Selasa, 16 Juli 2013

Datsun GO, Calon LCGC


Nissan baru saja memperkenalkan mobil murah barunya yang bermerek Datsun, GO, di New Delhi, India (15/7). Mobil kandidat LCGC (Low Cost Green Car) dijadwalkan untuk mulai dijual di India dan Indonesia mulai awal tahun depan.

Nama Datsun GO, dengan nama kode K2, terinspirasi dari Datsun pertama, yang merupakan DAT-GO yang diluncurkan hampir satu abad yang lalu di Jepang. DAT-GO disebut pula DAT-Car. DAT berasal dari tiga inisial nama depan investor perusahaan tersebut. DAT juga memiliki singkatan Durable, Attractive dan Trustworthy. Kini Datsun memiliki arti yang berbeda. Yaitu Dream, Access dan Trust.

Datsun GO baru akan dilengkapi dengan mesin 1.2 liter, dan bakal dipasangkan dengan transmisi manual lima kecepatan.


City car yang menggunakan basis Nissan Micra/March berdimensi 3.785 mm, lebar 1.635 mm dan tinggi 1.485 mm, dengan wheelbase 2.450 mm. Datsun mengatakan bahwa mobil ini lega dan nyaman untuk kelima penumpangnya, salah satu alasanya karena tipisnya jok yang menghemat tempat.


Spesifikasi yang sebenarnya belum dipublikasikan, tapi Datsun mengatakan GO akan memiliki Docking Station Mobile untuk menghubungkan pengemudi dengan smartphone-nya. Fitur ini termasuk streaming musik melalui sistem audio mobil dari smartphone.

Datsun GO 05

Masalah harga Datsun GO dihargai di bawah 400.000 rupee (Rp 67 juta). Datsun GO dirakit di salah satu pabrik Renault-Nissan di Oragadam, Chennai, India. Lalu, untuk di Indonesia berapa harga yang akan ditawarkan Datsun?


General Manager Marketing & Communication Strategy, PT Nissan Motor Indonesia Indrie Hadiwidjaja mengatakan, "Kalau kata regulasi pemerintah soal LCGC itu harga off the roadnya sekitar Rp 95 jutaan. Jadi Datsun di Indonesia harganya kurang lebih seperti itu," ungkapnya, dikutip dari detikOto.

Datsun GO 11


Perkenalan Datsun GO untuk India direncanakan akan diikuti oleh perkenalan beberapa model Datsun, yang pertama adalah tahun depan. Target pasar selain dari India adalah Indonesia, Rusia dan Afrika Selatan. Nissan berharap untuk menjual sekitar 150.000 hingga 200.000 Datsun di India setiap tahunnya.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar