap seperti bodinya. Head unit-nya mampu memutar USB, iPod, Bluetooth maupun Micro SD Card. Namun tidak dapat memutar CD. Di belakang akomodasinya cukup sempit. Pastikan dulu apakah anda terganggu dengan hal itu atau tidak sebelum membeli.
Mesin Juke berkapasitas 1.498 cc bertenaga 114 dk dan memiliki torsi maksimum 150 Nm berteknologi dual injector yang menaikkan tenaga mesin namun mengurangi konsumsi BBM. Di dalam kota ia dapat meraih 14,1 km/l dan di jalan tol 20 km/l. Sebuah nilai plus bagi Juke.
POIN UTAMA
Desain
Desain Juke paling mengesankan dalam komparasi ini dibanding rivalnya yang menganut desain konservatif.
Performa
Performanya juga terbaik di komparasi ini. Ia dapat menyemburkan 114 dk dan 150 Nm yang disalurkan lewat transmisi CVT yang halus. Konsumsi BBM-nya juga memukau.
Head Unit bermonitor
Juke adalah satu-satunya yang mengadopsi head unit bermonitor. Apalagi ia mampu memutar USB, iPod, Bluetooth maupun Micro SD Card.
SX4 pernah berjaya di kelas ini sejak tahun 2007 dimana ia masih diimpor utuh hingga 2010, saat Suzuki menyegarkan SX4 untuk terakhir kalinya. Kabarnya tak lama lagi generasi baru SX4 akan segera hadir. SX4 adalah yang berdimensi terkecil disini. Namun desainnya lebih gagah dibanding Juke yang lebih ke sportscar dan Rush yang dekat dengan MPV.
Desain kaca belakang yang menyambung dengan kaca kecil mirip dengan milik Rush. Seperti Rush juga, roof rail telah menjadi standar. Kalau mau lebih gahar, pilih varian RC1 yang telah mengadopsi twin muffler cutter, spoiler dan lampu LED menjadi standar.
Pada kabinnya, sistem audio berkualitas di atas rata-rata siap membuat nyaman perjalanan Anda. Posisi mengemudi SX4 juga ergonomis dengan semua tombol berada dalam jangkauan tangan sehingga memudahkan pengoperasian. Semakin enak karena ada tombol pengontrol audio di setir. Hanya saja pilar A yang tebal yang merupakan 'trademark' dari SX4 dan Neo Baleno menyulitkan saat belok kanan.
POIN UTAMA
Suspensi
Suspensi independen MacPherson Strut (depan) dan torsion beam (belakang) menarik saat disetting agak tinggi sesuai karakter crossover. Bantingannya agak keras namun masih dalam batas toleransi.
Audio
Kehadiran slot aux-in dan speaker midbass di tengah dasbor menambah keunggulan audio SX4. Alunan suara yang dihasilkan 4 speaker dan 4 tweeter pun menjadi berkualitas.
Kepraktisan
Sebagian besar pengoperasian di kabin praktis dan mudah dijangkau. Tombol audio di setir dan panel on-board computer dan temperatur ada di panel utama cukup memudahkan.
TOYOTA RUSH S A/T
Pelopor small SUV ini soal penjualan paling berkuasa di komparasi ini. Namun, terlaris bukan berarti terbaik. Desain Rush seperti SX4 memang sudah tidak segar, namun buktinya Rush tetap eksis di pasar otomotif Indonesia. Rush adalah satu-satunya kontestan di sini yang dapat dirombak menjadi 7-seater. Ia juga satu-satunya yang memiliki AC double blower.
Body kit yang gagah membedakannya dengan Terios Adventure yang desain body kit-nya lebih polos. Ban serep berdiameter 16 inci masih melekat di pintu belakang Rush yang dibuka ke samping. Padahal kompetitornya tidak menggantung ban cadangan mereka di pintu bagasi. Oh ya, di samping kap mesin ada spion kecil yang menambah visibilitas pengemudi.
Dasbornya berdesain mengotak berwarna beige. Tempat duduk baik bagian depan maupun baris kedua lumayan lega. Jika ingin menambah jok baris ketiga seperti Daihatsu Terios, dudukannya sudah disiapkan. Termasuk tersedianya cup holder dan AC double blower. Namun ruang yang tersedia terlalu sempit dan hanya cocok untuk anak-anak.
Mesin yang digunakan mirip dengan Avanza Veloz, Daihatsu Gran Max 1.5 dan Luxio. Namun output tenaga yang dihasilkan berbeda-beda. Rush 109 dk, Veloz 104 dk, Gran Max dan Luxio 97 dk. Mesin ini dapat mendapat konsumsi BBM hingga 13,8 km/l di jalan tol dan 11,3 km/l pada rute kombinasi.
POIN UTAMA
Aksesori
Kenyamanan
Aksesori
Rush tipe S dibekali seabrek aksesori demi mempercantik penampilannya. Seperti over fender, body kit, ring foglamp, spoiler atap, roof rail, side moulding hingga spion kecil dekat kap mesin.
Keluhan konsumen tentang kerasnya suspensi Rush telah diperbaiki pada model terbaru. Kenyamanan berkendara pun membaik sehingga Rush ini pun lebih asyik untuk diajak pelesir.
Akomodasi
Dimensi yang besar membuat kabinnya sangat lapang dan menyediakan akomodasi luas. Apalagi dengan format 5-seater yang membuat bagasi dapat menampung bawaan lebih banyak lagi.
SUZUKI SX4 A/T
|
TOYOTA RUSH S
|
NISSAN JUKE RX CVT
|
|
Harga on-the-road
|
Rp 221,5 juta
|
Rp 225,95 juta
|
Rp 256,8 juta
|
Panjang/wheelbase
|
4.135
mm/2.500 mm
|
4.405
mm/2.685 mm
|
4.135
mm/ 2.530 mm
|
Lebar/tinggi
|
1.755 mm/1.605 mm
|
1.745 mm/1.740 mm
|
1.765 mm/1.565 mm
|
Ground clearance
|
175
mm
|
200
mm
|
175
mm
|
Mesin/kapasitas
|
4 inline/1.490 cc
|
4 inline/1.495 cc
|
4 inline/1.498 cc
|
Tenaga maksimum
|
100
dk/6.000 rpm
|
109
dk/6.000 rpm
|
114
dk/6.000 rpm
|
Torsi maksimum
|
133 Nm/4.000 rpm
|
145 Nm/4.400 rpm
|
150 Nm/4.000 rpm
|
Transmisi
|
4-spd
auto/fwd
|
4-spd
auto/rwd
|
Xtronic
CVT/fwd
|
Kapasitas tangki/ban serep
|
50 liter/space saver
|
45 liter/full size
|
52 liter/space saver
|
Bobot
|
1.210
kg
|
1.200
kg
|
1.333
kg
|
0-100 km/jam
|
12,50 detik
|
14,69 detik
|
11,10 detik
|
Konsumsi bbm tol/kombinasi
|
16,5/10,5
km/l
|
13,8/11,3
km/l
|
20,0/14,1
km/l
|
BACK SEAT DRIVER
Siapakah yang akan masuk ke kelas ini?
Ford memastikan akan memaskkan EcoSport ke Indonesia sekitar saat IIMS 2013 atau 2014. Sementara kehadiran Chevrolet Trax di Tanah Air konon masih sebatas gosip.
Kapan SX4 terbaru dipasarkan di Indonesia?
Meski belum dapat dipastikan, SX4 generasi kedua gosipnya akan hadir pada akhir tahun 2013 atau tahun depan. Bukan tidak mungkin Suzuki meluncurkan SX4 baru pada IIMS 2013.
SX4
|
Rush
|
Juke
|
|
Harga
|
90
|
88
|
70
|
Performa
|
80
|
70
|
90
|
Pengendalian
|
90
|
75
|
85
|
Kenyamanan
|
80
|
85
|
80
|
Konsumsi BBM
|
85
|
80
|
95
|
Akomodasi
|
80
|
90
|
75
|
Desain Eksterior
|
85
|
80
|
90
|
Desain Interior
|
80
|
75
|
90
|
Fitur
|
85
|
80
|
90
|
Fun to Drive
|
90
|
75
|
85
|
Total
|
845
|
798
|
850
|
1. NISSAN JUKE
+ Desain, head unit monitor, transmisi CVT, konsumsi BBM
- Harga mahal, akomodasi baris kedua, bagasi kecil
2. SUZUKI SX4
+ Pengendalian, performa mesin, audio, kelengkapan fitur
- Pilar A tebal, bangku belakang tegak, akan berganti model
3. TOYOTA RUSH
+ Suspensi lembut, kemampuan jelajah, fitur kenyamanan
- Limbung, performa mesin, desain usang
+ Pengendalian, performa mesin, audio, kelengkapan fitur
- Pilar A tebal, bangku belakang tegak, akan berganti model
3. TOYOTA RUSH
+ Suspensi lembut, kemampuan jelajah, fitur kenyamanan
- Limbung, performa mesin, desain usang
KESIMPULAN
Yang terbaru di kelas ini, Nissan Juke unggul dalam komparasi ini. Sejak menjadi konsep dengan nama Qazana, ia mengundang decak kagum karena desain futuristiknya, fitur melimpah dan teknologi canggih. Kemenangan Juke di komparasi ini tidak dapat diragukan lagi, karena ia telah meraih titel Car of The Year Indonesia versi majalah Auto Bild dan mobilmotor.
Dari segi harga dan pengendalian, Suzuki tetap menjadi yang terbaik. Begitu pula dengan performa mesinnya yang mengadopsi 1.500 cc yang telah dilengkapi katup variabel dengan penggerak depan sehingga performa pada on-road menjadi lebih baik. Namun generasi terbaru telah diluncurkan di belahan dunia lain, sehingga SX4 ini menjadi terasa usang.
Sedangkan Toyota Rush lebih memprioritaskan kepada kebutuhan sebagai mobil keluarga yang tangguh. Apalagi kolaborasi Toyota–Daihatsu membuat Rush terlihat begitu fleksibel untuk menjadi sebuah mobil keluarga 7-seater. Dan penggerak belakang membuat kemampuan jelajah menjadi lebih baik, meski sedikit menghambat performa secara keseluruhan.