Sponsors

Kamis, 27 Juni 2013

Mobil Kembar di Indonesia

Mobil yang sangat mirip namun berbeda merek sudah cukup lazim. Nah, dalam perkembangannya merancang mobil yang sama namun berbeda merek akan lebih menghemat biaya R&D (Research & Development). Tak heran kalau merek yang berkolaboasi dan melahirkan mobil kembar cukup popular di dunia. Bagaimana kalau di Indonesia? Inilah beberapa mobil kembar di Indonesia yang masih dan belum dijual.

1. Toyota 86 - Subaru BRZ



Sports car Rp 600 jutaan yang diluncurkan tahun lalu ini memang berbagi sasis, bodi, mesin dan lain-lain. Mesin boxer 1.998 cc adalah sumbangan dari Subaru. Bedanya dari mereka adalah bumper dan beberapa detail lainnya. Rasa mengemudinya sama, karena tidak banyak perbedaan yang terjadi dari kembar Jepang ini. Oh ya, mereka juga punya kembaran dari Scion, yaitu FR-S.

2. Toyota Avanza - Daihatsu Xenia



Ini yang paling populer. Sejak Desember 2003, mereka telah merengkuh kesuksesan di kancah otomotif Indonesia. Avanza memiliki pilihan mesin 1.298 cc dan 1.495 cc, Xenia memilih memakai mesin 989 cc dan 1.298 cc. Mereka kini mempunyai 25 varian yang bisa dipilih sesuai budget dan selera. Mesin kecil 1.000 cc, monggo... Performa baik, pilih yang Avanza Veloz. Gosipnya, kembaran ini akan digempur duet Suzuki-Mazda, melalui Ertiga dan VX-1. Avanza-Xenia juga bisa goyah melalui kehadiran Chevrolet Spin, Honda Brio MPV maupun All New Kia Carens 1.6. Akankah mereka bertahan?

3. Toyota Rush - Daihatsu Terios



Tiga tahun setelah kehadiran Avanza-Xenia, Toyota dan Daihatsu kembali bersolek dengan memperkenalkan penerus Daihatsu Taruna, yaitu Rush dan Terios. Tampilannya mirip, namun Rush lebih gagah dan Terios dapat muat dua orang lagi dibanding Toyota Rush. Di Malaysia, ia diperkenalkan dengan nama Perodua Nautica, namun kini Nautica sudah tidak lagi ditawarkan oleh Perodua.

3. Astra Toyota Agya - Astra Daihatsu Ayla



Duet yang belum dipasarkan ini merupakan kolaborasi ketiga dari Toyota dan Daihatsu. Bedanya, kini mereka menyelipkan nama Astra pada nama mobilnya. Perhatikan logo depan. Tidak lagi logo prinsipal mereka, namun di Agya bergambar garuda dan pada Ayla terpampang logo mirip bentuk 'A'. Nah, mereka menunggu peraturan LCGC agar harganya dapat turun 10 jutaan rupiah. Padahal, sampai tulisan ini ditulis LCGC belum jelas rimbanya.

4. Suzuki Ertiga-Mazda VX-1














Kalau salah satu kembar identik dipasarkan di Indonesia namun kembarannya lain belum mendarat di Indonesia? Oh, banyak!

1. Daihatsu Gran Max-Toyota Town Ace / Lite Ace
2. Daihatsu Sirion-Perodua Myvi-Toyota Passo
3. Daihatsu Xenia-FAW Jilin
4. Mitsubishi Lancer EX-Proton Inspira
5. Nissan Evalia (NV200)-Mitsubishi Delica D:3
6. Nissan March-Renault Pulse
7. Peugeot 107-Citroen C1
8. Proton Gen2-Youngman Europestar
9. Suzuki Splash-Vauxhall Agila
10. Toyota Camry-Daihatsu Altis

* Definisi mobil kembar disini adalah bodinya sama, namun merek dan beberapa detail lainnya berbeda. Jadi mobil yang berbagi basis (contoh : Ford Fiesta-Mazda 2) tidak dianggap mobil kembar. Suzuki Splash-Maruti Suzuki Ritz juga tidak dikelompokkan sebagai mobil kembar, karena masih ada nama Suzuki-nya. Mereka hanya berbeda nama saja, belum dianggap berbeda merek. Mobil yang menjiplak juga bukan mobil kembar, seperti Chery QQ dengan Chevrolet Spark 2004.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar