Sponsors

Jumat, 11 Juli 2014

Perbandingan All New Jazz vs All New Yaris 2014


Hadirnya Toyota Yaris pertama kali pada tahun 2006 membuat pesaing-pesaingnya macam Honda Jazz, Hyundai Getz, Peugeot 206 dan Suzuki Swift terguncang. Mereka pun ramai-ramai melakukan upgrade untuk melawan hegemoni Toyota tersebut. Kini, kelas Compact Hatchback semakin ketat dengan hadirnya banyak pesaing baru mulai dari Mazda2 hingga Nissan March.

Dengan ketatnya persaingan, produsen Compact Hatchback selalu berusaha memberikan kualitas dan fitur terbaik untuk menarik konsumen utamanya yakni anak muda. Tak terkecuali sang penguasa pasar, Yaris dan Jazz model year 2014. Tahun ini juga mereka mendaratkan generasi terbarunya dengan desain dan fitur yang terdepan. Kami pun mempertemukan Yaris versus Jazz dalam duel ini. Siapakah yang akan menang di Perbandingan Jazz dengan Yaris?

TOYOTA YARIS


Yaris terbaru ini di 2014 sudah berevolusi dari sebuah city car berbentuk membulat dan imut menjadi hatchback sangar. Tentu saja ini menjadi sebuah kelebihan dari generasi terbaru Yaris ini. Namun di sisi lain pesaingnya, Jazz sudah lama menyajikan desain sporty, apalagi di tipe RS.

Nah, bila dibandingkan dengan Jazz yang punya tipe RS yang merupakan tipe termewah, termahal dan tersporty sejak 2008, Yaris punya tipe TRD Sportivo yang juga sudah ada sejak 2008. Tipe TRD mendapat tambahan bodykit spesial, stiker, Daytime Running Light (DRL) LED, interior yang memiliki 'aroma' sporti dan spoiler atap.


Secara umum, desain Yaris ini memiliki lekukan tajam dan dinamis. Ada beberapa detail yang unik pada Yaris, misalnya ada 'kumis lele' di bagian depan yang akan terlihat lebih kentara di tipe E dan G. Untuk varian tersebut mendapat 'kumis' berwarna silver.

Lalu di bagian atas lampu belakang atau disebut pilar C diwarnai hitam agar terlihat seperti kaca samping dan belakang menyatu. Ini juga membuat atap Yaris terlihat 'melayang'. Lagi-lagi, detail tersebut lebih kentara di tipe non-TRD.

Ada pula pelek 16 inci berdesain identik dengan Vios yang untuk pertama kalinya menjadi standar di tipe G dan TRD Sportivo. Oh ya, ada pula sirip-sirip yang membantu aerodinamika pada dudukan spion. Hal tersebut juga dapat ditemui pada Vios.


Di dalam anda akan menjumpai dasbor yang sama dengan Toyota Limo terbaru yang notabene merupakan armada taksi. Namun jangan khawatir, nuansa yang diberikan Yaris TRD sangat berbeda dibanding sebuah taksi. Karena anda akan menjumpai jok kulit berwarna merah-hitam yang membangkitkan aura sporti. Begitu pula setir berbahan kulit sintetis yang memiliki jahitan merah. 

Di dasbor dan door trim anda juga akan menemui jahitan benang. Namun jangan salah, itu hanyalah motif yang diberikan desainer interior Vios dan Yaris agar terlihat seperti berbahan kulit yang dijahit. Cerdik sekali. Namun sayang door trim Yaris berbahan full plastik tanpa bahan fabric atau kulit.

Anda akan menemukan head unit touchscreen berbasis Android yang memiliki fitur Air Gesture. Head unit tersebut dapat digunakan untuk berselancar internet dengan Wi-Fi. Selain itu, ia dapat memngingatkan anda jadwal servis.

Toyota mengklaim Yaris memiliki legroom dan bagasi yang lebih besar. Wajar mengingat dimensi Yaris melar. Yang tadinya panjang x lebar x tinggi adalah 3750 x 1695 x 1520 menjadi 4115 x 1700 x 1475.

Dengan harga Rp 219 juta hingga tipe tertingginya (TRD A/T) 256,1 juta rupiah, ia lebih mahal dari Jazz. Kita akan lihat apakah harganya berbanding lurus dengan apa yang anda akan dapatkan pada Yaris.

Berikut video walkaround dari Andra Febrian Auto Blog.


HONDA JAZZ


Honda Jazz merupakan salah satu mobil yang populer di Tanah Air. Bahkan sebelum PT Honda Prospect Motor (HPM) menjualnya, masyarakat sudah berbondong-bondong membeli Honda Jazz versi Jepang, Honda Fit melalui importir umum. Makanya, penjualan Jazz seperti tak pernah turun drastis. Ia selalu menjadi tulang punggung Honda hingga Brio dan Mobilio hadir.

Jazz ini berevolusi tak sedrastis Yaris. Artinya ia masih berbentuk sebuah mini MPV yang berdesain bagus tanpa banyak garis-garis tajam seperti Yaris. Ia tetaplah sebuah Jazz yang irit, kencang, keren, praktis dan lega.


Namun soal tampang Jazz ini memiliki banyak ubahan. Misalnya penerapan Honda Solid Wing Face dan 'Exciting H Design!!!' pada bagian wajah. Kini lampu yang berbentuk sipit menyatu dengan gril, tak seperti Jazz lama yang lampunya lebih besar berbentuk seperti segitiga. Di bagian bawahnya terpasang dengan manis DRL LED (tipe RS).

Di samping, kami menyukai garis bodi yang tak lazim itu. Di belakang disajikan lampu ala hatchback Volvo yang dihubungkan bilah krom. Dipadu pula dengan bumper yang memiliki lubang trapesium yang lagi-lagi tak biasa.

Dengan berbagai macam perubahan, kami yakin Jazz terbaru akan menjadi primadona lagi.


Nah, kita sekarang sampai ke bagian interior. Kini kisi AC berbentuk bulat diganti menjadi berbentuk huruf 'C' dan 'D'. Jazz versi Indonesia dipasangi head unit bermerek JVC yang dapat memutar CD, DVD, file dari USB dan AUX. Tak seperti Jazz di negeri Gajah Putih yang mendapatkan kamera parkir, GPS, bluetooth. Namun bila anda menginginkan tiga fitur yang disebutkan terakhir, anda dapat membeli head unit Android yang ada dipasaran dengan harga yang tak begitu mahal.

Seperti All New Yaris TRD, All New Jazz RS telah dilengkapi tombol Start/Stop Engine. Namun bedanya tombol milik Jazz ditempatkan di sebelah kiri setir dan berwarna merah. Sebaiknya anda mempelajari letaknya karena bisa saja anda menganggap tombol tersebut adalah tombol lampu hazard karena tombolnya agak berdekatan.

Legroom Jazz lebih lega dari Yaris. Dengan legroom 6,5 cm lebih besar dari pendahulunya, anda dapat duduk tanpa lutut anda bersentuhan dengan jok depan. Dan masalah kepraktisan, Jazz-lah juaranya. Jok belakang dapat dilipat benar-benar rata.

Dimensinya juga melar dibanding Jazz lawas. Panjang x lebar x tinggi Jazz baru 3965 x 1694 x 1524 sedangkan Jazz lama 3920 x 1695 x 1525.

SPESIFIKASI
SPECIFICATION

klik untuk memperbesar
*dalam satuan milimeter
**data Auto Bild Indonesia
^angka dalam kota dan tol


PENILAIAN KAMI
OUR SCORING

All New Yaris
All New Jazz
Harga
7
8
Performa
7
8
Kepraktisan
8
9
Fitur
8
8
Akomodasi
8
9
Desain eksterior
9
8
Desain interior
8
8
Handling
9
9
Kenyamanan
8
8
Fun to Drive
9
9
Keamanan
8
8
Build Quality
7
8
Total***
96
100
Skor****
80%
83,3%




























***dari nilai maksimum 120
****skor dalam bentuk persen

PERINGKAT
RANKINGS

1. ALL NEW HONDA JAZZ RS CVT MY 2014 CKD


2. ALL NEW TOYOTA YARIS TRD SPORTIVO A/T MY 2014 CKD


KESIMPULAN
VERDICT
Jazz menang tipis dengan Yaris. Penyebabnya, build quality yang lebih baik, harga, perfoma, akomodasi dan kepraktisan yang lebih dari Yaris. Sedangkan Yaris dalam analisa kami unggul di sektor desain eksterior.
Namun kembali lagi pada anda, pembeli, terserah anda mana yang ingin anda pilih. Di awal peluncurannya seperti saat artikel ini diturunkan, inden Jazz dan Yaris cukup panjang hingga 2-4 bulan.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar