Sponsors

Jumat, 29 November 2013

52 Serba Pertama (Part 1)



Berkaitan dengan ulang tahun blog ini, kami memutuskan untuk membuat post spesial yang mencerminkan ulang tahun kami. Karena kami berulang tahun pertama, kami pun bakal membuat post tentang serba pertama tentang otomotif khususnya mobil. Agar mempresentasikan usia blog ini yakni 52 pekan, jumlahnya pun dibuat 52. Apa saja? Mulai dari mobil pertama di dunia.

1. Mobil pertama di dunia


Sejarah otomotif, 10 kejadian pertama dunia otomotif, mobil pertama di dunia
Motorwagen 1885
Tahun 1885, Karl Benz membangun Motorwagen, sebuah kendaraan yang pertama kali dianggap sebagai mobil yang bermesin empat langkah dengan bahan bakar bensin. Benz juga merupakan penemu dari komponen mobil seperti pengapian mobil, busi, sistem transmisi mobil, radiator air dan karburator. Walaupun pada saat yang bersamaan Gottlieb Daimler yang berpasangan dengan Wilhelm Maybach juga telah berhasil membuat mobil berbahan bakar bensin tapi Benz terlebih dahulu menyelesaikan penemuan bersejarah ini dan mematenkan mobil karyanya pada 1886. (asal-usul.com)

2. Plat nomor mobil pertama

Ilustrasi.
Plat nomor kendaraan pertama kali diperkenalkan di Perancis oleh Kepolisian Kota Paris pada 14 Agustus 1893 dalam sebuah peraturan yang berbunyi: “Setiap kendaraan bermotor harus memasang sebuah plat besi yang mencantumkan nama dan alamat pemilik kendaraan, serta nomor khusus. Plat besi ini dipasang di sisi kiri mobil dan harus jelas terlihat.” Pada 30 September 1901, peraturan bersejarah ini diterapkan di seluruh Perancis. (asal-usul.com)

3. Pencurian mobil pertama

Sejarah otomotif, 10 kejadian pertama dunia otomotif, Peugeot 1896, mobil pertama yang dicuri
Model mobil Peugeot 1896 yang dicuri.
Kasus pencurian kendaraan bermotor pertama kali terjadi di Paris, Perancis pada Juni 1896. Ketika itu, mobil Peugeot milik Baron de Zuylen dicuri oleh montir di bengkel tempat servis kendaraan langganannya. Karena saat itu jumlah mobil mungkin masih bisa dihitung dengan jari, maka tak lama kemudian mobil beserta pencurinya berhasil dibekuk. Di zaman itu pencurian mobil mungkin dianggap nekat karena dulu mobil sangat langka. (asal-usul.com)

4. Wiper pertama pada mobil

Ilustrasi.
Ternyata wiper pertama dioperasikan dengan tangan! Entah pengemudi atau penumpangkah yang memutar engkol untuk membuat wiper bekerja. Mary Anderson dari New York dianugerahi paten pada tahun 1903 untuk perangkat pembersih jendela mobil. Setelah penemuan itu dilindungi oleh hak paten, ia mencoba meyakinkan beberapa perusahaan untuk memproduksinya. Tak ada yang tertarik, jadi Mary menempatkan patennya di dalam laci dan akhirnya kadaluwarsa.

Dengan atap tertutup yang umumnya tersedia pada tahun 20-an, mobil-mobil dilengkapi dengan pintu berjendela untuk melindungi penumpang dari cuaca buruk dan debu. Sejak 1916, wiper menggantikan pembersih biasa. (ideafinder.com)

5. Kecelakaan maut pertama

Sejarah otomotif, 10 kejadian pertama dunia otomotif, benz 1896, mobil yang memakan korban jiwa pertama
Mobil model Benz 1896 yang merenggut nyawa orang pertama kali.
Entah sudah berapa banyak nyawa melayang akibat kecelakaan kendaraan bermotor. Pada 17 Agustus 1896, Bridget Driscoll of Croydon sedang menyeberangi jalan di Crystal Palace, London. Tak disangka, muncul mobil Roger-Benz berkecepatan 6,4 km/jam yang dikendarai Arthur Edsell. Malang bagi Briscoll, karena panik dia hanya terpaku diam di tengah jalan dan brakkk…!!! nyawa Driscoll melayang dan ini tercatat sebagai kecelakaan maut kendaraan bermotor pertama di dunia. (asal-usul.com)

6. Lampu dan rambu lalu lintas pertama

Lampu lalu lintas (traffic light) pertama kali diperkenalkan di Inggris pada 10 Desember 1868 yang dipasang Kepolisian Kota London di dekat gedung parlemen Inggris. Tujuan pemasangan dimaksudkan untuk memudahkan para anggota parlemen yang akan memasuki gedung kantornya. Lampu lalu lintas ini berbentuk serupa lentera yang terdiri dari dua tanda warna: merah dan hijau. Sayang penggunaan lampu lalu lintas ini tidak begitu populer dan banyak dicibir masyarakat Inggris. Lampu tersebut adalah lampu lalu lintas satu-satunya di Inggris sampai tahun 1872. Sejak itu, traffic light ditiadakan dan baru diperkenalkan kembali di Inggris 50 tahun kemudian. (asal-usul.com)
Sejarah otomotif, 10 kejadian pertama dunia otomotif, rambu lalin pertama, traffic light pertama
Model rambu lalu lintas pertama yang masih digunakan hingga saat ini.
- Rambu lalu lintas pertama dipasang di Inggris pada Desember 1879. Rambu yang dipasang oleh Komunitas Sepeda Inggris ini berbentuk plat besi yang dipancang di tiang kayu ditulisi peringatan: “Kepada para pengendara sepeda: Bukit ini berbahaya”. Tahun 1901, rambu lalu lintas khusus untuk pengendara mobil dipasang di Gloucester, Inggris. Rambu lalu lintas pertama berstandar internasional berbentuk plat besi segitiga dibuat di Perancis pada 1909. (asal-usul.com)

7. Balapan mobil pertama

Sejarah otomotif, 10 kejadian pertama dunia otomotif, balapan mobil pertama, juara balap mobil pertama
Mobil Peugeot 3 tenaga kuda yang jadi juara balap mobil pertama di dunia.
Tahun 1894, majalah Le Petit Journal menyelenggarakan Competition for Horeseless Carriages (lomba kendaraan yang tidak ditarik kuda). Lomba ini adalah lomba balapan mobil pertama di dunia. Para peserta lomba terlebih dulu mengikuti kualifikasi awal sejauh 50 km, setelah itu dilanjutkan lomba utama yang berjarak 127 km. Bendera startdikibarkan di kota Paris dan finish di Kota Rouen di Perancis. Para kontestan berasal dari produsen mobil yang serius seperti PeugeotPanhard atau De Dion hingga amatiran dan hanya 25 mobil yang lolos kualifikasi. Jules-Albert de Dion menjadi yang pertama finish di Rouen dengan catatan waktu 6 jam 48 menit dengan kecepatan rata-rata 19 km/jam. Dia finish 3 menit 30 detik di depan Georges Lemaître (Peugeot), diikuti Doriot (Peugeot) dengan waktu lebih 16 menit 30 detik, René Panhard (Panhard) 33 menit 30 detik lebih lambat dan Émile Levassor (Panhard) 55 menit 30 detik lebih lambat. Namun yang diakui sebagai pemenang resmi adalah Peugeot dan Panhard yang dinilai berdasarkan karakteristik mereka dalam kecepatan, handling dan keselamatan. (asal-usul.com)

8. SPBU pertama

Sejarah otomotif, 10 kejadian pertama dunia otomotif, SPBU pertama di dunia, SPBU berkanopi pertama di dunia
SPBU pertama di dunia.
SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Untuk Umum) pertama di dunia didirikan oleh perusahaan Automobile Gasoline Co., di St Louis, AS. pada 1905. Namun bentuk SPBU ini masih sederhana. Sedangkan SPBU yang fisik bangunannya banyak diadopsi oleh SPBU zaman sekarang (berkanopi) dioperasikan pertama kali oleh perusahaan Standard Oil of California di kota Seattle, AS pada 1907. (asal-usul.com)

9. Mobil pertama di Indonesia

File:Benz Phaeton (1896) pic1.JPG

Orang Indonesia pertama yang tercatat sebagai pemilik mobil adalah Pakubuwono ke X (PB X) dari Solo, pada tahun 1894. Mobilnya bermerk Benz, tipe Carl Benz tetapi di dapurpacu.com disebut sebagai Benz Phaeton, beroda empat. Ternyata waktu itupun untuk memiliki sebuah mobil harus indent, karena diperlukan waktu satu tahun persiapan pembuatannya. Tipe mobil yang dipesan ini memiliki banyak variasi dan dibuat sesuai dengan pesanan PB X. Adalah John C. Potter seorang penjual mobil alias sales pertama di Indonesia mendapat kepercayaan untuk mengurusi pengirimannya dari Eropa. 

Hebatnya, kehadiran ini berarti hanya berselang delapan tahun setelah Karl Benz membuat mobilnya yang pertama, yang diakui sebagai mobil pertama di dunia. Mobil Benz Phaeton yang dipesan dari Eropa seharga 10.000 gulden itu menyandang mesin 1-silinder, 2,0 liter, bertenaga 5 hp, menggunakan roda kayu dan ban mati (ban tanpa udara), serta dapat memuat delapan orang. Masuknya mobil pertama ke Surakarta pada 1894, membuat Indonesia berada dua tahun di depan sang penjajah Belanda, yang baru menerima mobil pertamanya di Den Haag pada 1896. Indonesia memiliki mobil juga jauh lebih awal dari Thailand yang menerima mobil dengan merk Benz yang pertama, pada tanggal 19 Desember 1904, mobil Benz bagi Raja Thailand Chulalongkorn (Rama V). Mobil itu dipesan Duta Besar Thailand untuk Prancis dari Automobile-Union Paris milik Emil Jellinek yang terletak di 39 Avenue des Champs Elysees, Paris. 

Mobil Benz phaeton milik PB X terakhir terlihat di muka umum pada 1924, sewaktu mobil itu akan dikapalkan ke Belanda melalui pelabuhan Semarang untuk diikutsertakan dalam pameran mobil RAI. Tidak diketahui di mana keberadaan mobil tersebut sekarang, tapi mobil serupa bisa ditemukan di Museum Mobil Leidschendam, Belanda bagian selatan. (asal-usul.com)

10. Mobil massal pertama

Sejarah otomotif, 10 kejadian pertama dunia otomotif,curved dash, oldsmobile, mobil produksi masal pertama
Curved Dash 1901
Produksi mobil secara masal pertama kali terjadi di Amerika Serikat (AS). Mobil yang diproduksi masal itu adalah Curved Dash dari perusahaan Oldsmobile. Sebanyak 10 atau lebih mobil diproduksi dalam waktu seminggu sejak April 1901. Di akhir tahun tersebut jumlah mobil yang diproduksi mencapai 403 unit dan meningkat jadi 5.508 unit di tiga tahun selanjutnya. Mobil produksi masal tersebut saat itu dibanderol 650 dolar AS per unit. (asal-usul.com)

11. Mobil ber-pelek alloy pertama


Penggunaan velg aluminium cor pertama oleh Ettore Bugatti pada Type 35-nya pada tahun 1924. Roda ini dimasukkan rem drum yang integral-cast. Selain cukup berat tabungan atas roda konvensional dan rem drum terpisah, roda Bugatti bertindak sebagai heat sink besar untuk memberikan peningkatan pendinginan rem. (autouniversum.wordpress.com)

12. Mobil diesel produksi pertama


Type 260 D (1936-1940)

Revolusi diesel dimulai pada Februari 1936 ketika Mercedes-Benz 260 D (W 138 series) - mobil produksi pertama di dunia dengan mesin diesel - ditampilkan di Berlin International. Berkapasitas 2.6 liter empat silinder dengan Mercedes-Benz pra-ruang bakar dan pompa injeksi Bosch mengembangkan 45 hp pada 3.200 rpm dan dipasang di chassis dari 200 model yang bermesin bensin. Konsumsi bahan bakar rata-rata hanya di atas sembilan liter per 100 kilometer atau 11,1 km/l. Terlebih lagi, satu liter diesel biaya bahan bakar hanya 17 penny pada tahun 1936, kurang dari setengah harga bensin. (mercedesclass.net)

13. Sistem hiburan pertama pada mobil

Sejarah otomotif, 10 kejadian pertama dunia otomotif,1922 Ford Model-T
Radio pertama dipasang di mobil Ford Model-T 1922.
Saat ini sarana hiburan yang bisa dipasang di mobil sudah bermacam-macam jenisnya. Ada TV, pemutar music, konsol game, bahkan lemari es! Namun di masa-masa awal sarana yang tersedia hanya terbatas. Mei 1922, pelajar George Frost, ketua perkumpulan pecinta radio sebuah SMA di AS pada masa itu, memasang radio transistor di mobil Ford Model-T miliknya. Inilah sarana hiburan pertama yang terpasang di mobil. Pada November tahun itu juga, sebuah radio transistor dipasang di mobil limusin Daimler oleh perusahaan radio Marconi yang menjadikannya mobil kedua di dunia yang memiliki sarana hiburan. (asal-usul.com)

14. Mobil Listrik Pertama

FIRST ELECTRIC CAR - LOHNER-PORSCHE-MIXTE-VOITURETTE

Pada akhir abad 19, Perancis dan Inggris adalah negara pertama yang mendukung pengembangan kendaraan listrik. Pada tahun 1899, dibangun mobil balap listrik Belgia disebut "La Jamais Contente" menetapkan rekor dunia untuk kecepatan darat 68 mph (109 km/h) dirancang oleh Camille Jénatzy.
Pad 1895 Amerika mulai mencurahkan perhatian pada kendaraan listrik setelah roda tiga listrik dibangun oleh AL Ryker dan William Morrison membangun sebuah gerobak enam penumpang bpada tahun 1891. Banyak inovasi diikuti dan minat dalam kendaraan bermotor meningkat pesat di akhir 1890-an dan awal 1900-an. Bahkan, desain William Morrison dengan kapasitas penumpang sering dianggap mobil listrik pertama yang nyata dan praktis.

