Sponsors

Minggu, 16 Juni 2013

Daihatsu Terios vs Nissan Grand Livina X-Gear


Kini small SUV 7-seater yang akan dikomparasikan. Terios vs Grand Livina X-Gear. Walaupun Grand Livina X-Gear lebih diposisikan Nissan sebagai MPV dibanding SUV, tidak seperti Terios yang disebut SUV oleh Daihatsu, namun dari segi kapasitas mesin, kapasitas penumpang dan harga GL X-Gear dan Terios dinilai cocok. Siapakah yang akan menang saat disandingkan? Simak terus duel ini.

NISSAN GRAND LIVINA 1.5 X-GEAR CVT



Gagah, praktis, muat 7 penumpang. Itulah Grand Livina X-Gear yang baru digelontorkan Nissan. Kini tampilannya semakin macho dengan pelek 16 inci. Sama dengan Terios yang sudah mengadopsi pelek 16 inci. Oh ya, kehadiran Grand Livina X-Gear di Indonesia adalah world premiere alias debut.


Tidak banyak jejak Livina X-Gear lama di buritan. Paling persamaannya hanya penempatan plat nomor di bumper. Pertama kali melihat tampilan belakang All New Livina terasa konyol. Namun bila diparkirkan dii sebelah GL lama akan sangat terasa kalau penyegaran yang dilakukan cukup ampuh. Lampu horizontal khas Eropa itu cukup unik dan eye-catching di jalan. Oh ya, Klaim Nissan GL baru lebih irit 13 persen dibanding pendahulunya.


Ups, penulis belum mendapat foto yang layak untuk Grand Livina X-Gear 1.5. Yang diatas adalah foto interior varian 1.8. Bedanya ada pada wooden panel, head unit dan beberapa detail kecil. Setirnya berdesain identik dengan milik All New Serena. Lebih modern dan membulat. Selain itu tidak banyak perubahan dari Grand Livina lawas.

Sistem AC masih sama, tidak ada lubang AC di atap seperti Terios yang menjamin penumpang baris ketiga adem. Sistem AC dibelakang mengandalkan lubang AC yang ada di konsol tengah. Namun embusan yang cukup kencang membuat dingin merata di setiap baris. Itu juga didukung bentuk atap yang melengkung. Lagipula, seberapa sering bangku baris ketiga terisi?



Mesin berteknologi baru mengisi tempat dibawah kap mesin Grand Livina. 1.498 cc 114 dk dual injector yang dipasangkan dengan transmisi CVT seperti Juke performanya tidak jauh beda dari mesin 1.8 yang dinilai minim tenaga.

POIN UTAMA
Desain segar
Tampilan GL lebih segar karena belum lama mengalami facelift. Selain itu memiliki mobil yang belum lama diluncurkan lebih memberi kebanggaan bagi pemiliknya dibanding membeli Terios yang difacelift tiga tahun lalu.

Transmisi CVT
Transmisi matik Continuously Variable Transmission (CVT) telah diadopsi GL baru sehingga transmisi bekerja lebih halus. Namun konsekuensinya biaya oli transmisi melambung akibat mahalnya oli CVT.

Handling
Hukum fisika menguntungkan Grand Livina yang berbodi landai sehingga lebih stabil saat menikung dibandingkan Terios yang limbung.

DAIHATSU TERIOS TX A/T ADVENTURE


Pelopor small SUV ini soal ketangguhan jelas lebih tangguh dibanding X-Gear yang sejatinya adalah MPV dengan penghias khas SUV. Desain Terios memang sudah tidak segar, namun buktinya Terios tetap eksis di pasar otomotif Indonesia dan dapat terjual ribuan unit per bulan. Dengan paket Adventure, Terios tampil makin gagah dengan bumper guard, overfender, foot step dan lain-lain.


Body kit yang gagah membedakannya dengan Terios TS dan TX yang bumpernya terlihat lebih polos. Ban serep berdiameter 16 inci masih melekat di pintu belakang Terios yang dibuka ke samping. Padahal kompetitornya tidak menggantung ban cadangan mereka di pintu bagasi.


Dasbornya berdesain mengotak berwarna beige. Tempat duduk baik bagian depan maupun baris kedua lumayan lega. Head room lebih baik dari Grand Livina, namun jenisnya sebagai SUV asli membuat kenyamanannya tidak sebaik Grand Livina. Eh, ada penampakan X-Gear diujung sana.




Mesin yang digunakan mirip dengan Avanza Veloz, Daihatsu Gran Max 1.5 dan Luxio. Namun output tenaga yang dihasilkan berbeda-beda. Terios 109 dk, Veloz 104 dk, Gran Max dan Luxio 97 dk. Mesin ini dapat mendapat konsumsi BBM hingga 13,8 km/l di jalan tol dan 11,3 km/l pada rute kombinasi.

POIN UTAMA
SUV sejati
Livina menjelma menjadi tiga spesies yang berbeda, hatchback (Livina XR), MPV (Grand Livina) dan SUV 7-seater (GL X-Gear). Terios hanya diciptakan sebagai SUV, apalagi ban serep yang digantung di pintu bagasi menegaskan titel SUV sejati.

Aksesori
Terios dengan paket Adventure dibekali seabrek pernak-pernik demi mempercantik penampilannya. Seperti over fender, spoiler atap, roof rail, side moulding, bumper guard hingga foot step.

Ground clearance tinggi
Terios kembali menegaskan kemampuan jelajahnya lewat ground clearance 200 mm alias 20 cm. Dibanding Grand Livina X-Gear yang hanya 185 mm, Terios lebih memberi ketenangan saat lewat polisi tidur dan lebih mudah melibas trek off-road ringan.


DAIHATSU TERIOS TX A/T ADVENTURE
NISSAN GRAND LIVINA 1.5 X-GEAR CVT
Harga on-the-road
Rp 215,4 juta
Rp 224 juta
Panjang/wheelbase
4.405 mm/2.685 mm
4.540 mm/ 2.600 mm
Lebar/tinggi
1.745 mm/1.740 mm
1.735 mm/1.650 mm
Ground clearance
200 mm
175 mm
Mesin/kapasitas
4 inline/1.495 cc
4 inline/1.498 cc
Tenaga maksimum
109 dk/6.000 rpm
114 dk/6.000 rpm
Torsi maksimum
145 Nm/4.400 rpm
143 Nm/4.000 rpm
Transmisi
4-spd auto/rwd
Xtronic CVT/fwd
Kapasitas tangki/ban serep
45 liter/full size
52 liter/space saver
Bobot
1.200 kg
1.260 kg
0-100 km/jam
14,69 detik
13,81 detik
Konsumsi bbm tol/kombinasi/dalam kota
13,8/11,3 km/l/N/A
18,4/N/A/12,8 km/l



Terios
X-Gear
Harga
85
80
Performa
75
85
Pengendalian
75
90
Kenyamanan
80
90
Konsumsi BBM
80
90
Akomodasi
85
85
Desain Eksterior
80
90
Desain Interior
80
85
Fitur
85
85
Fun to Drive
80
90
Total
805
870

BACK SEAT DRIVER
Kapan Terios akan disegarkan?
Belum ada kabar pasti tentang penyegaran Terios, apakah hanya facelift atau ganti generasi, selengkapnya bisa baca di Daihatsu Terios Facelift 2013 : Seperti Apakah Wujudnya?

Berapakah varian yang dimiliki?
Well, untuk Terios anda dapat memilih salah satu dari delapan tipe yang ada, dengan satu pilihan mesin saja. Grand Livina menyediakan sembilan tipe, dua diantaranya bermesin 1.800 cc.

1. NISSAN GRAND LIVINA 1.5 X-GEAR CVT


+ Handling, model segar, transmisi CVT
- Bukan SUV sejati, harga, ground clearance rendah

2. DAIHATSU TERIOS TX A/T ADVENTURE


+ Harga, aksesoris, daya jelajah
- Model usang, limbung, transmisi konvensional

KESIMPULAN

Terios harus mengakui kekalahannya akibat beberapa faktor. Walaupun Terios-lah yang menyandang titel SUV sejati dibanding Grand Livina yang aslinya adalah MPV yang dihias seperti SUV. Nah, Grand Livina X-Gear-lah yang menang. Tampilan segar, transmisi CVT, pengendalian baik, kenyamanan memuaskan adalah beberapa diantara keuggulan X-Gear dari Terios.

Comments
9 Comments

9 komentar:

Kalau untuk perawatan gimana? mana yang lebih unggul?

Perawatan unggul terios karena lebih murah.

Ini ada yang gear manual nya kah, karena saya lebih suka yang manual..Thanks

Ada harganya lebih murah Rp 10 juta

kl menurut sy ada satu hal yg pasti, terios pengerak roda belakang. poin itu pembeda nya

Hasil pengetesan konsumsi bahan bakar untuk terios ts 2007 saya

https://armadhanijati.wordpress.com/2015/01/19/konsumsi-bahan-bakar-terios/

https://armadhanijati.wordpress.com/2015/01/26/tes-konsumsi-bahan-bakar-terios-ts-2007-2/

Komparasinya kurang komprehensif. Kalau komparasinya mobil SUV harusnya lebih mengarah ke fitur SUV nya donk. Misalnya kenyamanan, harus ada kenyamanan ketika melibas jalan offroad, Soal performa, juga harus ada performa di jalan offroad. Kalau dibandingin performa di jalan tol, ya jelas SUV kalah sama sedan. Anyway, ulasan yang anda buat sudah lumayan membantu.

kalau saya sudah pernah merasakan mobil nissan dan terios, tapi untuk nissan type x-gear belum pernah...entah gmn rasanya

Kalo Terios emang kalah hanya pada penampilannya, tetapi coba di pedalaman, jalan rusak, jalan off road.Terios yang menang

Posting Komentar