Sponsors

Sabtu, 20 Juli 2013

Chevrolet Spin 1.2 Bensin vs 1.3 Diesel vs 1.5 Bensin


Chevrolet Spin memiliki tiga varian mesin, yaitu 1.229 cc bensin, 1.248 cc diesel dan 1.485 cc bensin. Banyaknya pilihan mesin kadang membuat bingung mana yang mesti dipilih. Nah di komparasi ini penulis bakal membandingkan ketiganya, namun mengesampingkan fitur, kepraktisan, fun to drive dan lain-lain yang di semua varian Spin sama. Fitur tidak diperhitungkan di komparasi ini karena pada varian LT, fitur yang dimiliki tidak berbeda.

Namun, di sini penulis bakal menggunakan Spin tipe LTZ dan LT khusus Spin 1.2 yang tidak memiliki tipe LT. Dan transmisi diseragamkan, yaitu manual karena hanya Spin 1.5 yang memiliki transmisi otomatis. Manakah yang terbaik? Kita lihat dulu dari segi performa.

PERFORMA



Di segi performa, pastinya tipe 1.5 yang unggul. Tenaga kudanya mencapai 104 dk, terbesar di keluarga Spin dibandingkan 1.2 (86 dk) dan diesel (75 dk). Namun untuk torsi, Spin berbahan bakar solar adalah jawaranya. Ia dapat memuntahkan 190 Nm, jauh mengalahkan Spin 1.5 (141 Nm) dan 1.2 (115 Nm). Untuk akselerasi 0-100 km/jam, Spin diesel mencatat 17,11 detik versi Auto Bild, 1.5 mencetak 13,9 detik sedangkan 1.2 butuh 15 detik.

KONSUMSI BBM



Kita lihat, Spin diesel dapat mencetak konsumsi BBM 13,85 km/l di dalam kota dan angka fantastis 20,96 km/l di jalan tol. Sangat irit untuk mobil sebesar Spin. Penyebabnya adalah torsi yang sangat besar yang membuat pedal gas tidak perlu diinjak dalam. Lalu Spin bermesin 1.5 dapat mencetak 9,4 km/l di dalam kota dan 15,7 km/l di jalan bebas hambatan. Sedangkan Spin 1.2 hanya mencetak 10,1 km/l di dalam kota dan 13 km/l di tol. Agak mengecewakan bagi tipe 1.2.

HARGA



Masalah harga, saat tulisan ini diketik Spin memiliki rentang harga Rp 139,7 juta hingga Rp 189,7 juta. Yaitu Spin 1.2 (Rp 139,7-153,7 juta), Spin 1.5 (Rp 160,7-178,7 juta) dan Spin 1.3 (Rp 179,7-189,7 juta) pada 2013, yang artinya Spin 1.2 yang termurah dan Spin diesel yang termahal. Ini lengkapnya :

Spin 1.2 LS M/T 139,7
Spin 1.2 LT M/T 153,7
Spin 1.5 LT M/T 160,7
Spin 1.5 LTZ M/T 167,7
Spin 1.5 LTZ A/T 178,7
Spin 1.3 LT M/T 179,7
Spin 1.3 LTZ M/T 189,7

harga dalam juta rupiah.


CHEVROLET SPIN 1.2
LT M/T
CHEVROLET SPIN 1.3 TDCi LTZ M/T
CHEVROLET SPIN 1.5 LTZ M/T
Harga on-the-road
Rp 158,8 juta
Rp 195,8 juta
Rp 172,8 juta
Panjang/wheelbase
4.265 mm/2.740 mm
4.265 mm/2.740 mm
4.265 mm/2.740 mm
Lebar/tinggi
1.695 mm/1.685 mm
1.695 mm/1.685 mm
1.695 mm/1.685 mm
Ground clearance
157 mm
157 mm
157 mm
Mesin/kapasitas
4 inline/1.229 cc
4 inline/1.248 cc
4 inline/1.485 cc
Tenaga maksimum
86 dk/5.600 rpm
75 dk/4.000 rpm
104 dk/5.800 rpm
Torsi maksimum
115 Nm/4.000 rpm
190 Nm/1.750-2.500 rpm
141 Nm/4.000 rpm
Transmisi
5-spd manual/fwd
5-spd manual/fwd
5-spd manual/fwd
Kapasitas tangki/ban serep
53 liter/full size
53 liter/full size
53 liter/full size
Ukuran Ban
195/65 R15195/65 R15195/65 R15
0-100 km/jam
15 detik
17,11 detik
13,9 detik
Konsumsi bbm dalam kota/tol
10,1/13 km/l
13,85/20,96 km/l
9,4/15,7 km/l

KESIMPULAN



Penulis tidak menetapkan peringkat di komparasi ini. Jadi, semua kembali pada Anda. Kalau Anda menginginkan konsumsi BBM yang hemat, maka Spin diesel jawabannya. Mau transmisi matik, tak ada pilihan lain selain memilih tipe 1.5. Atau budget terbatas, ya pilih varian 1.200 cc. Tinggal memikirkan apakah pilihan Anda tepat.

Comments
1 Comments

1 komentar:

Mantab artikelnya gan...penjelasannya cukup gamblang dan informatif...

Posting Komentar