Sponsors

Minggu, 10 Maret 2013

Spin vs Ertiga vs Xenia


Small MPV adalah segmen yang sangat menggairahkan. Hampir dipastikan kalau mobil yang masuk segmen tersebut akan menjadi tulang punggung penjualan dari pabrikannya. Apalagi kalau bukan karena karakter konsumen Indonesia yang banyak membutuhkan mobil hemat dan muat banyak orang maupun barang. Tak heran kalau sudah cukup banyak pabrikan yang 'nyemplung' ke segmen menengah kebawah ini. Termasuk Chevrolet Spin yang meluncur pada bulan April.

Walaupun saat komparasi ini dibuat Spin belum dijual, penulis buru-buru mengkomparasikannya dengan dua rival tangguhnya, Ertiga dan Xenia. Avanza disingkirkan dahulu dan digantikan Xenia. Dengan kapasitas mesin yang berbeda pada setiap kontestan, apakah komparasi ini akan berlangsung seru?

CHEVROLET SPIN 1.5 LTZ M/T



Si penantang baru ini menawarkan banyak kelebihan, seperti banyak pilihan mesin, performa, handling dan fitur. Ia menyediakan mesin 1.2 liter (bensin) 1.3 liter (diesel) dan 1.5 liter (bensin). Ia juga menawarkan speedometer digital, transmisi otomatis 6-speed triptonic yang tidak dimiliki rivalnya. Diatas kertas memang bagus, namun bagaimana prakteknya? Ia belum dites lengkap, sehingga beberapa data belum didapatkan.


Desainnya lebih berani daripada pesaingnya yang biasa saja. Begitu juga di interiornya. Futuristis, apalagi dengan speedometer digital yang stylish, seperti pada Bajaj Pulsar. AC triple blower, lagi-lagi berbeda dengan rivalnya. Posisinya mirip seperti di bus maupun pesawat. Baris ketiga hanya untuk anak-anak, seperti small MPV lainnya. 

Sayangnya, beberapa konsumen mengeluhkan kerasnya jok baris kedua dan tidak bisa dimaju-mundurkan. Padahal itu penting untuk meningkatkan kenyamanan. Untungnya performa terasa cukup kuat untuk mesin 1.485 cc-nya, handlingnya juga mantap.

Futuristis!
Diantara para pesaingnya, ia memiliki pilihan mesin terbanyak, ada tiga. Mesin 1.2, 1.5 dan diesel 1.3. Dengan senjata-senjatanya itu, mampukah ia merebut pasar para rival?


DAIHATSU XENIA 1.3 R SPORTY M/T

Sporty seperti namanya

Tampil dengan paket Sporty, Xenia menyuguhkan aksesori Front Bumper Guard, Rear Bumper Guard, Spoiler, emblem Sporty, dan lain-lain. Ia juga menyediakan head unit 2-DIN yang dapat menampilkan display kamera mundur, GPS dan DVD.


Sudah cukup dengan paket Sporty-nya, ia memakai mesin yang sama dengan Avanza 1.3, yaitu 1.298 cc 4 silinder 92 dk DOHC VVT-i. Cukup responsif, tapi agak lemah. 0-100 km/jam hanya ditempuh dalam waktu 11,7 detik. Kalah dari Ertiga yang mampu mencetak angka 10,62 detik. Desainnya walaupun keren, tapi membosankan mengingat ada banyak Xenia yang muncul di jalanan.


Interiornya terkesan lega dengan warna cerah, beige namun terlihat kurang mewah dan membosankan. Untungnya, head unit yang bermonitor telah terpampang di dasbor, sayangnya belum terintegrasi seperti Ertiga maupun Avanza Veloz.Oh ya, karena penambahan airbag setir berubah.


Mesinnya biasa saja, tidak banyak keistimewaan dari mesin ini.

SUZUKI ERTIGA 1.4 GX DOUBLE BLOWER M/T


Telah dilengkapi double blower, ia semakin siap menghadapi pesaing yang semakin banyak. Dibanderol 172,8 juta rupiah, value-nya tetap baik, walaupun tidak sebaik saat ia pertama diluncurkan dengan 165 juta rupiah. Sebagai tipe tertinggi, ia telah dilengkapi immobilizer, MID, kontrol audio di setir dan dua airbag.

Elegan dengan back garnish

Sebagai varian double blower, ia mendapat penyegaran di gril dan ditambah dengan number plate garnish yang menambah kemewahannya. Untuk number plate garnish hanya tersedia di tipe ini, GX.


Interiornya mirip All New Swift, hanya berbeda warna dan beberapa detail. Visibilitas ke depan cukup luas, posisi mengemudi juga mirip sedan, sehingga lebih enak dikemudikan. Mesinnya efisien, dapat mencetak angka 18 
km/l di jalan tol. 95 daya kuda rasanya cukup baginya.


Logikanya, bila ditambah AC double blower maka kerja mesin akan makin berat, konsumsi BBM makin boros dan performa berkurang. Mungin tidak terlalu signifikan, tapi yang pasti akan berubah nilai akselerasi dan konsumsi BBM-nya. Spesifikasi dibawah ini memakai data Ertiga single blower, juga konsumsi BBM-nya.





 Suzuki Ertiga GX 
Chevrolet Spin LTZ M/T
 Daihatsu Xenia Sporty M/T
 Harga
 Rp 172,8 juta
 Rp 167,7 juta
 Rp 173,3 juta
 Mesin/kapasitas
 4 inline/1.373 cc
 4 inline/1.485 cc
 4 inline/1.298 cc
 Tenaga maksimum
 95 dk/6.000 rpm
 104 dk/6.000 rpm
 92 dk/6.000 rpm
 Torsi maksimum
 130 Nm/4.000 rpm
 141 Nm/4.000 rpm
 119/4.400 rpm
 Transmisi 5-speed
 5-speed manual/fwd
 5-speed manual/fwd
 5-speed manual/rwd
 Panjang/wheelbase
 4.265 mm/2.740 mm
 4.260 mm/2.620 mm
 4.140 mm/2.665 mm
 Lebar/tinggi
 1.695 mm/1.685 mm
 1.735 mm/1.664 mm 
 1.660 mm/1.695 mm
 Kapasitas tangki/ban serep
 45/full size
 50 liter/full size
 45 liter/full size
 Ground clearance
 185 mm
 157 mm
 200 mm
 Ukuran ban
 185/55 R15
 195/65 R15 
 185/70 R14
 Bobot 
 1.180 kg
 N/A 
 1.065 kg 
 NON-SPESIFIKASI
 0-100 km/jam
 10,62 detik
 10,5 detik (estimasi)
 11,7 detik
Konsumsi BBM (tol)
 18 km/l
 15-16 km/l (estimasi)
 16,8 km/l



  Suzuki Ertiga
Chevrolet Spin
Daihatsu Xenia  
 Harga
 8
 8
 Performa
 9
 7
 Pengendalian
 8
 6
 Kenyamanan
 8
 7
 Kepraktisan
 8
 9
 Akomodasi
 8
 8
 Eksterior
 7
 7
 Interior
 8
 7
 Fitur
 8
 9
 Fun to drive
 8
8
 7
 Total
80
86
75


1
2
3
Chevrolet Spin
Suzuki Ertiga 1.4 MT GX
Daihatsu Xenia 1.3 MT Sporty
+ Akselerasi, handling, fitur
-  Jaringan servis kurang banyak
+ Kehematan BBM, posisi mengemudi, kenyamanan
-  Fitur, varian kurang banyak
+ Fitur, navigasi, kepraktisan
-  Desain interior, pengendalian, tenaga minim


KESIMPULAN

Menurut penilaian penulis, si pendatang baru layak menjadi pemenang. Fitur melimpah, harga yang terendah, pengendalian hebat dan interior keren menjadikan Chevrolet Spin-lah pemenangnya. 

Sementara itu Suzuki berada di posisi kedua, dengan fun-to drive nya dan performa baik. Sayangnya, Ertiga masih kalah fitur dengan Spin. Interiornya juga kurang baik dibandingkan dengan Chevrolet. 

Daihatsu Xenia harus puas berada diurutan ketiga. Kepraktisannya tidak mampu menolongnya masuk ke posisi terakhir. Bukan berarti Xenia buruk karena keberadaan GPS dan kamera mundur hanya pada Xenia. Begitu pula bumper guard yang sporty itu.

Comments
9 Comments

9 komentar:

#SUZUKI MOBIL WILAYAH MEDAN-SUMUT#
-ERTIGA GA,GL,GX (PRODUKSI 2013 SUDAH DOUBLE BLOWER & LEBIH MEWAH)
-CARRY PICK UP FD/WD,APV PICK UP/X-TRA
-APV ARENA GL,GX,SGX,LUXURY R15&R17
INFO DAN PEMESANAN HUB :
FERDY (Sales Executive)
085270847017
NB:SEMUA UNIT READY STOCK

JADILAH ANDA PENGGUNA SUZUKI ERTIGA DOUBLE BLOWER,,,SUZUKI ERTIGA LEBIH IRIT, LEBIH MEWAH DAN LEBIH EKONOMIS.
UNTUK INFORMASI DAN PEMESANAN BOOKING INDENT LEBIH LANJUT DAPAT MENGHUBUNGI (CALL/SMS) :
TRI PAMBUDI
GSM : 0812 10460 300 / 0858 9040 1070
ESIA : 021 6025 8191
Pin BB : 25F6244F
Visit : http://suzukimobilds.blogspot.com
HARGA OTR KHUSUS JAKARTA, BEKASI, DEPOK, TANGERANG, DAN BOGOR
BBN & PROGRESSIF TIDAK MENGIKAT
TERIMA INDENT / PEMESANAN ERTIGA MATIK & SPLASH MATIK

SUZUKI ERTIGA Double Blower pasti lebih OK
ERTIGA AMIN
Aman Mewah Irit Nyaman pastinya
Biar makin yakin mari Test Drive (area SUMUT)
ALFIT: 085270340485

Cuma sayang tidak bisa di bawa ke jalan tanah semuanya tidak dilengkapi 4WD

hehehe itu sih agak impossible di segmen ini

Kurang fair, nilai bobot irit BBM sangat penting dalam memilih sebuah mobil keluarga, tapi sepertinya tidak masuk hitungan.

Sebenarnya sih digabung di Performa

er3 kalah ko pada sewot???

Sewot dengan promosi, sayang lupa matiin caps lock

Posting Komentar