Pada tahun 1897, aplikasi komersial pertama mobil listrik didirikan sebagai armada taksi New York City yang dibangun oleh Electric Carriage dan Wagon Company of Philadelphia.

15. Mobil balap pertama di dunia


Sebuah mobil langka yang diklaim sebagai salah satu mobil tertua yang masih dapat dijalankan menurut rencana akan di jual pada bulan depan. Mobil ini memiliki nilai historis yang sangat tinggi, yakni pernah berpartisipasi pada ajang balap mobil pertama kali di dunia.
Lomba balap mobil di dunia yang pertama kali diadakan adalah Paris-Rouen Trial yang diadakan pada tahun 1985. Namun sebelumnya juga sudah diadakan lomba serupa tingkat Eropa yang diadakan oleh sebuah majalah otomotif Prancis. Dalam ajang tingkat Eropa tersebut,

Mobil ini menjadi satu-satunya mobil yang mampu bertahan hingga putaran terakhir. Saat itu, mobil ini mampu melaju hingga 37 mph (59 km/h). Namun sayangnya karena tidak ada peserta lain yang mampu bertahan hingga akhir lomba, maka dinyatakan tak ada pemenang dalam lomba tersebut.

Mobil ini memiliki mesin uap yang mampu menyimpan hingga 40 galon air. Dengan jumlah air sebanyak itu, mobil yang memiliki julukan La Marquise ini mampu berjalan sejauh 20 mil.

16. Pabrik pertama di Indonesia


Jika ditelusuri lebih jauh, sejatinya GM bukanlah perusahaan otomotif baru di Indonesia. Dan Chevrolet bukanlah merek kemarin sore di negeri ini. Walau tidak ada data pasti tentang kapan produk GM memasuki ke Indonesia, tetapi cikal bakal kiprah mereka di Indonesia berawal dari NV General Motors Java Handel Maatschappij (NVGMJHM) yang didirikan sebagai perusahaan terbatas sesuai hukum Jawa, Dutch EastIndies pada tanggal 3 Februari 1927.
Menurut hukum saat itu, NV (Naamloze Vennootschap) dapat diartikan sebagai Perusahaan Terbatas dan Handel Maatschappij adalah perusahaan dagang.
Saat itu, Chevrolet menjadi ujung tombak penjualan GM di Indonesia sehingga permintaan pasar yang tinggi terhadap Chevrolet mendorong GM membangun pabrik perakitan di Tanjung Priok pada 1938. Inilah pabrik perakitan mobil yang pertama di Indonesia.
Namun, setelah Amerika Serikat menyatakan deklarasi Perang Dunia II pada 8 Desember 1941, Netherlands East Indies Army memesan kendaraan truk, peralatan bengkel, mesin mesin berat, dan suku cadang kepada NVGMJHM, yang kemudian dikirim ke sebuah gudang di dekat Solo. Menjelang kedatangan Jepang di pulau Jawa pada 9 Maret 1942, seluruh mesin, peralatan dan sebagainya dihancurkan oleh pihak militer Belanda.

17. Mobil terbang pertama di dunia

terrafugia
Perusahaan AS Terrafugia memamerkan sebuah mobil purwa rupa yang bisa dipakai bukan hanya di darat tapi juga terbang di udara dalam Pameran Mobil Internasional New York.
"Ini adalah kendaraan pertama di dunia yang bisa memenuhi standar penerbangan internasional FAA dan keselamatan lalu lintas darat NHTSA, kata Cliff Allen, Wakil Presiden Penjualan di Terrafugia.
Disebut dengan nama Transition kendaraan serba guna ini memiliki dua kursi, empat roda dan sayap yang dapat ditarik masuk.''Ini membuatnya sebagai 'pesawat jalanan resmi' pertama,'' tambah dia.
Diperkirakan kendaraan ini akan dibanderol senilai US$279.000 atau sekitar Rp2,5 miliar. (bbc.co.uk/indonesia)

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar